Hidup

Hidup bukan hanya semata-mata “aku” yang bertindak – yang bergerak, namun hidup si binatang, hidup alam ini, anak yang minta-minta di jalanan. Seberapa sering Anda memandang pohon? Apakah Anda pernah memandang pohon atau sekuntum bunga? Dan ketika Anda melakukannya, apakah di situ ada rasa takjub yang luar biasa – bukan pada sekuntum bunga yang yang hendak memudar, tapi pada keindahan sang bunga, pada hal yang asing itukah “hidup”?

Ini sungguh-sungguh berarti, segenap rasa sederhana tanpa apa-apa namun tiada rasa mengemis. Maka batin anda sendiri hening di dalam dirinya; maka Anda tidak harus menemui siapa pun yang hening. Dan pada keheningan itu tidak ada engkau dan aku, di sana hanyalah keheningan. Dan ialah pada keheningan itu Anda akan mendapati di sana ada rasa hormat, bukan pada sesuatu namun pada dirinya sendiri.

J. Krishnamurti, Bombay 8th Public Talk 4th March 1953 Collected Works

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Cahya Legawa

4 respons untuk ‘Hidup

  1. menjadikosong,

    Ah…, blog ini hanya sekedar saja, kalau ada yang senang berkunjung kemari ya saya bersyukur… 🙂
    Terima kasih atas apresiasinya.

    Suka

  2. ya, kurang lebih seperti itu yang juga kurasakan dalam keheningan. mas Cahya, blognya makin menyenangkan untuk dikunjungi. setidaknya menyenangkan menurut versi saya. so cool.

    Suka

Komentar ditutup.