Asing is Gone?

Dulu ada seekor anjing liar yang suka datang ke rumah. Mungkin karena waktu itu kami masih memelihara anjing sendiri. Anjing liar itu diberi nama “Asing”, dan hampir rata-rata penduduk di sini memang memanggilnya demikian.

Biasanya dia datang di saat jam-jam kami memberi makan pada anjing peliharaan kami. Sehingga ia lumayan jinak, walau bukan berarti peliharaan. Kadang ia bisa pergi beberapa hari, dan muncul lagi selama beberapa hari. Bisa dibilang dalam bahasa para mangaka, Asing adalah sosok “Rounin”.

Ia mungkin sudah menjadi bagian dari lingkungan, dan di antara anjing-anjing di lingkungan, maka sosok “Rounin” si Asing paling disegani, sehingga anjing-anjing lain enggan mencari masalah dengannya. Hal ini seringakali membuatku nyaman jika berjalan-jalan dengan Xie Lee (baca: Cili) – anjing perliharaanku, karena sering kali ancaman anjing liar atau pun rumahan yang tidak ramah bisa diminalisir sejak Asing ikut jalan-jalan juga.

Baru-baru ini aku mendengar kabar, sudah seminggu lebih Asing tidak menampakkan diri di lingkungan kami. Ya, diduga dia menjadi korban penembakan. Lha, kok penembakan sih? Ya, jelas saja, belakangan isu penyakit rabies lumayan santer di wilayah kami, jadi daripada harus mengeluarkan biaya lebih untuk memvaksinasi anjing liar, juga berarti meningkatkan risiko tergigit saat berusaha menangkap dan memvaksin, mungkin lebih baik anjing-anjing itu dibunuh saja langsung.

Ah…, kadang aku berpikir, kita manusia dapat melakukan apa saja untuk kelangsungan hidup kita. Walau itu berarti mengorbankan yang lain. Tapi sering kali kita menutup mata dan telinga akan kenyataan ini disekitar kita.

Well, jika Asing memang sudah tidak ada lagi. Maka biarlah demikian adanya. Rasanya, hidupnya sebagai “Rounin” juga sudah cukup menderita.

Terkirim dari telepon Nokia E71 | http://www.legawa.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.