Navigasi Antar Tulisan Blog

Sebenarnya saya hendak memasang pranala untuk tulisan sebelum dan sesudah dari tulisan yang tampil pada halaman tulisan tunggal (next & previous link navigation), karena pada tema Modernist yang baru saya coba, navigasi ini tidak tampil secara aslinya.

Kalau dipikir-pikir pranala navigasi seperti rasanya sudah umum ada di banyak tema yang sudah dibawa dengan sendirinya. Sayangnya tema yang baru saya cicipi ini tidak banyak memiliki “kemudahan” dari unsur navigasi blog-nya, bahkan tidak ada clickable link menuju homepage, kecuali dengan beberapa setelan tanpa memasang gambar pada header. Karena tidak ahli dalam markah PHP, saya memutuskan mencomot contoh markah yang sudah ada.

Kali ini saya sontek dari Codex WordPress yang berjudul “Next and Previous Links”. Kode yang saya gunakan adalah:

Kode ini akan tampil seperti gambar di bawah:

Sederhana memang, tapi cukuplah untuk sekadar navigasi. Setidaknya saya tidak perlu terlalu pusing.

Iklan

12 pemikiran pada “Navigasi Antar Tulisan Blog

  1. Mas Is,

    Sebenarnya tidak banyak digunakan, saya juga setuju itu. Tapi kadang saya menggunakan di blog yang sering saya kunjungi, misalnya yang tidak menerapkan langganan tanggapan, atau saya tidak berlangganan tanggapan di sana karena komentarnya terlalu ramai.

    Jadi saya suka mundur satu halaman ke belakang dan melihat apa tanggapan saya sudah mendapat jawaban atau tidak. Kalau di blognya Mas Is kan ada kiriman surel otomatis, jadi saya selalu tahu kalau ada balasan :).

    Lokasinya memang mepet dengan adsense (biar sengaja salah klik? He he…), sebenarnya ingin membuatnya jadi paragraf baru, tapi belum saya coba. Terima kasih buat masukkannya Mas Is.

    Bli Dani,

    Screen reader user? Please access <code>m.catatan.legawa.com</code>, we provide a better view for screen reader user (sepertinya sih) :lol:.

    Ah iya nih, kok Bli Dani pakai Windows ya, seperti sedang menyaksikan keajaiban dunia :D.

    Suka

  2. iskandaria

    Bli Dani,

    Tumben nih menggunakan OS Windows? Pemakaian entitas numerik setahu saya juga untuk antisipasi pada peramban yang lebih strict/ketat (seperti Opera).

    Suka

  3. iskandaria

    Oya, posisi navigasi antar tulisan di blog ini kayaknya terlalu mepet dengan iklan google itu. Jadinya kurang bisa terbaca dengan baik. Perlu spasi lebih renggang lagi.

    Suka

  4. Pak Aldy, Cahya,

    Kecuali menambah jumlah tautan dan sedikit masalah keterbacaan di 'screen reader' (coba akses tanpa CSS), navigasi entitas numerik cukup baik.

    Pakde Harry (side22 dot com) pernah ngoprek model navigasi di WordPress ini.

    Suka

  5. iskandaria

    Saya malah mencopot navigasi tersebut mas. Soalnya mubazir menurut saya. Tak lain karena saya sudah memasang navigasi 7 posting terbaru di setiap halaman single 😛

    Suka

  6. Pak Aldy,

    Saya tidak hapal seluruh kode yang menggunakan sistem numerik, dan malas lagi membuka catatan lawas. Jadi asal comot adalah pilihan yang baik bagi saya (alasan) :D.

    Oh ya, memang hurufnya kecil, kecuali dibuatkan CSS fungsi sendiri ya? Atau diganti jadi elemen header? Tapi jika hurufnya dibesarkan apa tidak tumpang tindih nanti jika ada dua artikel dengan judul lumayan panjang (kecuali, cuma dibuat jadi next dan previous post beneran tanpa judul)?

    Padahal tulisan kecil juga susah bacanya, hmm…, tapi itulah fungsi <code>Ctrl +</code> :lol:.

    Suka

  7. Fadhly

    Iya mas cahya, theme saya juga sudah mendukung fasilitas tersebut. Jadi g perlu repot2 lagi untuk mengaktifkan plugin atau memasang script ke dalam theme… :mrgreen:

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.