Indeks Blog di Mesin Telusur

Beberapa narablog menerapkan optimalisasi mesin telusur (SEO) untuk mempermudah blognya terindeks di pelbagai mesin telusur seperti Google, Yahoo, ataupun Bing. Bhyllabus tidak menerapkan ‘aliran’ SEO, bukan karena tidak mau – tapi memang saya tidak tahu cara melakukannya :).

Namun setahu saya, pasca tulisan di blog ini dipublikasikan, maka dalam kurun waktu 30 menit sudah dapat terindeks di mesin pencari Google (tapi kurang tahu untuk mesin pencari lainnya). Jadi sebenarnya saya rasa tidak perlu terlalu direpotkan dengan masalah pengindeksan blog di mesin telusur, karena pekerjaan itu sudah dilakukan oleh mesin telusur dengan baik.

Namun karena saya biasanya menelusuri berkas-berkas lama di blog ini dengan memanfaatkan mesin telusur Google, maka saya juga wajib memastikan bahwa indeks-nya sudah cukup lengkap sedemikian hingga saya tidak kesulitan memanggil beberapa tulisan dengan kata kunci sederhana.

Ada dua konsep – menurut apa yang bisa saya tangkap – untuk dijadikan metode mempermudah mesin pencari mengindeks berkas blog kita. Walau sebenarnya keduanya sama saja menurut saya.

Pertama adalah menggunakan ‘ping service’, pemilik blog WordPress dapat menemukan ini melalui halaman wp-admin/options-writing.php yang berisi daftar update service. Misalnya blog ini menggunakan beberapa layanan pembaruan yang masuk dalam daftar, antara lain:

http://rpc.pingomatic.com/
http://ping.amagle.com/
http://ping.bitacoras.com
http://ping.blo.gs/
http://ping.bloggers.jp/rpc/
http://ping.blogmura.jp/rpc/
http://ping.cocolog-nifty.com/xmlrpc
http://ping.exblog.jp/xmlrpc
http://ping.feedburner.com
http://ping.myblog.jp
http://ping.rootblog.com/rpc.php
http://ping.syndic8.com/xmlrpc.php
http://ping.weblogs.se/
http://pingoat.com/goat/RPC2
http://www.popdex.com/addsite.php
http://rcs.datashed.net/RPC2/
http://rpc.blogbuzzmachine.com/RPC2
http://rpc.blogrolling.com/pinger/
http://rpc.icerocket.com:10080/
http://rpc.weblogs.com/RPC2
http://www.snipsnap.org/RPC2
http://trackback.bakeinu.jp/bakeping.php
http://topicexchange.com/RPC2
http://www.weblogues.com/RPC/
http://xmlrpc.blogg.de/
http://1470.net/api/ping
http://xping.pubsub.com/ping/
http://rpc.pingomatic.com/
http://blogcast.simplaris.com/ping/592b62a52cbfcf6dc43f7e4b998b6393/
http://rpc.technorati.com/rpc/ping
http://ping.feedcat.net/175589-301352-100103

Tentu saja daftar layanan ini tidak baku, tergantung layanan pihak ketiga yang Anda gunakan – dan mungkin kebanyakan daftar di atas tidak tersedia lagi untuk blog ini. Sementara jika tidak perlu terlalu banyak, maka gunakan beberapa saja, Manvahana misalnya – hanya menggunakan dua layanan standar, yaitu:

http://rpc.pingomatic.com/
http://rpc.odiogo.com/ping/

Karena hanya memang kedua layanan itu yang digunakan oleh blog tersebut. Selain dari mesin blog terkait (WordPress, Blogspot dan lain sebagainya) ‘ping service’ juga bisa diatur oleh layanan pihak ketiga, semisal Feedburner, atau jejaring sosial seperti Plurk dan Twitter.

Cara yang lain yang tidak jauh berbeda dengan ‘ping service’ adalah menggunakan layanan webmaster di masing-masing mesin telusur. Beberapa layanan webmaster memberikan pilihan untuk mengajukan halaman peta situs atau arsip situs ke dalam penyetelan yang sepertinya akan memberikan prioritas pada mesin crawl untuk melakukan pembaruan indeks berkala pada halaman tersebut.

Saya rasa ini sudah lebih dari cukup untuk membuat indeks blog pada mesin telusur. Sisanya, ya seperti apa yang narablog kerjakan – yaitu menulis konten bermutu (ah, tentunya tidak bisa disamakan masing-masing selera tiap narablog tentang konten bermutu).

Iklan

16 pemikiran pada “Indeks Blog di Mesin Telusur

  1. rismaka

    Mas cahya,

    setahu saya layanan ping <code&gt ;http://rpc.pingomatic.com/</code&gt; sudah mencakup semua layanan ping pihak ketiga. Bahkan layanan ping feedburner pun sudah termasuk, jadi menurut hemat saya, tidak perlu memasukkan layanan ping lain selain rpc.pingomatic.com

    Lantas bagaimana dengan pembuatan sitemap generator dalam berkas XML mas?

    Suka

  2. iskandaria

    Setahu saya sih, di WordPress.org sudah ada fasilitas ping otomatis. Jadi setiap kita mempublish tulisan baru, otomatis sudah ter-ping. Oya, penggunaan plugin All in One <abbr title="Search Engine Optimization">SEO</abbr> Pack juga sangat membantu mesin telusur untuk lebih cepat mengindeks berkas halaman blog.

    Suka

  3. Mas Rismaka,

    Beberapa layanan setahu saya memang menyarankan ping ke server-nya sendiri. Tapi kalau hanya untuk mesin telusur memang hanya perlu rpc.pingomatic.com. Sedangkan saran ping ke server pihak ketiga hanya untuk bisa tampil di layanan pihak ketiga dengan segera, dan juga nanti biar mesin telusur yang mengindeks di layanan pihak ketiga itu (bukan di blog kita) – CMIIW.

    Kalau generator sitemap.xml kan sudah memiliki ping sendiri ke berbagai server mesin telusur. Tapi kan tetap tergantung setelannya, kalau halaman mukanya disetel buat diindeks sehari sekali, saya tidak tahu apa itu akan berpengaruh pada blog yang diperbarui lebih dari sekali sehari.

    Mas Iskandaria,

    saya tidak menggunakan plugin SEO, karena tujuan saya hanya untuk terindeks, bukan tampil paling depan di daftar telusur google :D.

    Soalnya kalau saya mencari berkas lagi kan pakai google yang hanya khusus mengarah ke situs ini, bukan ke web umum.

    Tapi kalau memang untuk mempercepat pengindeksan itu bisa membantu, saya rasa bisa dipertimbangkan. Tapi saya sedang melakukan pemangkasan plugin di blog saya, jadinya pikir-pikir juga kalau mau menambahkan plugin.

    Suka

  4. Bli Wira,

    Hmm…, saya sendiri tidak tahu, gosipnya sih begitu. Tapi yang jelas pagerank kan bukan mengacu pada pengindeksan, tapi lebih pada tingkat pentalan ke blog tersebut sehingga bisa menempatkannya di posisi teratas pada mesin telusur. – CMIIW.

    Suka

  5. @ wira

    sepertinya PR tidak berpengaruh karena blog saya yang pr 0 bisa terindex kurang dari semenit setiap update. Mungkin yang berpengaruh umur atau backlink, entahlah?

    Suka

  6. TuSuda

    Kalau saya hanya memanfaatkan ping otomatis yang sudah ada di dasboard saat postingan. Selebihnya menulis dengan konten bermutu, kayaknya masih belum bisa, jadi harus belajar terus dari para sahabat. 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.