Aplikasi Foursquare di Ponsel Nokia S60

Foursquare adalah aplikasi jejaring sosial yang baru-baru ini naik daun dengan mengintegrasikan geotag, places, twitter dan facebook ke dalamnya. Dan melakukan aktivitas jejaring sosial berdasarkan lokasi. Semisal kita bisa melaporkan saat kita memasuki sebuah perpustakaan, dan kemudian membuat tips atau pendapat tentang perpustakaan. Aplikasi ini juga berguna bagi pemilik bisnis seperti pemilik rumah makan, penginapan dan sebagainya guna mempromosikan bisnis mereka di samping menggunakan twitter dan facebook.

Foursquare termasuk mudah digunakan, baik lewat PC maupun ponsel. Yang diperlukan adalah koneksi internet dan jika bisa sebuah GPS (tapi tanpa GPS masih bisa). Pemilik ponsel atau perangkat Android, Apple iPhone dan Blackberry tidak perlu khawatir karena sudah tersedia aplikasi standar sebagai klien foursquare, namun bagaimana dengan pengguna ponsel Nokia (Symbian S60)? Karena tampaknya belum ada aplikasi standar.

Waze

Ada aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan, yaitu Waze! yang fungsi aslinya adalah navigasi GPS. Saya memasang aplikasi Waze pada ponsel Nokia E71 dan berfungsi dengan baik. Hanya saja Waze belum memiliki sistem navigasi peta untuk wilayah Indonesia, namun ini sedang dikembangkan, bahkan di dalamnya ada aplikasi membangun jalan yang berfungsi untuk membantu Waze menciptakan sistem navigasi di daerah Anda.

Nah, untuk memasang Waze di ponsel Nokia S60, pertama unduh Waze melalui ponsel anda dari alamat http://m.waze.com/ kemudian lanjutkan hingga pemasangan aplikasi. Daftarkan diri Anda untuk akun Waze, dan di bagian penyetelan profil bisa ditambahkan akun twitter dan foursquare anda. Nanti dari beranda aplikasi pilih “report” kemudian pilih “foursquare” untuk mengupdate lokasi foursquare anda, GPS akan sangat membantu Anda menentukan lokasi-lokasi yang mungkin sedang Anda kunjungi saat itu.

Jika lokasi Anda tidak ada di bagian menu foursquare pada aplikasi waze, silakan gunakan menu “add this/add venue” di website foursquare untuk menambah database lokasi-lokasi di sekitar tempat tinggal anda. Gunakan Google Maps untuk membantu Anda menentukan jalan utama, jadi pertama di Google Maps arahkan kursor pada wilayah yang ingin Anda tandai, klik kanan dan pilih “Ada apa di sini?” maka di pinggir kiri jendela peramban akan muncul “nama jalan”, “nama kota”, “nama negara” masukkan itu di web foursquare saat menambahkan lokasi baru, jangan lupa setelahnya lokasinya di buat lebih pas lagi di peta foursquare. dengan menggeser pin.

 

Iklan

13 pemikiran pada “Aplikasi Foursquare di Ponsel Nokia S60

    1. bunyah,

      Foursquare tidak memiliki aplikasi resmi di Nokia/Symbian, jadi yang dipasang hanya bookmark untuk masuk ke situs m.fourquare.com atau foursquare.com/mobile. Lebih baik diakses manual saja via Opera Mini 5 :).

      Suka

  1. Luthfi

    Dan sejauh ini, orang lebih suka cari yang simple. Kalau pun ingin menjelajah dengan pemetaan GPS,,HP2 sekarang sudah build-in aplikasi GPSnya, seperti nokia dengan NokiaMapnya, atau bisa juga dengan GoogleMap versi mobile.
    Saya rasa Waze lebih maksimal fiturnya jika digunakan diluar Indonesia, sebab negara pembuat waze sepertinya kurang tahu apa keinginan user di indonesia. 😀

    Suka

  2. Luthfi

    Sejauh ini 4sq di Gravity sudah tahap Beta, dan saya pun sudah install diHP saya dgn tidak berbayar alias FULL VERSION malah sudah versi terbaru (red: v1.31.6538). Hehehe
    Instalasi nya juga gampang tanpa perlu hack handphone karena sudah dicracked dan SIGNED pula,:D. lagi2 bajakan ya..hoho.

    Suka

    1. luthfi,

      Saya setuju Gravity lebih bagus di Symbian, tapi Gravity adalah aplikasi berbayar, dan masih dalam tahap alpha (bahkan belum beta), jadi belum produk yang sempurna. Saya masih menemukan beberapa bugs di edisi trial-nya, dan proses debugging agaknya akan memakan waktu lama.
      Tapi jika sudah selesai nanti rilis versi 3.x, sepertinya akan jadi produk yang bagus, sayangnya harga peranti lunak ini dikisarkan lebih dari US$ 100 nantinya. Jadi kalau mau pakai Gravity mesti merogoh kocek, saya harap kita tidak lagi menggunakan aplikasi bajakan 😀

      Tapi kalau dilihat lebih teliti, Waze dan Gravity sebenarnya tidak bisa dibandingkan. Karena Waze berbasis aplikasi pemetaan GPS, seperti Google Maps yang membawa Latitude di dalamnya, sedangkan Gravity berbasis komunikasi jejaring sosial yang bisa memanfaatkan fitur GPS. Buat pecinta jejaring sosial, Gravity akan tampak lebih menarik, tapi buat orang yang suka menjelajah dengan pemetaan GPS, Waze tentunya akan jadi alternatif yang lebih menawan 😉

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.