Bhyllabus dan Charlene

Seperti yang Anda dapat lihat, Bhyllabus memiliki beberapa perombak besar (yang tidak penting) belakangan ini. Kami menyimpan “The Erudite” untuk sementara waktu, dan tampilan yang baru adalah “Charlene” sebuah tema versi beta yang dibangun oleh Papertree Themes.

Charlene dibentuk sebagai tema minimalis, bahkan ia tidak membawa navbar (baris navigasi) sendiri. Jadi beberapa orang mungkin yang terbiasa dengan navigasi standar seperti pada “The Erudite” akan tidak terbiasa.

Saya mengeluarkan daftar halaman di bilah sisi bagian atas, ini adalah navigasi utama dalam blog. Arsip, tentu saja sumber penelusuran berharga untuk tulisan-tulisan lawas.

Saya menambahkan bottom bar pada bagian bawah blog (ya, namanya juga bottom) yang berisi akses menuju beranda blog (home), tulisan terakhir & terpopuler masing-masing 10 judul, 10 tanggapan terakhir, dan tunggu dulu, di sana juga ada tombol klik untuk tulisan acak – klik! – dan Anda tidak akan menduga ke mana Anda akan dibawanya (ah, ini lebih seru daripada hanya sekadar menampilkan judul acak bukan?).

Sistem post share juga ada di bottom bar, saya menyediakan beberapa yang jaringan seperti twitter, facebook, digg dan lain sebagainya. Jika Anda malas menggunakan papan ketik untuk kembali ke atas, maka di bottom bar juga tersedia back to top button, tinggal klik dan Anda akan kembali ke puncak.

Tentu saja Anda juga bisa memanfaatkan tombol pintas pada papan ketika Anda. Misalnya “Home” untuk kembali ke atas, “Page Up” untuk bergulir ke atas, “Ctrl D” untuk menyimpan (bookmarking) pada Windows, dan jika huruf terlalu kecil bagi Anda, maka “Ctrl +” akan membantu membesarkan ukurannya. Jika artikel terlalu panjang dan Anda bosan menggulung roda tetikus anda, gunakan auto-scrolling dengan tombol tengah tetikus, maka tulisan akan bergulir dengan sendirinya.

Dan masih banyak jalan pintas lainnya, monggo dibuka-buka kembali buku panduan saat kursus komputer dulu :D.

Charlene juga memberikan Bhyllabus kesempatan meletakkan latar dengan elemen gambar di dalamnya. Sebenarnya saya menyukai tipe grunge yang agak gelap, tapi ha ha…, sepertinya saya diprotes terus. Sehingga kali ini, tampilan “light floral pattern” yang menjadi pilihan. Ah, tapi saya lupa di mana mendapatkannya, biasanya ada banyak situs yang menyediakan pattern indah, misalnya Din Pattern.

Tidak suka melihat tampilan blog dengan latar gambar? silakan nonaktifkan penampilan gambar pada peramban anda. Jika Anda pengguna Opera, pasti sudah tahu bagaimana mengatur ini dengan mudah.

Dan tentu saja, sebenarnya tidak berubah, tapi Anda bisa melihat ada Disqus lagi di sini – ini seperti konsep awal blog ini ketika masih diasuh di pangkuan blogger. Jika Anda bertanya mengapa Disqus? Mungkin Anda sudah tahu jawabannya.

Blog ini tidak sempurna, saya tahu itu. Tapi, hmm…, rasanya cukup dulu sampai di sini. Or did I forget about anything else?

Iklan

13 Comments

  1. sedikit saran buat disqus nya nih, bisa ngga ya, textbox untuk pengisian alamat website secara default ditampilkan? soalnya pas ngasih komen, kalau ngga teliti bisa lupa ngeklik link "Optional: Link to your website" untuk menampilkan textbox itu, akhirnya alamat linkback nya gak keisi deh…

    Suka

    Balas

  2. Mas Cahya,

    Kemarin kan sudah saya baca-baca dulu konten itu dengan ponsel–masih bernuansa hijau gitu, jadi ndak bisa melihat perombakan besar tersebut hehe…. 😀

    Suka

    Balas

    1. Mas Agung,

      Tentu saja, karena versi ponsel dibangun dengan WordPress Mobile Pack. Jadi tidak masalah walau versi dekstop-nya berubah tidak akan mempengaruhi versi ponsel.

      Suka

      Balas

  3. Hmmm… bagus, lebih jernih hehe. 😀 paling tidak saat ini tidak ada yang protes dengan tema 'gelap-gelapan'. Tapi ya itu koneksi 3 masih harus bersabar menunggu waktu muat DISQUS (ah, sambil buka tab baru)

    Suka

    Balas

    1. Bli Artha,

      Terima kasih, oh…, kalau mau memasukkan alamar URL blog juga ada di situ, setelah memasukkan nama dan alamat surel. Hanya saja tidak tampil secara default, karena tidak semua orang punya website.

      Suka

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.