FourSquare untuk Nokia

Memang sudah cukup lama akhirnya Nokia menyediakan aplikasi khusus untuk mengelola jejaring sosial berbasis lokasi – Foursquare pada Symbian OS-nya. Dan saya hanya baru sempat mencobanya karena penat semalam dengan acara Haloween (malah tetangga nonton Resident Evil 4 di kamarnya) yang tidak begitu menyeramkan.

Aplikasi ini dirancang untuk Symbian 5.0 dan Symbian 3.2, sayangnya ponsel Nokia E71 saya belum diperbaharui firmwire-nya sehingga masih pada versi lawas 3.1. Tapi ya saya coba saja.

Ah, terus terang saya agak kecewa dengan aplikasi ini. Tahu begini sih, lebih nyaman menggunakan edisi mobile-nya via Opera Mini. Entah mengapa bahkan dalam jaringan HSDPA-pun tampaknya agak sulit membuka aplikasi ini, dan terkesan berat. Kemudian saya tidak tahu apakah aplikasi ini terintegrasi dengan GPS atau tidak, tapi lokasi terdekat yang disarankannya bisa berjarak beberapa kilometer, ya ampun yang benar saja.

Foursqure pada Nokia berbasis Maemo

Tapi sebagaimana ditulis dalam “Foursquare for Symbian”, aplikasi ini masih berada dalam tahap pengembangan, jadi ya memang banyak yang perlu dibenahi. Memang pengembangan untuk Symbian lebih lambat, karena lebih konon lebih sulit mengembangkan aplikasi di Symbian dibandingkan pada sistem operasi yang dimiliki iPhone dan Androids.

Saya melihat aplikasi ini cukup menarik dari segi antarmuka penggunannya, sayang aplikasi ini cukup berat. Tapi bagi para penggemar jejaring sosial yang satu ini, layaklah untuk dicoba. Apalagi tersedia secara gratis.

Aplikasi ini bisa langsung diundih dari Ovi Store (Foursquare on Ovi), dan pemilik ponsel Nokia bisa langsung menikmatinya. Berkasnya tidak terlalu besar, hanya 5 MB saja.

Tapi sementara ini saya lebih suka menggunakan Waze untuk melacak posisi, karena integrasinya dengan GPS lumayan bagus, apalagi versi 2.0 baru saja dirilis. Atau bagi yang memiliki cukup dana, mungkin Gravity bisa dicoba, karena melihat dari versi trial-nya, aplikasi ini cukup bagus untuk seri aplikasi berbayar, mengintegrasikan Facebook, Twitter dan Foursquare secara apik pada ponsel Nokia, tentunya tidak terlalu berat.

12 tanggapan untuk “FourSquare untuk Nokia

  1. beri komentar dong,
    aku pake E71, gimana caranya sih pake foursquare?
    klo aku liat di beranda fb-ku tmen2 kita suka check-in & ngasih status,, ato karena harus pake BB ya…

    Suka

    1. Andi,
      Pertama tentunya harus registrasi dulu dan punya akun Foursquare. Kemudian bisa cek-in dan mengisi status dari ponsel (semua jenis) dengan menggunakan peramban ponsel, dari halaman foursquare mobile.
      Untuk Nokia, ada aplikasi tersendiri, silakan cek di: http://store.ovi.com/content/56750, tapi jika menggunakan Blackberry, bisa dilihat aplikasinya di: http://foursquare.com/devices/blackberry.

      Cek in dan membuat status caranya mirip dengan update status via facebook atau twitter.

      Suka

  2. masa SE dibilang ponsel china bli?? sepengetahuan saya bukan… tapi memeng ada bagian2 yang di buat di china… kaya macbokk juga dengar2 bagian2nya dibuat di sana…

    Suka

  3. Pak Aldy,

    Saya masih lebih suka pakai Opera Mini daripada aplikasinya langsung :).

    Mbak Nunik,

    Sebenarnya kurang praktis sih, karena tidak semua situasi kita bisa check in, masa sambil belanja ke pasar dan bawa banyak barang, bayangkan jika mesti check in di masing-masing pedagang, ha ha… :D.

    Fad,

    Itu masalah teknologi. Kalau di ponsel, pengguna Blackberry, iPhone, atau Androids mungkin tidak akan menemukan banyak masalah seperti pada pengguna Nokia, Motorola apalagi ponse China itu 🙂 – kalau di PC, maka peramban yang mampu mendukung HTML 5 adalah yang paling mumpuni.

    Kiky,

    Saya juga malas menggunakannya. Memang waze saat ini lebih pas kalau kita tidak tahu nama lokasinya, tapi kalau ingat lebih enak pakai mobile foursquare dari Opera Mini :).

    Suka

  4. Pernah nyoba install foursquare for nokia d e75 dan hasilnya ga bisa masuk", muterrr terus. Kalopun bisa log in, itu karena tersambung ma koneksi wifi dan setelah di gugel" lagi, emang aplikasi ini ga kompatibel ma smua jenis hp nokia.

    Skrg sih jadinya make waze.Lmyn lah bisa mapping gt dan ga bikin berat hp ny 🙂

    Suka

  5. Wah sesama pengguna E71 neeh…

    Saya pake gravity, nge-lock GPS nya cepet..hehe. Kalo 4SQ for Nokia, hadeh, mlungker-mlungkernya kelamaan.. 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.