Seputar Hipnosis

Beberapa waktu belakangan ini cukup ramai diperbincangkan di televisi tentang kejahatan yang menggunakan hipnosis. Sebuah metode yang juga digunakan di dunia kedokteran untuk pelbagai tujuan.

Hipnosis adalah suatu kondisi konsentrasi yang terfokus pada saat di mana seseorang menjadi kurang waspada akan situasi/kondisi di sekitarnya. Hipnoterapi adalah penggunaan hipnosis untuk merawat atau mengobati kondisi-kondisi fisik dan psikologis.

Pada suatu kondisi hipnotik (trance), seseorang bisa jadi lebih mudah menerima sugesti yang dapat membantu mengubah tingkah lakunya. Seorang terapis (hipnoterapis) dapat memulai hipnosis, atau dia dapat mengajari orang-orang untuk menghipnotis diri mereka sendiri (self-hypnosis). Anda juga dapat belajar self-hypnosis dari pelbagai buku yang dijual bebas.

Tujuan hipnoterapis bukanlah guna mengontrol seseorang atau memberikannya jawaban, namun lebih pada membantu orang tersebut untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

Berikut saya kutipkan sedikit tentang self-hypnosis:

Self-hypnosis usually consists of writing or adapting a script to induce hypnosis (including suggestions to help with specific problems), recording the script, and playing the tape to become hypnotized. Some people are more comfortable with self-hypnosis because they are alone throughout the exercise and are in control of all suggestions made during the hypnotic trance.

Hipnosis tidak bekerja atau berpengaruh pada semua orang. Dikatakan bahwa seseorang harus bersedia untuk memusatkan perhatian anda dan mengikuti sugesti dari terapis. Bertolak belakang dengan apa yang banyak dipercayai, Anda tidak dapat dihipnotis secara paksa. Juga, ketika Anda terhipnotis, Anda tidak akan mengikuti arahan yang bertentangan dengan keinginan anda.

Para ahli di dunia medis tidak memahami bagaimana hipnosis bekerja, namun tampaknya hipnosis membuat tubuh seseorang menjadi begitu terelaksasi.

Beberapa orang percaya bahwa hipnosis menyebabkan otak melepas substansi alami yang memengaruhi cara anda merasakan nyeri dan gejala-gejala lainnya. Yang lain percaya bahwa hipnosis bekerja pada pikiran bawah sadar dan membuat anda dapat mengontrol reaksi-reaksi tubuh yang tidak dapat Anda kontrol secara normalnya, seperti detak jantung, tekanan darah, dan rasa lapar.

Lalu apa kegunaan Hipnosis?

Hipnosis tidak ditujukan untuk menyembuhkan suatu penyakit, namun lebih pada meringankan gejala-gejala yang dialami. Hipnosis telah diperlihatkan efektif dalam mengurangi nyeri yang berhubungan dengan pembedahan, paralisis, dan persalinan. Juga, ia digunakan secara luas untuk mengontrol kecanduan pada obat, alkohol, makanan, dan rokok. Hipnosis dapat mengurangi stres dengan meningkatkan relaksasi, memberikan sugesti yang positif, dan menyingkirkan pikiran-pikiran negatif.

Hipnosis dapat membantu penderita dengan kecemasan, insomnia, fobia, obesitas, asma, dan irritable bowel syndrome. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa itu juga bisa membantu mengurangi nyeri-nyeri kanker, nyeri persalinan, mual dan muntah. Pada beberapa kasus, hipnosis dikombinasikan dengan terapi kognitif dan pelbagai teknik relaksasi dan tingkah laku.

Apa hipnosis itu aman?

Saat ini saya tidak tahu apakah ada sertifikasi dan izin resmi untuk mengesahkan hipnoterapis. Maka dari itu penting guna menemukan seorang profesional kesehatan yang pernah berlatih secara mendalam dan berpengalaman dalam hipnoterapi. Banyak psikologis, konselor, dokter, dan dokter gigi memiliki pengalaman dalam hipnoterapi.

Self-hypnosis dipertimbangkan sebagai sesuatu yang aman, bahkan ketika dilakukan oleh mereka yang belum berpengalaman. Tidak pernah ada laporan kasus setahu saya yang menyatakan bahwa ada kecelakaan atau akibat buruk oleh self-hypnosis. Namun sudah jadi panduan baku, bahwa jangan melakukan self-hypnosis ketika sedang melakukan aktivitas di mana Anda perlu kewaspadaan tinggi, dan kecepatan respons untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya ketika berkendara, mengoperasikan mesin, dan mengawasi bayi atau anak-anak.

Selalu beritahu dokter anda bahwa Anda sedang menggunakan terapi alternatif atau jika Anda berpikir untuk mempertimbangan terapi alternatif yang dikombinasikan dengan terapi medis konvensional. Mungkin tidak sepenuhnya aman melupakan begitu saja terapi medis konvensional dan bergantung pada suatu terapi alternatif.

Tulisan ini diadaptasi dari “Hypnosis”.

Iklan

9 Comments

  1. Pak Aldy,

    Dalam pengetahuan saya yang minim tentang psikoterapi, saya tidak melihat pernah ada efek negatifnya. Karena ini seperti alat membangkitkan potensi yang sebenarnya sudah ada (bukan menambah). Misalnya setiap orang punya potensi untuk berhenti dari kecanduan rokok, tapi susah, nah hipnoterapi membuka potensi ini dengan metodenya sendiri.

    Jika pun ada efek samping hipnoterapi adlah tidur lebih lelap, perasaan lebih tenang, dan lebih percaya diri dalam mengerjakan sesuatu.

    Pun demikian, saya pernah membaca ada sedikit yang melaporkan bahwa pasca hipnosis mengalami pusing dan mual ringan, tapi kasusnya sangat jarang. Kondisi ini pun akan membaik dengan sendirinya.

    Suka

    Balas

  2. Mas Cahya,
    saya pernah disarankan menjalani terapi hipnotis untuk mengurangi ketergantungan terhadap rokok dan insomnia yang saya derita. (*sejak earth hour tempo hari, insomnia sudah banyak susut).
    Saya belum menjalaninya, walaupun saya sudah melihat bukti bahwa hipnotis mampu mengurani ketergantungan terhadap rokok.
    Mohon dikit bocoran, secara medis ada implikasi negatif?

    Suka

    Balas

  3. Bli Cahya,
    saya sedang mempelajari hal ini, walaupun sebatas mencoba memasukkan sugesti2 positif ke dalam pikiran.. ijin simpan di folder saya ya Bli.. 🙂

    Suka

    Balas

  4. Mas Asop,

    Saya sih cuma bisa geleng-geleng pas nonton pemutaran ulang rekaman kamera pengawas, dan manggut-manggut dengar ahlinya berbicara, soalnya tidak ngerti juga.

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.