Kadar Maksimal Melamin dalam Makanan

Dalam rilis berita tertanggal 6 Juli 2010 di Geneva, WHO dalam “International experts limit melamine levels in food” menyatakan bahwa jumlah maksimum melamin yang diizinkan dalam susu formula bubuk infan/bayi adalah 1 mg/kg dan jumlah zat kimia yang diizinkan dalam makanan lain dan makanan ternak adalah 2,5 mg/kg.

Hal ini disesuaikan dengan aturan baru dari badan standar pangan Amerika Serikat, Codex Alimentarius Commision.

Melamin adalah suatu zat kimia yang digunakan dalam berbagai proses industri – termasuk manufaktur plastik yang digunakan dalam peralatan rumah tangga, perabotan dapur dan perlengkapan makan serta pelapis kaleng – dan ‘serpihannya’ dapat tercampur ke dalam makanan tanpa bisa dihindari melalui kontak langsung serta tidak menimbulkan masalah kesehatan. Namun substansi ini bersifat toksin/racun dalam kadar yang tinggi.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang melamin silakan kunjungi artikel berikut.

WHO: Questions & Answers on Melamine

Wikipedia: Melamine.

Iklan

10 pemikiran pada “Kadar Maksimal Melamin dalam Makanan

  1. Mas Rudy Azhar,

    Mengandung melamin hanya jika pernah bersinggungan dengan melamin, misalnya wadah susunya terbuat dari bahan yang mengandung melamin.

    Kalau penambahan melamin ke dalam susu sendiri dilarang sepenuhnya. Walau katanya sih ada kejadian demikian dulu di Cina.

    Suka

  2. Mmmmm…peran serta semua pihak untuk memberi sosialisasi sangat perlu sekali ya pak dr. ngomong-ngomong, tumben berkunjung, suasananya beda banget:)

    Suka

  3. Rudy Azhar

    saya baru tahu kalau di dalam susu formula ada kadar melaminnya, apa di susu instant biasa juga terkandung kadar melamin?

    Suka

  4. rizarahmi

    Meski pun banyak sudah informasi yang menyebutkan sisi negatif dari melamin, tapi alat-alat rumah tangga (dapur) masih banyak itu yang mengandung melamin. Kita yang awam, kan, sulit untuk tahu kadar pasti melaminnnya :l

    Suka

  5. Mas Pandu,

    Saya hanya meneruskan berita saja. Di sini tidak ada yang beda, hanya posisi warnanya sa yang ditukar, yang tadinya gelap sekarang diberi warna terang, demikian juga sebaliknya.

    Maksudnya "browser sniffing" ya Mas, memperlihatkan jenis peramban dan sistem operasi yang digunakan. Sepertinya saya sudah pasang sejak buat blog ini, hanya saja kemarin sempat tampil tanpa ikon-ikonnya :).

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.