Siklus Update Terlalu Kenceng

Pagi ini saya mendapatkan surel notifikasi dari filehippo.com yang memberitahukan beberapa update (pembaruan) peranti lunak yang saya gunakan di Windows Vista saya.

Dua di antaranya adalah dari Mozilla, yaitu Thunderbird 3.1.4 dan Firefox 3.6.10. Padahal rasanya baru beberapa hari yang lalu memperbarui dari versi yang bernomor urut selisih 0.0.1 di bawahnya. Rasanya siklus pembaruan seperti ini terlalu kencang (maaf judul memang sengaja tidak dibuat dalam bahasa baku).

Saya sebenarnya sih tidak keberatan, karena saya menggunakan fitur automatic update yang bisa mengurangi jumlah berkas pemasangan pembaruan yang diunduh dari server masing-masing. Misalnya memperbarui Firefox dari versi 3.6.9 ke 3.6.10 jika manual mengunduh berkas instalasi stand alone, maka berkas unduhnya mencapai 8 MB, sedangkan dengan cara otomatis hanya 2,7 MB saja.

Tapi rasanya konyol juga kalau terus menerus kejar-kejaran dengan pembaruan peranti lunak.

Iklan

11 pemikiran pada “Siklus Update Terlalu Kenceng

  1. Mas Is,

    Saya kalau di Linux tetap menggunakan Firefox, meski lebih berat daripada Opera & Chrome, tapi masih tetap merespons dengan baik. Karena rasanya kebanyakan bugs hanya 'berlaku' untuk sistem operasi Windows :lol:.

    Suka

  2. iskandaria

    Saya malah pakai Firefox versi 4.0 Beta 4. Tapi masih suka hang (not responding). Berat banget kayaknya. Untung aja si Chrome dan Opera lebih ringan.

    Suka

  3. JoO

    hehehe setau saya pembaruan itu sangat bagus.. bahkan saya orang yang seneng banget kalo ada pembaruan, coz… pastinya lebih baik dari sebelumnya… kalo gag tingkat ke stabilannya ato kecepatannya… biasanya fitur tambahannya lumayan membantu…

    Suka

  4. kikakirana

    QK juga sering seperti itu,,, minta di update terus 😦 parahnya QK nggak ngerti mesti diapain coz QK bisanya cuman make doank :mrgreen:

    gag HIDUP!!! dah :mrgreen:

    Suka

  5. Pak Aldy,

    Firefox biasanya semakin banyak diupdate semakin sering crash. Kadang saya perlu hapus dulu sampai ke registry-nya, baru kemudian dipasang lagi (fresh install). Yah, itu risiko open source.

    Suka

  6. Aldy~PF

    Yang pasti ini perbaikan dari versi sebelumnya Mas, saya tidak tahu apakah teman-teman yang lain mengalaminya.

    FX versi 3.6.8 dan 3.6.9 yang saya gunakan sangat sering mengalami crash.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.