Mencoba Microsoft Office Word 2010

Akhirnya setelah perjuangan yang panjang (hiperbola), saya bisa juga mencicipi Office 2010. Kali ini saya memesan Office 2010 seri Home and Student, karena saya rasa saya tidak memerlukan semua fiturnya untuk memenuhi ruang diska notebook saya. Menggunakan akun live untuk memesan langsung di Microsoft adalah hal yang paling sederhana yang bisa dikerjakan.

Saya pun langsung mendapatkan nomor serial yang akan digunakan untuk aktivasi Office 2010 melalui internet, karena sepertinya metode aktivasi ini baru digunakan oleh Microsoft untuk mencegah pembajakan atas produknya.

Setelah menerima kode aktivasi, di sana ada pranala unduhannya langsung. Saya memerlukan waktu sekitar dua jam untuk mengunduh berkas sebesar 586 MB dengan kecepatan unduh 80-100 kbps. Pemasangannya memerlukan waktu kurang dari 10 menit, walau terasa agak lama juga. Untuk mengunduhnya, Anda sudah pasti tahu caranya, sebagaimana yang saya tulis sebelumnya dalam “Unduh Microsoft Office 2010 Gratis”.

Pratampil halaman lisensi dan unduhan Office 2010

Pasca pemasangan saya mencoba membuka Word 2010, pertama-tama jendela pembukaan memiliki animasi yang cantik dengan warna kuning keemasan yang beriak, menunjukkan bahwa Ms Office sedang melakukan persiapan mesin tulis, termasuk loading pengaya seperti Math for Office yang saya gunakan.

Pratampil ketika Office Word 2007 dimulai

Perlu sekitar 15 detik bagi notebook saya untuk membuka halaman Office Word 2010 yang kosong. Sekilas pandang tidak ada yang jauh berbeda dengan Office 2007, kecuali pita yang lebih elegan dalam mengusung konsep Aero dan beberapa ubahan dalam sistem berkas/file – tidak lagi lingkaran dengan logo Office di dalamnya. Namun apa hanya kesan saya saja, tapi Office 2010 terkesan lebih ringan dibandingkan Office 2007.

Perbandingan pratampil antara Microsoft Office Word 2007 dan Word 2010

Anda bisa tahu apa yang baru pada Microsoft Office 2010 di halaman “Cool things you can do with Office 2010” atau di “Office 2010: A Complete Review”.

Iklan

18 pemikiran pada “Mencoba Microsoft Office Word 2010

  1. @nagagembel, ya original dan gratis, untuk masa uji coba selama 60 hari tentunya. Setelahnya tergantung, apakah ingin membeli lisensi yang asli atau tidak.

    @Agung, ya, mesti dicoba dulu Mas, tapi kalau ndak bisa di Windows 2000 jangan diprotes ya 😆 – kalau menurut saya, tampilan masih menyerupai 2007, karena tampaknya menggunakan core yang serupa, tapi mungkin ada beberapa peningkatan.

    @wahyu, saya tidak tahu, karena saya selalu mengalihbahasakan. Artinya Windows dan Office saya selalu ada dalam versi bahasa Indonesia, jadi saya tidak ada kesulitan memahaminya. Lagi pula saya pengguna Open Office, kalau Ms Office hanya untuk membuka berkas default saja 😉

    Suka

  2. Mas Agung,

    Rasanya Windows 2000 sudah berakhir (dukungannya) saat SP4-nya expired, dan OS yang setara itu sekarang adalah Windows server 2008 – CMIIW.

    Saya belum baca OS apa saja yang mendukung Office terbaru ini.

    Suka

  3. Wah cepat sekali perkembangannya…btw di 2007, bermasalah dengan pembuatan drawingnya (exel), apa di 2010 lancar pak dr ?, tapi ngak ada salahnya di coba yah..

    Suka

  4. Aldy

    Kalau dibandingkan dengan ofice 2007 memang terasa lebih ringan dan oleh Norton Antivirus pemeriksaan virusnya juga langsung di bypass.

    Ada beberapa vitur baru di Office 2010, sayangnya belum sempat dieksplore.

    OOT, koneksinya lumayan mantap mas Cahya, hanya butuh dua jam.

    Kalo saya sih kebetulan dapat kiriman dari teman.

    btw, waktu 60 hari bisa lebih dink, tegantung mau jujur atau bolong saja 😀

    Suka

  5. Aldy

    Untuk server saya masih menggunakan windows 2003 😉

    @Wahyu Nurudin,

    sudah ada kok mas tutorial office 2007 bahkan kalau nggak salah keluarnya hampir bersamaan dengan office 2007 itu sendiri.

    Suka

  6. @Pak Aldy,

    Karena memang tidak ada yang mau dikerjakan, jadinya malas juga mecoba lebih jauh 😀 – pasti nanti bakal ada orang lain yang tangannya gatal untuk membahas, he he, biarkan saja mereka nanti yang melanjutkan 🙂

    Kalau masalah koneksi, di Jogja lumayan banyak lokasi yang menyediakan kecepatan tinggi untuk mengunduh berkas daring.

    Suka

  7. Gede Lumbung,

    Seharusnya tidak berat kok, di Vista saya malah lebih ringan dibandingkan Office 2007 (dengan jumlah pengaya yang digunakan sama). Tapi saya kurang tahu kalau di Win7.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.