Komentar Blog Perlu Ditutup?

Siang ini saya tidak begitu heran mendapati pengumuman bahwa borang komentar pada ‘unessential weblog’ ditutup oleh administratornya. Bagi saya tidak masalah menutup komentar, bahkan jika sampai menutup blog sekaligus juga masih sah-sah saja kan?

Biasanya ada beberapa alasan untuk menutup fungsi/fitur borang komentar dalam sebuah blog. Beberapa di antaranya adalah:

Serangan spam

Jika antispam tidak berfungsi, dan perlindungan lain tidak hendak dicoba, maka ada baiknya menutup borang tanggapan. Ini akan menghentikan serangan spam, tentu saja juga menutup kemungkinan masuknya tanggapan yang positif.

Tapi dikembalikan, kinerja server sangat dipengaruhi oleh serangan spam dalam jumlah besar. Jika ingin mengoptimalkan kinerja server, maka mau tidak mau di saat ‘musim’ serangan spam, borang tanggapan sebaiknya ditutup.

Ruangan terbatas

Biasanya pemilik blog pribadi hanya menyewa beberapa puluh hingga ratus megabyte ruang di hard disk server. Kadang ruang ini begitu terbatasnya, sehingga dengan menutup borang tanggapan, maka diharapkan ruang yang tersedia tidak semakin menyempit.

Jika ruang hosting anda serasa menyempit, silakan memilih antara upgrade ruang atau menutup borang tanggapan.

Privasi dan ketenangan

Beberapa narablog memang hanya menyukai menulis, dan membiarkan detail yang lain ‘terlupakan’. Seperti melukis keindahan senja di pinggiran pantai yang hening, beberapa narablog tidak begitu mengharapkan keramaian.

Menggantung lukisannya di galeri pribadi dan membiarkan orang datang melihat, namun tidak menambahkan coretan ke dalamnya, hanya jika memang ada yang benar-benar berminat bisa menghubungi si pelukis langsung, baik hanya sekadar untuk berbincang atau pun mengapresiasi karyanya.

Narablog yang seperti itu juga ada, yah ditutup saja borang tanggapannya, selesai menulis kemudian – lupakan!

Masih banyak sebenarnya alasan lain mengapa seorang narablog menutup borang tanggapannya. Namun ketika itu dirasa diperlukan, mengapa tidak. Tutup saja.

Iklan

26 Comments

  1. hmm..belum ada pikiran untuk menutup kotak komentar, rencana seh ada tapi hanya beberapa tulisan aja yang banyak komentar kontranya…kaloperlu dihapus juga kontennya..blm masih blm dilakukan..hehe

    Suka

    Balas

    1. Mas Ganda,

      Ndak juga Mas, karena dengan DISQUS atau INTENSE DEBATE, komentar tetap saja di-host di server blog, hanya salinannya saja di server pihak ketiga :). CMIIW.

      Suka

      Balas

        1. Mas Ardianzzz,

          Walau dengan javascript tapi loading Disqus sekarang sudah jadi lebih cepat, ada banyak penyesuaian di mesin cron-nya. Saya dengan jaringan hingga 64 kbps tidak menemukan banyak masalah.

          Suka

  2. Sepertinya masih ada beberapa tulisan yang masih terbuka (siang ini juga), kalau mengenai ruangan terbatas sepertinya tidak, katanya biaya lebih murah dari pengeluaran pulsa di ponsel kita, menulis di tempat gratis bisa jadi alternatif.
    Ketenangan & Spam tidak ada komentar ah,…

    Suka

    Balas

    1. Mas Agung,

      Alasannya kembali ke narablog masing-masing. Saya masih belum kepikiran untuk menutup borang komentar, tapi ke depannya, siapa yang tahu?

      ======

      Suka

      Balas

  3. Hmmm, baru tahu kalau borang komentar daniiswara.com ditutup, terakhir berkomentar masih bisa dan ditanggapi.

    Menutup borang komentar adalah hal masing-masing blogger dan dengan pertimbangannya sendiri, yang datang cukup melongok dari luar, kalau perlu toh masih bisa kontak via email.

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.