Opera Mini dan Desain Blog

Narablog yang memiliki blog pribadi (bukan blog komunitas) umumnya memilih desain blognya sendiri, baik dengan menggunakan cetakan yang sudah ada ataupun mendesain sendiri.

Untuk mengetahui apakah blog juga tampak baik di peramban ponsel, maka saya juga perlu mengujinya. Kebanyakan saya menggunakan Opera Mini untuk melihat hasilnya, karena Opera Mini cukup luas digunakan.

Pastikan versi Opera Mini anda termutakhir saat melihat blog anda lewat ponsel. Jika tidak tahu versi yang terbaru saat ini, silakan unduh Opera untuk telepon. Kalau tidak salah, saat tulisan ini dibuat, versi terkini Opera Mini adalah 5.1.21214.

Kalau Anda ingin melihatnya langsung di komputer, cobalah menggunakan Opera Mini Simulator dengan bantuan Java Runtime Environmet. Simulator ini bekerja hampir di semua peramban terkini.

Jika Anda menemukan keraguan, jangan lupa mengecek keramahan blog anda (level of mobile-friendliness) dengan menggunakan W3C mobileOK checker. Keterangan singkat tentang hal ini bisa dibaca dalam tulisan ‘Pembaruan W3C MobileOK Checker’ oleh Dani Iswara.

Dari sisi pengguna, jika Anda memiliki sumber daya yang sedikit lebih, saya sarankan menggunakan peramban Opera Mobile di ponsel.

Gambar di atas menunjukkan penggunaan Opera Mobile Emulator di Windows Vista. Penggunaan Opera Mobile memberikan pengalaman menjelajah web lebih baik dibandingkan dengan Opera Mini.

Sebagai tambahan, Mas Ardianzzz juga menyebutkan bahwa tampilan blog dapat juga dilihat pada simulator iPad di iPadPeek.com. Silakan mencoba.

Iklan

44 pemikiran pada “Opera Mini dan Desain Blog

  1. abdul hakim

    aduh saya ngga ngerti bli… yang pasti saya untuk mobile menggunakan plugin.. oh ya bli aga susah juga menggunakan disqus, selalu eror yang muncul ketika mau submit.. ini malah saya pakai akun disqus saya… abdulhakim.web.id

    Suka

  2. TuSuda

    Semakin berkembang terus teknis cara ngeblog dengan berbagai perangkat lunaknya.
    Saya masih konvensional mengikuti mode bawaan yang ada. Maklum masih gaptek nih. 😀

    Suka

  3. aldy

    Tampilan di iPad dengan simulasi iPadPeek cukup bagus, dengan luasan layar seperti iPad saya kira tidak banyak masalah pada semua blog. Khususnya blog yang hanya satu kolom, tampilan di iPad sangat bagus. Blog ini juga tampil bagus di iPadpeek

    Suka

  4. Agnes Sekar

    Terima kasih info yang menarik saya sudah lama mendambakan seperti itu supaya via BB tetap bisa ngeblog, terima kasih sharing yang bermanfaat, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

    Suka

  5. Ardianzzz, Cahya,

    Saya hanya memakai CSS untuk versi mobil & ukuran layar tertentu. Jadi, dengan antarmuka & 'user experience' yang tidak jauh berbeda dengan versi desktop. Konsep 'One Web' memang tidak harus kaku. Boleh saja menyediakan banyak versi untuk pelbagai perkakas, jika mampu.

    Walau dicegah skrip tertentu, klik kanan dengan cara ctrl+tap/klik kiri tetikus (untuk membuka tautan di tab baru; ctrl+shift+tap di Opera) bisa ngga ya?

    Suka

    1. Bli Dani,
      Oh, ya yang kemarin itu CSS untuk versi telepon dan ukuran layar tertentu ya. Saya kan tidak berminat mendalami CSS :).

      Memang bisa menggunakan <code>ctrl+shift+tap</code> di Opera 🙂

      Suka

  6. Iskandaria

    Kemarin saya coba berkomentar di blog ini via Opera Mini (versi 4.2). Tapi gagal terus mas. Apa emang gak bisa ya? Kalo pake sistem komentar bawaan WP sebelumnya bisa kok.

    Suka

  7. Klik kanan Disabled, huh!
    Saya hendak mengunjungi tautan yang disarankan (opera mini emulator), biasanya saya klik kanan untk membuka di tab baru, di sini tidak bisa.

    Mas Cahya, tidak ada gunanya mematikan klik kanan untuk melindungi konten. Toh konten blog ini masih bisa dibajak oleh mesin semacam WP robot. Kalau ini juga untuk mencoba User experience, saya mendapatkan "Experience yang buruk" barusan. 😀

    Suka

        1. Fad,

          Saya coba di Nokia 3806 CDMA yang notebene bahkan CSS-pun tidak aktif, namun kolom komentar tetap bisa dibuka.

          Memang tampaknya ada bugs dengan Opera Mini, saya sudah kirim laporannya pada pihak Disqus, semoga ada jawaban.

          Rasanya kebanyakan ponsel saat ini terangkai dari sistem S60, Windows Mobile, dan Maemo, sehingga mendukung penggunaan Opera Mobile 10. Versi ponsel canggih seperti Android, iPhone dan Blackberry sepertinya malah tidak mendukung Opera Mobile 10, dan hanya sanggup sampai Opera Mini (mungkin belum dikembangkan hingga ke sana). Coba di cek di http://www.opera.com/mobile/specs/

          Suka

        2. Fad

          Cahya san,
          baiklah nanti saya coba menggunakan Opera Mini…
          namun lewat disqus ini tidak berjalan bagus di Safari 3.2 *versi jadul.. karena saya lebih senang menggunakan safari 3.2.. saya penah menginstall versi terbaru safari 5.. tetapi karena menurut saya tampilannya/kehalusan huruf lebih baik yang di versi terdahulu (dalam tanda kutip yang untuk Jendela), meskipun ada fitur cover flow itu, jadi saya kembali ke versi lama.

          dan saya selalu gagal jika ingin memberi tanggapan melalui safari 3.2 (tanggapan sebagai tamu)

          Suka

    1. Pak Aldy,

      Yang di blog ini terpaksa saya gunakan pengaya, untuk menghindari bugs pada Disqus.

      Karena kelompok perancang plugin WordPress Mobile dan Disqus masih punya kerja sama.

      Suka

    1. Pak Teguh,

      Hanya untuk sekadar mencoba user experience Pak, masing-masing ada kekurangan dan kelebihannya antara yang berbayar dan gratis. Tergantung minat saja :).

      Suka

  8. mungkin saya perlu belajar banyakdgn mas Cahya kalo ingin memiliki blog pribadi nantinya… sementara saya masih menikmati yang gratisan dulu.. dan tampilan wp di operamini sdh ada auto-mobile, jadi lebih friendly n ga berat.. 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.