Google SSLock: Menjelajah Aman Bersama Google

Internet sebagai saya sampaikan sebelumnya dalam “Internet Sehat untuk Anak” tidak selalu berisi informasi yang aman. Kadang ada kekerasan, dan ada bahaya pornografi misalnya. Kali ini mari kita coba salah satu tips mengamankan penjelajahan internet bersama Google (tips yang baru saya temukan tidak lama berselang). Fitur ini diberi nama Google SSLock (Safe Search Lock) alias Google Penggembok Penelusuran Aman. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus memiliki sebuah akun Google, dan peramban yang berbeda (jika ada beberapa peramban) bisa dikunci hanya melalui setelan di peramban tersebut.

The SafeSearch setting you select on the Search settings page applies to anyone using the same Web browser and computer as you. If you have a Google Account, you can lock the setting so that other users of the computer don’t change it.

Berikut adalah panduannya. Bukalah peramban yang ingin Anda kunci (semisal Firefox atau Chrome), lalu masuk ke halaman www.google.com atau www.google.co.id yang memberikan anda “setelan penelusuran”, silakan simak gambar berikut:

Kemudian di baris “Penyaringan Telusur Aman”, pilih “terapkan filter yang ketat”, kemudian klik pranala yang bertuliskan “Gembok Telusur Aman”, silakan simak kembali gambar berikut (klik yang dicentang tanda rumput berwarna merah):

Anda kemudian akan diminta kembali memasukkan sandi untuk akun Google anda, ini adalah syarat keamanan. Silakan masukkan sandi, dan lanjutkan ke halaman berikutnya. Di sana akan ada konsen, apakah Anda akan melakukan penggembokkan untuk telusur aman atau tidak.

Lanjutkan untuk mengklik tombol “Gembok TelusurAman”

Setelah itu akan ada konfirmasi apakah penggembokan berhasil atau tidak, hal ini tergantung peramban. Pengalaman saya menggunakan Chrome berhasil tergembok semua, sedangkan pada Firefox hanya sebagian yang tergembok. Berikut contohnya:

Jika Anda berhasil melakukan penggembokan telusur aman di peramban, maka jika Anda mencoba menelusuri, akan tampak bola-bola berwarna di pojok kanan atas halaman telusur. Jika bola-bola warna ini tidak ada, berarti penelusuran aman tidak aktif. Anda mungkin perlu memperbaikinya.

Google SafeLock

Jika di komputer anda ada beberapa peramban, maka fungsi ini harus disetel satu persatu ke peramban masing-masing. Dan jika ada beberapa akun yang menggunakan peramban yang sama, maka itu pun perlu disetel masing-masing akunnya. Jika akun orang tua sudah digembok, namun akun google anak-anak belum, maka safelock tidak akan berfungsi saat anak-anak menjelajahi internet dengan akunnya sendiri. (Catatan: Peramban Safari mungkin perlu penyetelan khusus untuk mengizinkan kuki dari pihak ketiga).

Nah, selamat mencoba menerapkan menjelajah internet dengan aman bersama Google.

Iklan

8 Comments

  1. Wahyu, saya masih belum menguasai penggunaan template blog ini, asal bisa digunakan dengan nyaman saja cukuplah dulu 🙂

    Ah…, katanya Om Google sih begitu, bisa safe surf 😀

    Suka

    Balas

  2. Realodix,sebenarnya ini sudah lama ada, cuma saya baru tahu saja 😀

    Hmmm, Google Chrome yang stabil terbaru saat ini adalah Chrome 5 yang saya gunakan. Coba lihat artikel sebelumnya yang berjudul Come On Chrome 5! 😉

    Versi beta memang ada hingga versi 6, tapi itu kan untuk pengembangan saja.

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.