Cara Dungu Bikin Blogmu Populer

Dulu ada narablog (yang sama-sama pemula dengan saya) bertanya tentang bagaimana caranya membuat blog agar cepat populer. Ah, waktu itu saya lupa apa yang saya jawab seadanya, tapi bagaimana mungkin, sebenarnya saya sih tidak tahu apa-apa tentang bagaimana menjadikan sebuah blog populer, katakan saja blog saya ini, bukankah blog ini sama sekali bukan blog populer (cuma pernah masuk televisi sekali gara-gara salah referensi mungkin). Saya tidak berminat dengan blog yang populer, tapi jika ada yang bertanya bagaimana mempopulerkan blog dengan cepat, maka ada cara-cara dungu yang mungkin berhasil. Ingatlah, dungu hanya sedikit berbeda dari cerdas. Namun semua risikonya, Anda yang tanggung sendiri tentunya – karena itu cara saya mungkin jangan mengikuti cara orang dungu ini mentah-mentah.

Buatlah Halaman Muka

Anda tahu halaman muka atau homepage bukan? Jadi saat pertama kali membuka peramban, maka yang muncul adalah homepage. Jika Anda siswa sekolah dan ada fasilitas komputer berinternet di sekolah, coba saja ganti halaman mukanya dengan URL blog Anda, percayalah itu bisa membuat blog anda terkenal ke penjuru sekolah, sampai petugas sekolah mungkin akan mengejar-ngejar Anda.

Buatlah Stiker

Stiker adalah cara penyebarluasan informasi yang efektif, apalagi kalau desainnya atratiktif. Misalnya Anda anak kampusan, setiap hari bosan dengan tempat parkir yang sempit dan penuh berjejalan, belum lagi motor-motor yang parkir sembarang dan semrawutan. Anda bisa membuat stiker bertuliskan "Maaf, parkir Anda salah kaprah!", tambahkan URL blog anda di bawahnya, dan serahkan pada tukang pakir kampus yang juga pastinya sering jengkel dengan ulah pemilik sepeda motor yang bandel itu, minta menempelkan pada motor-motor yang parkir sembarang. Nah, dengan demikian, Anda dapat iklan berjalan keliling kota gratis bukan?

Coretlah Dinding

Anda suka vandalisme, jangan hanya corat-coret tembok kota dengan sembarangan, hingga rambu lalu lintas pun jadi tidak terbaca. Namun grafiti yang indah mungkin berbeda. Orang akan menghargai grafiti jika tampak bagus, mendidik dan mengingatkan plus tentunya artistik. Buatlah grafiti indah di tembok-tembok kota, dan tempatka URL blog anda tepat di sana. Nah, bahkan blog Anda bisa terkenal lebih jauh lagi, apalagi kalau Anda pasang di tembok yang menghadap jalan antar kota antar provinsi misalnya. Namun berhati-hatilah, polisi pamong praja mungkin akan mengejar-ngejar Anda 😀

Bodohi Hal Hal Terkenal

Masih ingat "tragedi" blog yang mengulas tentang teh botol sosro yang mengandung bahan berbahaya bernama H2O? Ya, si narablog hanya iseng membuat tulisan itu untuk beberapa alasan, tapi itu membuat blognya jadi langsung terkenal dan masuk media-media. Tapi rasanya di negeri ini sudah biasa orang terkenal dibodohi, atau Anda punya target lain, berani membodohi presiden? Yah, siap-siap saja dengan konsekuensinya.

Bicara di Media

Datanglah sambil jalan-jalan ke stasiun radio atau televisi dan bilang Anda ingin menyampaikan tentang sesuatu, dan berbicaralah ke massa melalui media, siapa tahu orang-orang suka dengan gaya anda, dan jika Anda terkenal demikian juga dengan blog anda. Atau jika Anda tidak cukup bagus, siapkan pantat Anda untuk ditendang keluar studio oleh security.

Sebarkan Pamflet

Sama seperti stiker, pamflet kecil adalah hal yang mudah dibuat. Tulislah semenarik mungkin tentang apa yang Anda ulas di blog, lalu sebenarkan sebanyak-banyak, ke toko-toko, stasiun, rumah makan, mini market, warung tegal, perempatan lampu merah, salon, bank, warung pulsa, toko kelontong, sekolah-sekolah, kursus-kursus, pusat kebugaran, pokoknya ke mana pun yang bisa Anda jangkau. Tambahkan alamat URI blog yang jelas di pamflet itu, bila perlu plus halaman facebook untuk blog anda. Ya, Anda bisa menjangkau satu kota dengan cepat jika Anda gesit, bila perlu sebarkan ke pelosok terpencil via pesawat udara dan dilempar-sebarkan ke pemukiman warga. Hanya satu, mungkin Anda akan dimusuhi oleh komunitas Green Peace karena membuang kertas untuk sesuatu yang dungu.

Buat Suvenir

Apa ada cindera mata yang mudah dibuat dalam jumlah banyak. Buatlah itu, sehingga Anda bisa membawa dalam beberapa banyak ke mana pun dengan mudah. Jadikan itu sebagai pengganti kartu nama, jadi baru kenalan dengan orang baru, bukan kartu nama yang diserahkan tapi cendera mata yang berisi URL blog anda, ke pesta pernikahan teman dengan kadonya pun cendera mata serupa, hadiah buat teman atau pacar, buat peminta-minta di jalanan, untuk pengamen di jalanan. Ya, blog anda dijamin lekas terkenal 🙂

Apa Anda ada ide bodoh lainnya untuk membuat blog jadi populer? Jangan hanya ikuti para SEO-er (kick their *ss), ciptakanlah kreativitas tanpa batas.

Inspired by Fazreen.

=-=-=-=-=
Powered by Blogilo

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Cahya Legawa

Iklan

19 pemikiran pada “Cara Dungu Bikin Blogmu Populer

  1. @orange float, jangan salah sangka, orange float itu bahkan sudah terkenal sampai ke seluruh dunia lho 😆

    @Mbak Santi, hanya sepertinya Mbak, besok saya mungkin sebar pamfletnya di Langon saja ah… 🙂

    Suka

  2. Saya teringat sebuah blog.. kalau tidak salah mbah gendeng. pernah populer gara-gara bikin lomba SEO. Ujung-ujungnya rusak gara-gara cracker. Terakhir mencoba akses bandwith excessed..

    Suka

  3. Mas Ardianzzz, itulah salah satu alasan saya ogah populerkan blog (selain memang ndak bakalan bisa populer, karena ndak laku-laku) he he 🙂

    Yah, biar sajalah begini-begini saja. Asal bisa nulis cukuplah.

    Suka

  4. Pak Aldy, sebentar lagi Juni, dan kemudian Juli, saya khawatir blog ini mesti tutup usia kalau tidak ada perubahan yang saya perlukan. Makanya mumpung sempat ditulis dulu.

    Seperti nyala lilin yang hendak padam.

    Suka

  5. rismaka

    Ikut menambahkan mas,

    Saat ada momen2 yg ramai berkumpulnya orang-orang, pakai saja megaphone di tengah kerumunan orang2 itu, terus teriakkan "saudara-saudara, silakan berkunjung ke rismaka.NET, jangan lupa ke rismaka.NET"

    😆 😆 😆

    Suka

  6. rismaka

    Aldy,

    Seperti status saya di twitter mas, kalau mas cahya ini adalah narablog yang ter-eksis yang pernah saya temui 🙂

    Ngeblognya produktif banget. salut deh mampu menulis sebanyak itu dalam 1 hari 🙂

    Suka

  7. @Rismaka, ha ha, habis itu diseret ke <abbr title="Rumah Sakit Jiwa">RSJ</abbr> ya Mas 😀

    Ndak apa-apa kalau ngeblog-nya yang produktif dikit, daripada yang aneh-aneh di luar sana berserakan 😉

    @Suci, pantesan semalam mimpiin seseorang+seseorang bikin suasana hati ndak tenang, rupanya ada m*suh-m*suh di blog, ha ha 😆

    Suka

  8. dahsyat sekali 😀

    btw, sudah lama saya ingin membuat stiker untuk URL blog saya, maunya ditempel di helm bagian belakang… sayangnya rencana ini selalu tertunda 😦

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.