Surel Yahoo diserang Peretas

Dalam waktu dua minggu ini saya sudah menerima dua buah surat elektronik dari dua orang rekan yang berbeda yang menggunakan domain Yahoo.com. Surat elektronik tersebut memang dikirimkan dari alamat asli si empunya, hanya saja ada beberapa kecurigaan sehingga saya bisa menduga bahwa alamat surel tersebut sudah diserang peretas sistem keamanan.

Pertama surel dikirim pada saya tanpa adanya subyek, atau judul surat. Tentunya bukan hal yang biasa jika surel dikirim tanpa subyek kecuali dalam keadaan darurat.

Kedua, isi surel adalah pranala yang mencurigakan, dan saya tahu teman-teman saya tidak akan mengirim pranala tanpa penjelasan tambahan. Jelas sekali bukan karakter si pengerim.

Ketiga, surel-surel ini setahu saya sudah lama sekali tidak diakses oleh pemiliknya. Alias sudah lama tidak aktif di dunia maya, sehingga kemungkinan si pemilik juga tidak sadar jika surat elektroniknya diserang peretas.

Berikut adalah pratampil surel yang saya terima.

Entah kebetulan atau tidak, kedua surel itu adalah surel dari YahooMail. Sehingga saya mesti menghubungi si pemilik surel, bahwa akunnya diserang oleh peretas. Tidak mungkin surel jenis ini disaring melalui sistem penyaringan atau-pun mesin antispam dengan mudah.

Jika Anda menerima surel seperti ini dari tema-teman anda, coba konfirmasi kembali ke pemilik surel. Sarankan dia mengganti kata sandi yang lebih kuat untuk surelnya. Dan berharap bahwa serangan ini bisa dihentikan.

Iklan

8 pemikiran pada “Surel Yahoo diserang Peretas

  1. Sugeng

    kalo aku langsung delete tanpa konfirmasi karena kalo penting sekali pasti si empunya akun akan mencari tahu kenapa sampai gak dibalas 😀

    Suka

  2. @Mr. Kem,

    Sebaiknya begitu jika memang sudah lama tidak digunakan – jangan lupa diingatkan teman-teman yang menggunakan kontak Yahoo, bahwa alamat surel-nya sudah ditutup 🙂

    @Pak Sugeng,

    Bahayanya, serangan ini bisa menular lho, siapa tahu akun Pak Sugeng yang selanjutnya jadi sasaran 😆

    Sebaiknya kan diingatkan agar tidak jatuh korban lebih banyak 😉

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.