Unduh Software Hanya Dari Situs Tepercaya

Sebagaimana saya bahas dalam tulisan mengenai cybersquatting sebelumnya. Saya melihat bahwa orang sangat perlu mengenali situs yang tepat atau terpercaya untuk kegiatannya berselancar di internet. Kali ini saya menekankan terutama bagi kita untuk berhati-hati dalam memilih lokasi mengunduh peranti lunak (download a software). Ketahui dengan baik di mana kita bisa mengunduh peranti lunak secara terpercaya dapat melindungi kita dari potensi kejahatan dan penipuan di internet.

Contohnya adalah saat saya mengunjungi sebuah blog berbahasa Indonesia – artinya yang punya kemungkinan besar adalah narablog lokal di URI ini, saya menemukan dia menawarkan mengunduh avast! antivirus terbaru, dan memberikan pranala unduhannya.

Sekilas narablog ini berbaik hati memberikan pembacanya taut untuk mengunduh sebuah program yang katakanlah bermanfaat. Namun tunggu dulu, coba lihat cuplikan gambar di bawah:

Sekilas dengan ramah ia menawarkan dalam bahasa “Silahkan Donwload Avast Versi 5.0.377.0 Free >>> DI SINI”. Sekilas memang tidak tampak adanya kecurigaan apa-pun. Namun saat tetikus dilayangkan di atas pranala, akan tampak alamat taut tang sebenarnya menuju salah satu halaman unduh milik ziddu.com.

Kita tahu bahwa jika kita mengunduh berkas milik seseorang di ziddu, maka pemilik berkas itu akan memperoleh beberapa keuntungan material (katakanlah uang setelah beberapa proses tertentu). Dan kita tahu ziddu bukanlah tempat pengunduhan resmi peranti lunak proprietary.

Bahaya potensial yang lain adalah, jika kita mengunduh dari pranala yang diberikan oleh si narablog itu, maka produk avast yang kita dapatkan tidak akan ditanggung lagi keaslian oleh pihak Alwil. Atau apa pun peranti lunak yang kita unduh tidak dari lokasi resmi, bisa jadi bukan yang asli, mungkin sudah disisipi kode jahat tertentu ke dalamnya. Dan jika komputer anda menjadi bermasalah karena mengunduh bukan dari lokasi resmi atau mirror resmi, maka kerusakan yang terjadi tidak bisa dilimpahkan pada pembuat peranti lunak. Masih ingat kan tulisan saya sebelumnya tentang “Waspadai Avast Antivirus Palsu”?

Jadi jangan serta merta terbujuk oleh situs atau blog yang memberikan unduhan gratis, cek dulu tautnya menuju alamat mana. Pastikan Anda tahu lokasi-lokasi yang aman untuk mengunduh peranti lunak. Baik alamat situs produsen peranti lunak, maupun alamat lain yang sudah cukup tepercaya seperti download.com atau pun filehippo.com.

Jangan teriming-imingi oleh software gratis, atau software bajakan. Keamanan komputer, sistem dan data Anda jauh lebih penting. Jadi bijaklah sebelum mengunduh peranti lunak dari internet. Pastikan juga komputer Anda dilindungi dengan sistem keamanan terkini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dari proses mengunduh peranti lunak.

Iklan

17 pemikiran pada “Unduh Software Hanya Dari Situs Tepercaya

  1. Melvin

    4shared, ziddu, mediafire dan lain2 biasanya ada software pendukungnya (contoh: IDM+patch+keygen atau Avast+keygen) :P. tapi dalam hal ini, yang akan di download yang freekan. beberapa blog sering melakukan itu tapi saya tidak tau alasannya. klo sudah tau begitu mending download langsung di websitenya. klo di bilang tempat download terpercaya, dulu saya berlangganan di cnet (download.com). tapi semenjak cnet pake download assistant (jadi saat kita mau download software yang kita mau, kita malah unduh download assistantnya dia dan download assistant akan mendownload software yang kita mau). saya jadi ogah langganan di situ dan beralih ke softpedia 🙂

    Suka

      1. Melvin

        iya, biasanya download assistant itu ngebawa adware. klo download assistant cnet, saya di tawari di pasang babylon toolbar dan mungkin sudah berubah sekarang. klo ngomongin adware, saya jadi ingat dengan opencandy yang menyisipkan iklan pada installer software panthersnya 🙂

        Suka

        1. Melvin, ya – karena korporasi mereka mesti tetap hidup, dan iklan adalah salah satunya yang bisa memberi tambahan penghasilan. Apalagi mereka memang tidak menjual barang dan jasa.

          Suka

  2. budiastawa

    Wah, kalau begitu kejadiannya, ini sudah termasuk pembajakan. Ah, sulit sekali menghilangkan mental pembajak di negeri kita ini. Avast kok diupload ke Ziddu, he he he. Harusnya dia ijin dulu sama Alwil kalau mau minta $ 0.1, he he he. Ada-ada ajah…

    Suka

  3. rismaka

    waduh jadi ikut malu saya 🙂
    Saya selalu mengunggah berkas PCMAV ke ziddu, secara memang pihak PCM tidak memberikannya dalam web mereka.

    Tapi semua itu tergantung dari pengunduh itu sendiri. Jika ia tahu situs resmi untuk suatu sofware, mungkin ia akan memilih mengunduhnya melalui situs resminya. Kecuali ia tidak tahu.

    Suka

    1. rismaka,

      Saya tidak tahu Mas kalau PCMAV atau produk lokal lainnya, tidak tahu juga situs resminya di mana (setahu saya dapat dari majalah PC Media) – kadang ada diberikan mirror di VirusIndonesia.com. Ya, kembali dari pengunduhnya memang 🙂

      Suka

  4. Asop

    Bahkan situs terpercaya sekaliber download.com pun pernah tertipu… file sofwer yang harusnya ada, begitu didonlot ternyata cuman file .txt. 😦

    Suka

  5. TuSuda

    Setuju, pada prinsipnya harus dicek dulu dari sumber terpercaya, agar proses selanjutnya aman dan lancar. Terimakasih telah mengingatkan perlunya mengunduh dengan berhati-hati.

    Suka

  6. Aldy

    Lebih baik unduh di-website-nya langsung atau ke website yang kredibilitasnya sudah terbukti.
    Umumnya saya donwload dari websitenya dan kadang si filehippo atau sourceforge

    Suka

    1. Mas Agung,

      obviously to their respective copyright holders’ official sites – which may different for each product – google would help better finding it than me 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.