Memasang VirtualBox pada OpenSUSE

VirtualBox adalah aplikasi virtualisasi antar platform. Aplikasi ini dapat dipasang di berbagai komputer berbasis Intel atau AMD yang Anda miliki, tidak peduli apakah sistem operasinya adalah Windows, Mac, Linux atau pun Solaris. Kemudian aplikasi ini dapat memperluas kemampuan komputer anda untuk menjalankan berbagai sistem operasi dalam satu komputer melalui mesin virtualisasi. Artinya, Anda bisa menjalankan Linux dari dalam Windows, atau menjalankan Windows dari dalam Mac OS, atau menjalankan Mac Os dari dalam Linux dan seterusnya, bersama dengan semua aplikasinya. Anda dapat memasang lebih dari satu sistem operasi, dan menjalankan banyak mesin virtualisasi sekaligus, walau tentu ada kelemahannya – yaitu batas ruang diska dan memori yang dimiliki komputer anda.

VirtualBox merupakan aplikasi yang sederhana, namun juga sangat tangguh. Bisa dijalankan dari dekstop biasa hingga ke super komputer sekalipun.

Pemasangan (Install):
Klik openSUSE 11.1/11.2 i386 | AMD64

Klik tersebut akan mengunduh berkas YMP dan secara otomatis dibuka oleh Manajer Paket YaST. Tampilan jendela awal akan meminta Anda untuk menambahkan repo VirtualBox dan repo update openSUSE. Klik lanjutkan (next)? klik lanjutkan di jendela berikutnya ? Dan klik lanjutkan lagi di jendela summary yang memberikan informasi repo tambahan dan instalasi peranti lunak VirtualBox ? ini akan mengunduh dan memasang VirtualBox beserta dependencies yang diperlukan termasuk modul kernel untuk VirtualBox (virtualbox-ose-kmp-default) ? klik selesai (finish) di akhir instalasi.

Anda juga bisa memasang paket tambahan virtualbox-ose-guest-tools xorg-x11-driver-virtualbox-ose untuk driver Xorg X11 bagi video dan tetikus.

Untuk memasang paket tambahan,

Dari komputer, klik install software (dari start menu) dan cari virtualbox.

Instalasi VBox

Maka paket-paket yang ditemukan akan tampak seperti gambar di atas (klik gambar guna memperbesar pratampil). Pilih paket-paket di atas, klik “accept” guna memasang paket yang diinginkan.

Saat instalasi selesai Anda perlu menambahkan user anda ke “vboxusers group”, yang dapat dilakukan dengan menggunakan:

sudo su -c ‘usermod -G vboxusers‘

catatan: Anda harus log off terlebih dahulu, kemudian logon lagi sedemikian hingga ini dapat berfungsi.

Nah, silakan bereksperimen dengan VirtualBox. Lebih banyak informasi tentang VirtualBox, silakan kunjungi situsnya di VirtualBox.Org dan bagi pengguna Windows dapat mengunduh VirtualBox versi Windows di sini.

Artikel ini diadaptasi dari: How To Install VirtualBox on OpenSUSE Linux.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Cahya Legawa

Iklan

One thought on “Memasang VirtualBox pada OpenSUSE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s