Thingamablog pada OpenSUSE 11.3

Namanya mungkin terdengar aneh, Thingamablog – sebuah peranti lunak klien blog multiplatform yang berjalan pada lingkungan berbasis Java. Hal ini membuat Thingamablog dapat dijalankan di Windows & Linux. Kali ini saya memasangnya untuk Desktop Gnome OpenSUSE 11.3 sebagai alternatif Windows Live Writer. Sebelumnya saya sudah mencoba Blogilo di Gnome OpenSUSE 11.2, namun karena memerlukan depedensi KDE, maka kali ini saya berusaha untuk tidak menggunakannya pada Dekstop Gnome saya.

Ada sesuatu yang belum saya pahami tentang Thingamablog, sepertinya dia tidak memerlukan peranti lunak blog pihak ketiga seperti WordPress, Blogspot dan lain sebagainya. Namun – jika saya tangkap dari apa yang disampaikan – peranti lunak ini menciptakan langsung blog di FTP server.

Thingamablog is a cross-platform, standalone blogging application that makes authoring and publishing your weblogs almost effortless. Unlike most blogging solutions, Thingamablog does NOT require a third-party blogging host, a cgi/php enabled web host, or a MySQL database. In fact, all you need to setup, and manage, a blog with Thingamablog is FTP, SFTP, or network access to a web server.

Jadi sepertinya kita hanya perlu menyiapkan sebuah webserver, dan Thingamablog melakukan sisanya.

Untuk memasangnya pada OpenSUSE 11.3, ada dua cara yang bisa digunakan. Pertama memasang langsung dari repositori ‘Contrib Standard‘, caranya dengan menggunakan baris perintah (via Gnome terminal), berikan perintah berikut:

sudo zypper install thingamablog-1.5.1-0.noarch.rpm

Cara kedua adalah mengunduh manual dari situs Thingamablog dan memasang manual di komputer. Cara ini sesuai untuk yang komputernya tidak tersambung langsung ke internet, atau yang memanfaatkan yang mengunduh di komputer lain untuk dipasang di komputernya. Untuk mengunduh, silakan gunakan pranala berikut:

Halaman Unduh Thingamablog

Unduh Berkas Instalasi RPM Thingamablog

Anda akan mendapatkan sebuah berkas RPM bernama thingamablog-1.5.1-0.noarch.rpm, lalu pemasangan bisa dilakukan melalui Gnome Terminal, dengan perintah:

cd /opt

sudo rpm -Uvh thingamablog-1.5.1-0.noarch.rpm

Baik cara pertama maupun yang kedua memerlukan mengunduh berkas instalasi sebesar kurang lebih 11 MB. Dan pasca pemasangan Anda bisa melakukan penyetelan blog sebagaimana yang dipandu dalam manualnya.

Thingamablog for Linux
Build a free blog using Thingamablog

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Cahya Legawa

Iklan

9 pemikiran pada “Thingamablog pada OpenSUSE 11.3

  1. Pak Aldy,
    Thingamablog dan Windows Live Writer memiliki prinsip kerja yang berbeda sama sekali. Jadi saya rasa tidak bisa dibandingkan. Kalau dengan Blogilo, BloGTK, atau Gnome Blog mungkin memang Windows Live Writer memang masih menang.

    Lha, bukannya Windows Live Writer bisa dipasang di Ubuntu?
    Pakai Virtual Machine :D.

    Suka

  2. Gadgetboi,
    Saya saat mencoba Blogiloa (sudah bukan Bilbo Blogger lagi namanya) baik di Gnome atau-pun KDE OpenSUSE 11.2 semuanya lancar saja.
    Tapi pakai fresh install tentunya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.