Mengelola Blog Via Ponsel

Sebenarnya ini yang ingin saya tulis kemarin, tapi karena tulisan jadi berbeda, ya sudah judul ini mengalah satu hari. Hal yang memudahkan orang untuk ngeblog adalah salah satunya kita bisa mengelola blog via ponsel/handphone – yang mana berarti kita tidak perlu menyentuh komputer sama sekali. Sebelumnya tulisan ini akan banyak sekali mengandung pranala, jadi sebaiknya hindari membaca dengan metode tabbing, atau akan terasa agak tidak nyaman.

Ada dua prinsip mendasar pengelolaan blog via ponsel, pertama publikasi tulisan, kedua adalah moderasi (tanggapan). Keduanya selayaknya bisa dilakukan dengan baik via ponsel. Hal ini tidak akan bermasalah bagi pengguna ponsel pintar berkelas seperti BlackBerry, iPhone atau Android Phone – karena banyak mesin blog yang menyediakan fitur khusus untuk blog-blog ini.

Tentu saja kita berharap ponsel tidak berkelas semisal Nokia E71 dengan Symbian milik saya juga bisa mengelola blog dengan baik. Tentu saja tidak masalah, yang Anda perlukan hanya akses internet dari ponsel Anda, dan kemampuan mengakses surel dengan mudah, baik dengan metode push email atau IMAP dan POP biasa.

Surat elektronik adalah salah satu cara paling mudah mengelola blog, dan paling murah, karena kita hampir tidak perlu masuk ke blog dan membuang banyak pulsa telepon.

Pertama, mari kita pilih blog platform yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Blogspot (www.blogger.com) adalah platform yang paling mudah untuk kasus ini sebagaimana yang saya tulis dulu sekali dalam “Cara Mudah Posting Di Blogger, WordPress dan SpaceLive”.

Blogspot sederhana, mudah dipasang, mengganti tema blog dengan berkas XML yang siap pasang. Pengaturan sederhana, dasbornya ringan dan ramah akses. Tapi jika Anda memasang tema yang berat, blognya sendiri akan berat diakses. Komunitasnya besar, terhubung langsung dengan akun Google anda.

Jika Anda memilih/memiliki platform blogger, maka cara publikasi via surel dapat di baca di “How Do I Post via Email?” – Tenanglah, caranya mudah kok.

Tumblr (www.tumblr.com) adalah platform lain yang menarik, dan lumayan banyak digunakan bagi mereka yang suka ngeblog via gadget (ponsel, smartphone, PDA, iPhone, dan lain sebagainya). Hanya saja Tumblr mesinnya agak berat, setidaknya untuk akses via komputer – Anda perlu internet yang cukup kencang.

Tapi dari semua mesin blog, yang satu ini adalah yang paling mudah dimengerti menurut saya pengaturan menunya. Jadi memberikan pengalaman pengguna yang seakan-akan dimanjakan.

Bedanya, tumblr tidak memiliki fasilitas menambahkan kategori tulisan, namun masih memberikan fasilitas menandai (tags). Jika Anda memilih/memiliki akun tumblr, untuk publikasi via surel silakan panduannya dibaca di “Tumblr: Mobile + Email Publishing” – penjelasannya bahkan lebih mudah daripada yang di Blogspot.

Tumblr tidak memiliki kolom komentar, jadi Anda sangat aman jika ingin ngeblog tanpa terganggu oleh komentar. Namun jika ingin ditambahkan, saya sarankan menggunakan DISQUS baik di Blogspot maupun Tumblr.

Mengapa harus menggunakan sistem komentar pihak ketiga seperti DISQUS? Ah…, tidak harus sih, namun itu akan memudahkan Anda membalas langsung setiap komentar yang masuk, hanya dengan membalas email untuk setiap pemberitahuan komentar yang masuk. Prinsipnya jika ada komentar baru di blog, maka DISQUS akan mengirimkan surel (sama seperti pada sistem komentar biasa), hanya saja jika Anda membalas langsung surel ini, maka juga bisa langsung membalas komentar tersebut.

Tidak menyukai DISQUS? Ada alternatif lain seperti Intense Debate dan ECHO (JS-Kit).

Nah, bagaimana dengan sistem blog populer seperti WordPress (www.wordpress.com), tentu saja juga bisa. Caranya mudah saja, silakan baca di “Post by Email” ala WordPress, atau tonton saja video yang ada di halaman tersebut, sangat jelas dan sederhana.

Sedangkan bagi pengguna WordPress.Org, silakan membaca “Codex: Post to your blog using email” atau yang pernah saya tulis dalam “Publikasi Blog Bermesin WordPress Via Surel”.

Pengelolaan komentar di WordPress.com bisa menggunakan menggunakan fasilitas “comment reply via email”, menggunakan platform yang sejenis yang digunakan oleh Intense Debate tampaknya. Sedangkan untuk WordPress.Org boleh menggunakan metode yang sama seperti Blogspot dan Tumblr, atau silakan menggunakan tema yang ramah untuk mobile browser, karena Anda akan terpaksa membalas komentar dengan masuk ke peramban di ponsel anda.

Yang saya tulis hanyalah prinsip-prinsipnya saja, silakan mencoba dengan mandiri – ah…, itu menyenangkan untuk belajar dengan trial and error 😀

Iklan

6 pemikiran pada “Mengelola Blog Via Ponsel

  1. @Budiastawa, ah, saya kan ngambil referensi juga dari blognya Bli Budi 🙂

    @Pak Aldy, sebenarnya sih yang peting ponselnya mendukung pengiriman dan penerimaan surel, sudah cukup kok.

    Suka

  2. @Hariez, hmm…, seperti terhapus, tapi saya kurang tahu kenapa, mungkin ada keyword yang di-banned Mas 🙂

    @jalinankata, ndak kok, saya hanya pengguna biasa 🙂

    Suka

  3. Hariez

    waduh…ko kayaknya komentar saya masuk spam Pak 😀 tapi ga apa-apa, saya akan mencobanya deh mudah-mudahan bisa 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.