Windows Live Writer Wave 4 Beta

Apa yang baru di Windows Live Writer Wave 4? Saya pun sebenarnya cukup penasaran dibuatnya. Windows Live Writer (sebuat saja WLW kemudian, sebagaimana singkatan ini sudah umum digunakan), adalah salah satu yang membuat saya betah untuk menulis blog, seandainya program ini tidak ada di komputer saya, mungkin saya sudah lama pensiun dari dunia blog. Mari kita lihat apa yang baru di sini.

Pertama-tama, sebagaimana yang sudah lama diisukan, WLW Wave 4 memiliki sistem pita (ribbon) seperti yang dimiliki oleh Microsoft Office Word 2010, mulai dari pengaturan clipboard, publish, font, paragraph, HTML styles, insert, editing, semua tercakup di halaman ‘home’, sedangkan untuk menambah akun ada halaman tersendiri. Silakan simak pratampil di bawah.

Sistem yang baru dengan penyuntingan luring menggunakan tema blog (diaktifkan dengan tombol ctrl + F11), memungkinkan kita untuk mengatur jenis huruf yang digunakan dalam blog, ini mungkin bermanfaat bagi mereka yang menyukai tipografi. Seperti saat saya menyunting menggunakan tema “The Erudite” maka WLW langsung mengenal huruf paragraf yang digunakan berjenis “Constantia” 12.

Demikian juga dengan ‘post properties’ yang lebih mudah di tambahkan dengan mudah, cukup tekan F2 untuk membuka fungsi ini.

Kita juga dapat memasukkan tabel, pranala (link), gambar, album foto (terintegrasi dengan Windows Live), video, map (menggunakan Bing Map), dan emotikon ke dalam artikel dengan mudah. Bahkan penambah split post (read more) juga cukup dilakukan dengan satu klik. Demikian juga dengan fitur penyuntingnya, seperti penyuntingan gambar lumayan mudah dipahami.

Anda bisa membaca beberapa artikel menarik lainnya seputar pembaruan dan penggunaan Windows Live Writer yang baru di: Getting Used to the new Windows Live Writer.

Tidak menyukai menggunakan klik dan tetikus? Anda tetap bisa melakukan penyuntingan tulisan luring dengan menggunakan penyuntingan ‘source code’ tulisan anda langsung.

Nah tertarik mencoba dan mengunduhnya, silakan merujuk ke tulisan saya sebelumnya: ‘”Rilis Windows Live Writer Wave 4 Beta” dan pastikan komputer Anda menggunakan Windows Vista untuk keperluan minimalnya.

Iklan

14 pemikiran pada “Windows Live Writer Wave 4 Beta

  1. @itheng,

    Menggunakan WordPress atau yang Blogspot? Kalau WordPress akan aktif dengan sendirinya 🙂

    Sedangkan kalau untuk Blogspot tidak akan aktif, karena saat WLW Wave 4 dibangung, Blogspot belum memiliki fungsi split post, itu kan fungsi baru di Blogspot (sama seperti penambahan halaman di Blogspot yang baru ada).

    Tapi kita bisa melakukannya secara manual. Tambahkan kode <code><!–more–></code>, setelah sebuah paragraf ditutup di bagian penyuntingkan kode sumber (source).

    @Pak Aldy,

    Keluhan saya karena versi ini belum mendukung yang Bahasa Indonesia Pak 🙂

    Suka

  2. Saya masih menggunakan versi yang lama Mas Cahya. Dari ulasan diatas kayaknya menarik untuk dicoba, soalnya saya tidak menemukan adanya keluhan dari mas Cahya mengenai versi 4 ini ( walau masih beta )

    Suka

  3. Mas Agung,

    Lebar pita bulanan saya tidak kuat untuk melakukan penyuntingan via dasbor WordPress langsung secara daring, makanya saya menggunakan metode luring, saya kan ndak ada warnet juga di dekat sini 😀

    Kalau untuk di Windows 2000, sepertinya Zaundry Raven (beta) terbaru masih bisa digunakan dan cukup bagus Mas 🙂

    Suka

  4. eMtoeMcabee,

    Setidaknya Windows XP masih didukung oleh Microsoft sampai saat ini, Windows Live Writer Wave 3 masih bisa kok digunakan di Windows XP 🙂

    Suka

  5. @fansmaniac,
    Windows Live Writer sudah ada sejak tahun 2008, mungkin juga tidak begitu populer karena kebanyakan orang langsung nulis blog secara daring/online 🙂

    @Bidan ngeblog,
    Pemengalan kalimat, maksudnya readmore ya? Bisa pakai insert → split post;
    Sedangkan penyisipan keyword coba tekan F2 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.