Syringomyelia

Pagi ini saya membaca sebuah kasus, setidaknya tertulis:

Seorang pasien datang dengan penurunan sensasi nyeri dan temperatur pada aspek lateral kedua lengan. Jadi apa lesi yang mungkin?

Jawabannya adalah Syringomyelia. Yang jika menurut kamus Dorland bermakna:

Sindrom rongga progresif lambat pada bagian sentral medula spinalis, biasanya pada regio cervical, namun kadang meluas ke atas ke dalam medula oblongata (syringobulbia) atau ke bawah, ke dalam regio torakal; ini dapat disebabkan oleh tumor, trauma, infark, atau perdarahan, atau penyebab lain yang tidak diketahui.
Hal ini mengakibatkan defisit neurologis, biasanya kelemahan dan atrofi muskular segmental dengan kehilangan sensorik disiosiasi (kehilangan rasa nyeri dan sensasi suhu, dengan tetap adanya sensasi sentuhan), dan sering terdapat scoliosis torakal.

Kadang-kadangm penggunaan istilah syringomyelia dibatas pada keadaan ini, dengan istilah ‘segmental sensory dissociation with brachial muscular atrophy’ dan ‘syndrome of sensory dissociation with brachial amyotrophy’ yang digunakan untuk kondisi-kondisi yang sama yang dapat berhubungan dengan lesi-lesi atau keadaan patologis lain.

Disebut juga cavitary myelitis, hydrosyringomyelia, Morvan’s syndrome, syringomyelic syndrome, dan syringomyelus.

[end]

Sincerely yours,
Cahya

Homepage: http://legawa.com | Blog: http://catatan.legawa.com | Twitter: @haridiva

Powered by Nokia Mail