Membuat Tweet Button Sederhana

Narablog ada beberapa yang gemar menambahkan tweet button di blog mereka guna berbagi dengan para pengguna media sosial twitter. Selama ini saya melihat kebanyakan pengguna WordPress (pada hosting sendiri) memanfaatkan pelbagai pengaya yang bisa membantu.

Tentu saja pengaya akan memperbesar ukuran berkas yang terpasang di server, dan memberikan beban lebih banyak pada performa blog – lha, setidaknya begitu yang saya dengar.

Maka saya mencoba melihat opsi lain yang bisa digunakan. Hingga saya tiba di halaman panduan resmi membuat tombol berbagi ke twitter (twitter.com/goodies/tweetbutton). Sebagai pemula, saya merasa dipandu dengan baik pada halaman tersebut. Dengan memberikan pilihan terhadap beberapa setelan yang diajukan, sistem akan membuatkan kita kode HTML yang bisa disalin ke baris-baris dokumen PHP pada halaman blog yang kita inginkan.

Misalnya saja dengan menggunakan kode berikut:

<a href="http://twitter.com/share" class="twitter-share-button" data-count="none" data-via="haridiva">Tweet</a>http://a%20href=

Maka saya akan mendapatkan sebuah tombol mungil berikut:

http://platform.twitter.com/widgets.js

Saya memilih bentuk ini karena sederhana, dan ukurannya yang kecil bisa ditempatkan di pojok manapun tanpa terlalu menyolok. Tentu saja pengguna bisa menambahkan pilihan lain, misalnya seperti tampilan jumlah yang sudah membagi tulisan terkait di twitter – namun saya tidak menggunakannya karena saya tidak melihat fungsi yang cukup bermanfaat baik di sisi admin maupun pengguna.

Saya juga tidak memasangnya pada setelan untuk peramban ponsel, karena saya rasa pengguna ponsel tidak memerlukannya.

Saya rasa aplikasi serupa juga bisa digunakan di pelbagai mesin blog lainnya atau pun pada CMS yang berkesuaian.

Iklan

22 pemikiran pada “Membuat Tweet Button Sederhana

  1. Sebenarnya tweet button bisa dibuat secara manual dengan link biasa. Masalahnya terkadang URL situs terlalu panjang sehingga perlu integrasi dengan pemendek URL.

    di TxP terdapat plugin semacam itu, jadi tidak begitu masalah. 🙂

    Suka

  2. Mas Ardianzzz,

    Memang jika secara manual dibuat akan terbentur dengan pemendek URL-nya, saya sebenarnya lebih suka menyerahkan pemendek URL pada layanan seperti bit.ly dibandingkan bawaan Twitter.

    Pak Huang,

    He he…, saya lebih suka Plurk :).

    Suka

  3. Agung Pushandaka

    Hmmm mas, banyak banget tips yang anda bagi di blog ini. Tapi jadi mentok di saya karena daya jelajah saya di dunia maya kurang banget. Sampai sekarang, saya blum tertarik untuk punya akun twitter.

    Suka

  4. Mas Pushandaka,

    Saya hanya pemula, biasa saya menulis ini untuk catatan sendiri saja, sekaligus mengarsip seputar apa yang pernah saya pelajari tentang blog.

    Twitter ndak begitu perlu toh Bli Gung? Saya hanya membuat agar tidak dibajak oleh orang lain, gawat kan nanti ada yang buat akun atas nama kita :(.

    Suka

  5. satrya

    Bisa juga manual seperti kata mas ardi, namun harus menmabah sedikit code di functions.php , code untuk pemndek URL nya 😀 , baik fungsi untuk tinyurl atau bit.ly 😀

    Suka

  6. Mas Satrya,

    Saya kan bukan ahli markah php seperti Mas Ardianzzz dan situ 😆 – jadi saya pakai apa yang ada saja, biar uban di kepala saya ndak nambah banyak :D.

    Aming,

    Kata 'thanks' masuk ke moderasi admin, biasanya sering digunakan oleh human spammer sih :D.

    Suka

  7. Sugeng

    Kembali aku cuma sebagai penonton saja di info terbarunya dokter Cahya, apa bisa digunakan di blogku yang gratisan ya 😕

    Salam hangat seta jabat erat selalu dari Tabanan

    Suka

  8. Pak Sugeng,

    Kalau WordPress dan Blogspot sudah ada fiturnya sendiri, alias sudah terintegrasi, tinggal diaktifkan saja nanti muncul sendiri. Hanya saja kita tidak bisa bebas menentukan posisi peletakannya :).

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.