Mewaspadai Rogue Antivirus

Rogue Antivirus adalah sebuah istilah umum yang diberikan pada sebuah peranti lunak AV yang palsu. Biasanya ada banyak peranti lunak menyerupai AV yang terkenal yang sudah banyak ada, namun hanyalah bagian dari pasar penipuan. Tidak jarang pencipta Rogue Antivirus (sebut saja Antivirus Gadungan) bahkan menyediakan website yang tampak resmi dan otentik, menawarkan pembasmian bahkan hingga virus tercanggih dengan cepat dan akurat tanpa merusak data. Apalagi jika versi uji coba bisa diunduh secara cuma-cuma, tentu akan ada yang sangat tertarik.

Beberapa penyelidikan menunjukkan bahwa antivirus gadungan ini akan membuat memperlihatkan bahwa ia mendeteksi banyak infeksi virus di komputer anda, padahal mungkin dengan antivirus lain sama sekali tidak terdeteksi. Itu akan terkesan hebat bagi beberapa orang, bahwa ia menemukan sebuah software antivirus yang mumpuni. Namun sebenarnya itu hanyalah fake detection, yaitu deteksi palsu yang dibuat-buat oleh software itu sendiri. Dan tidak ada infeksi nyata yang sungguh mengancam di komputer anda.

Awalnya rogue antivirus akan mendeteksi banyak infeksi virus, dan jika si pemilik komputer berminat menyelamatkan komputernya, mereka harus membeli versi penuhnya. Di sinilah penipuan terjadi, ketika versi penuh sudah dibeli, maka tiba-tiba antivirus gadungan ini bekerja seolah-olah semua virus sudah dibersihkan dan komputer menjadi aman sentosa. Indonesia mungkin belum banyak orang yang bertransaksi keuangan lewat internet, sehingga laporan dari penipuan akan software jenis ini saya rasa belum pernah terdengar, apalagi – maaf, bukan bermaksud menjelekkan siapa pun – ada di antara kita yang mencari software antivirus bajakan.

Beberapa kisah tentang rogue antivirus yang cukup bisa membuat Anda mengenalinya adalah “Why is Rogue AV successful?” dan artikel “Defense Center and a Piece of Luck” tentang dua Rogue yang pernah muncul di dunia maya. Saya merekomendasikan Anda untuk membaca artikel-artikel tersebut jika ingin tahu bagaimana sebuah antivirus gadungan bisa merugikan Anda.

Sebaiknya jangan mencoba AV baru tanpa rekomendasi mereka yang sudah lama berpengalaman dengan AV itu sendiri. Jangan khawatir menggunakan AV yang disediakan dengan gratis oleh vendor yang sudah ternama (seperti avast! dan , atau mencoba AV lokal PCMAV), apalagi jika Anda memang tidak memerlukan fitur tambahan yang disediakan dalam versi berbayar mereka.

Contoh Antivirus Gadungan

Gambar diambil dari: thetechherald.com

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Cahya Legawa

Iklan

12 pemikiran pada “Mewaspadai Rogue Antivirus

  1. Fake Identification sangat tidak di benarkan oleh norton.

    Biasanya pengguna baru yang sering terjebak Mas, maklum pertumbuhan komputer cukup tinggi.

    Jangankan Fake Indent, false alarm saja bikin emosi.

    Suka

  2. Sugeng

    saya biasanya pake yang sudah terkenal & banyak diupake orang saja karena ketidaktahuan saya tentang dunia antivirus. terakhir aku di tawari bitdefender pun masih aku pikir2 dulu (karena tidak kenal) meskipun akhirnya aku membelinya 😆

    Suka

  3. @Mas Puhandaka,
    Sama-sama Bli Gung, saya juga nanti diingatkan jika lupa 🙂

    @Pak Aldy,
    Iya, Symantec memang salah satu vendor yang paling gerah dengan adanya AV gadungan seperti ini, tapi saya rasa saya tahu udang dibalik batunya 😀

    @Pak Sugeng,
    Bitdefender termasuk AV yang bagus dalam jajaran 10 besar AV terbaik, tapi kan ndak perlu beli, setahu saya BitDefender punya versi gratis non-komersial seperti avast dan avira.

    @Pak Jarwadi,
    Tidak jauh beda dengan para koruptor di negeri ini. Bilang bikin proyek, padahal semuanya baik-baik saja 😀

    @Julianusginting,
    Waspada berarti tetap saling mengingatkan.

    @Asop,
    Soalnya ada yang tangannya gatel pingin buat virus komputer baru terus 🙂

    @Mas Ganda,
    Memangnya kasusnya seperti apa Mas?

    Suka

  4. ganda

    Yah seperti ini, antivirus palsu. Padahal antivirusnya ini lah virusnya. Antivirus ini menggagalkan semua aplikasi yang akan kita buka, dengan menampilkan error bahwa aplikasi yang kita jalankan terinfeksi virus inilah, itulah. Termasuk browser juga digagalkan. Tapi virus ini bisa membuka browser secara otomatis dan membuka beberapa situs dewasa tanpa terkendali, bisa 5 tab sekaligus.

    Suka

  5. Mas Ganda,

    Saya tidak tahu persisnya, karena sudah beberapa tahun belakangan ini tidak pernah bermasalah dengan virus komputer. Jadi banyak juga ya yang menjadi korbannya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.