Windows Live Writer Diperbaharui

Saya mendapatkan berita bahwa ada versi terbaru dari Windows Live Writer yang tersedia dari pihak Microsoft®. Sehingga saya pun segera mengunduhnya/memperbaharuinya. Karena ini merupakan mesin klien blog andalan saya untuk menulis di banyak blog saya, kecuali yang saya desain untuk fully mobile blogging (sepenuhnya dikelola melalui ponsel, baik untuk publikasi artikel maupun moderasi tanggapan).

Peranti lunak untuk Windows® ini merupakan bagian dari paket Windows Live Essential® yang tersedia bagi pengguna Windows Genuine (non-bajakan), dan memiliki akun Live untuk berinteraksi dengan Microsoft Corp. Tapi saya tidak menggunakan semua produknya, hanya blog client yang satu ini saja.

Dengan Writer, Anda dapat mempublikasikan ke hampir semua layanan blog, meliputi Windows Live, WordPress, Blogger, Live Journal, TypePad, SharePoint, Community Server, dan banyak lagi. Belum punya blog? Writer dapat membantu Anda membuatnya.

Dengan Writer, Anda dapat mempreview semua yang Anda tambahkan ke blog, dan melihat bagaimana tampilan font, spasi, warna dan gambar, sebelum dipublikasikan.

Anda dapat membuat foto Anda terlihat menarik di blog dengan cepat dan mudah. Sisipkan foto dan terapkan tepi dan efek menarik. Anda bahkan dapat memasukkan semua foto Anda ke dalam album—cukup pilih gaya yang Anda inginkan dan Writer akan menangani sisanya. Saat Anda mempublikasikannya, Writer otomatis menyimpan gambar atau album Anda secara online dan menautkannya ke blog Anda.

Writer dapat membantu Anda mempublikasikan video ke Soapbox di MSN Video, atau ke YouTube, dan memasangnya di blog Anda. Dan seperti halnya foto, video Anda dapat dengan mudah diurutkan, diubah ukurannya, dan diberi judul, sehingga terlihat sesuai keinginan Anda.

Writer - Menyisipkan Video

Writer sudah dilengkapi dengan fitur-fitur berguna, tapi jika Anda suka bongkar pasang, ada aneka plug-in yang dapat membantu Anda lebih berkreasi—seperti menyisipkan pernak-pernik Anda dari Facebook, Flickr, atau situs web lainnya.

Writer - Berbagai Plugin

Jangan lupa, bahwa ada beberapa hal agar WLW dapat berjalan di komputer anda, ada-pun syaratnya (persyaratan termasuk fitur lain dari paket Windows Live®) adalah:

  • Sistem operasi: Windows XP dengan Service Pack 2 (khusus edisi 32-bit), Windows Vista (edisi 32-bit atau 64-bit), Windows 7 (edisi 32-bit atau 64-bit), atau Windows Server 2008.
    Catatan
    Windows Live Movie Maker dan fitur slideshow pada Windows Live Photo Gallery tidak didukung di Windows XP.
  • Prosesor: 1 GHz atau yang lebih tinggi untuk Windows 7 atau Windows Vista; 800 MHz atau yang lebih tinggi untuk Windows XP.
  • Memori: 512 MB RAM untuk Windows 7 atau Windows Vista;128 MB RAM (dianjurkan 256 MB atau lebih) untuk Windows XP.
  • Resolusi: Minimal 1024 x 768
  • Koneksi Internet: Fungsionalitas Internet memerlukan akses internet dial-up atau broadband (tersedia terpisah). Tarif lokal atau jarak jauh mungkin berlaku.
  • Browser: Windows Live Toolbar memerlukan Microsoft Internet Explorer 6, Internet Explorer 7, atau Internet Explorer 8.
  • Grafik atau video card: Windows Live Movie Maker memerlukan kartu video yang mendukung DirectX 9.0 atau yang lebih tinggi, dan Shader Model 2.0 atau yang lebih tinggi.

dan beberapa syarat tambahan:

Komponen berikut diperlukan untuk program Windows Live tertentu, dan mungkin akan diinstal di komputer Anda jika Anda belum menginstalnya.

  • Untuk Writer: Microsoft .NET Framework 2.0 atau lebih tinggi*
  • Untuk Photo Gallery: SQL 2005 Compact Edition dan Windows Imaging Codecs*
  • Untuk Photo Gallery dan Movie Maker: Beberapa komponen DirectX9.

* Tidak diperlukan jika menginstal di Windows 7 atau Windows Vista.

Untuk mendapatkan peranti lunak yang satu ini, silakan masuk ke halaman Download Writer untuk versi terbarunya. Beberapa pengaya (plugin) bisa didapatkan di halaman Writer Zone (termasuk versi lama Writer) dan tambahannya di halaman Windows Live Writer Plugin. Jangan lupa juga membaca catatan rilis untuk versi ini.

Atau mungkin Anda mempertimbangkan blog client lainnya seperti BlogJet (propietary) dan Zoundry Raven (freeware). Kesemuanya menawarkan fitur WYSIWYG ke dalam publikasi blog yang memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi mereka yang minim pengetahuannya akan kode-kode HTML dan lain sebagainya, dan memang tidak berminat untuk mendalami kode-kode yang rumit itu. Dan bisa digunakan dalam kondisi daring (online) maupun luring (ofline).

Try it and happy blogging.

Iklan

5 pemikiran pada “Windows Live Writer Diperbaharui

  1. iskandaria

    Waduh, saya malah belum pernah menggunakannya mas. Kapan-kapan saya mau nyoba ah.
    .-= Artikel terakhir blog iskandaria: Banjir Komentar SPAM Berbahasa Cina di Blogspot Saya =-.

    Suka

  2. Mas Rismaka,

    Saya malah pernah mencoba yang namanya blogdesk di Windows, maklum kenalnya pertama kali sudah dengan WLW 😀 (sebelumnya menggunakan postingan via surel pas pakai blogspot, sekarang masih begitu).

    Instalasinya memang agak ribet (tapi ga lama kok), ada dua tahapan, mengunduh berkas pemanggil instalasi, kemudian mengunduh paket Windows Live® yang dikehendaki. Tapi karena berkasnya hanya sekitar 16+MB untuk Writer saja, jadinya jadinya 30 menit juga sudah selesai di internet mode lemot-an 😆

    He he, Mas Ris, setelah lama menggunakan WLW, dan memasang banyak pengaya, ternyata nyaris tidak satu-pun diperlukan. Toh, sudah ada HMTL editornya di samping menggunakan WYSIWYG. Yang saya paling sering gunakan-pun jarang digunakan, yaitu plugin insert video untuk memasukkan video dari Youtube misalnya, lain-lain sepertinya tidak ada yang digunakan lagi deh Mas. Dulu ada plugin untuk notifikasi ke twitter jika ada artikel baru, tapi kan sekarang ada banyak cara, misalnya saya lihat Mas Ris menggunakan layanan feedburner untuk itu – CMIIW.

    Saat instalasi saya hanya memilih writer, yang lain tidak saya pilih. Live Mail ndak saya pilih karena saya pakai Thunderbird. Picture Galery juga ndak, karena saya sudah pakai Album Picasa Google. Movie Maker apalagi, saya kan bukan sutradara :p

    Kalau komputer untuk keluarga, mungkin bisa ditambah Family Safety itu atau sejenisnya, sepertinya ada juga dalam pilihan paket Windows Live.

    Ha ha, blog ini terancam mangkat, makanya warnanya gelap. Tapi kalau dilihat dengan Opera terbaru, jadinya terang benderang (CSS-nya tidak terbaca) :p

    Suka

  3. rismaka

    Saya selama ini memakai blogdesk sebagai alat ngeblog di OS windows. WLW memang bagus, tapi sepertinya agak ribet saat instalasinya.

    Mau tanya mas, kira2 pengaya apa aja yang recommended sesuai kebutuhan? Mungkin bisa dijelaskan di posting berikutnya. Mas cahya kan pengguna WLW neh, jadi sepertinya pengalamannya bisa dipelajari.

    Trus saat instalasi, kan ada beberapa fitur pilihan, kira2 mana yg mesti dipilih utk diinstal? kelebihan dan kekurangannya.

    BTW tampilan blognya kok agak seram dan kelam ya, ga semenarik dulu 😛 (mungkin saya udah terbiasa dg latar gelap dan warna font hitam)
    .-= Artikel terakhir blog rismaka: Sibuk mode ON =-.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.