Tumblr di Domain Pribadi

Blog di domain sendiri adalah hal yang nyaman, dan hampir semua mesin blog bisa dipasangkan pada domain pribadi – dan khusus untuk tumblr, caranya cukup mudah.

Pertama-tama tentunya Anda harus menyiapkan domain sendiri, seperti saya yang menggunakan domain “legawa.com” ini. Tentu saja saya tidak bisa memasangnya di #root domain, melainkan saya harus membuat subdomain (karena #root sudah saya gunakan untuk website).

Langkah-langkahnya sangat mudah. Pertama masuk ke kontrol panel (CPanel). Kemudian daftarkan “A Record” untuk menunjuk ke alamat IP 72.32.231.8. Jika Anda sudah membuat subdomain terlebih dahulu atau sudah memutuskan membuat domain utama, maka “A Record” tinggal disunting saja. Dan untuk ini Anda perlu mengakses menu “Advance DNS Zone Editor”.

Nah, misal nama domainnya ada belog.name, maka coba dalam “Zone File Record” pasca penyuntingan akan terisi dua data:

  1. Name: belog.name | TTL: 14400 | Class: IN | Type: A | Record: 72.32.231.8
  2. Name: http://www.belog.name | TTL: 14400 | Class: IN | Type: A | Record: 72.32.231.8

Yang diubah hanya “Record” saja dengan tipe A.

Nah, mungkin ini akan memakan waktu hingga 72 jam, tergantung server yang Anda miliki. Atau bisa saja segera, seperti pada subdomain yang saya siapkan di domain ini. Saat siap jika mengakses belog.name, maka akan menuju ke halaman tumblr, atau untuk memastikan silakan mengecek dengan “custom domain test tool”.

Sekarang masuk ke tumblr dan klik customize”. Di bawah setelan “Info”, nama blog Anda (lihat gambar di bawah langkah 1), lalu pilih “setting” dan centang “Use a custom domain setting”, lalu masukan nama domain Anda, misal pada contoh di atas, belog.name. Lalu klik “Save Changes”. Dan jika semuanya benar, maka belog.name sudah seharusnya menunjukkan domain blog anda saat ini.

Contoh menyetel domain kustom via Tumblr

Silakan klik gambar untuk memperbesar tampilannya jika kurang jelas menurut Anda,

Silakan klik gambar di atas untuk melihat contohnya pada blog tumblr saya yang sudah berada di domain pribadi. Jangan khawatir, ini hanya contoh saja, dan cukup ringan diakses. Dan tidak (belum?) dilengkapi dengan borang tanggapan, jadi pengunjung hanya bisa jadi pembaca saja.

Anda akan melihat blog yang sederhana, dengan tipografi yang apik, dan tentu saja tiap jenis tulisan berbeda dan tampilan yang berbeda, contoh gambar di atas adalah publikasi tipe “Quotation Post”, jadi khusus untuk menampikan kutipan.

Panduan lengkapnya bisa dilihat di artikel “Tumblr: Using a custom domain name”.

Iklan

8 Comments

  1. Sekarang masuk ke tumblr dan klik “customize”. Di bawah setelan “Info”, centang “Use a custom domain setting”, lalu masukan nama domain Anda

    di tumblr saya kok ngga ada bagian untuk centang “Use a custom domain setting”?

    Suka

    Balas

    1. Agung, seperti di tumblr baru ada perubahan cara penyetelan, maaf saya lama tidak lihat tumblr lagi.

      Saya sudah perbarui tulisan saya ini dengan tambahan gambar yang bisa memandu menemukan di mana mesti mencentang “use a custom domain name“, semoga bisa membantu.

      Suka

      Balas

  2. klo pke domain sendiri itu kan IP nya di arahin ke tumblr. nah tp email dengan domain yg saya punya g bisa terima email cuman bisa ngirim aja. knp ya

    Suka

    Balas

    1. Adhrian, maaf, tapi setahu saya yang namanya surat elektronik pasti memiliki protokol untuk menerima (POP/POP3/IMAP) dan protokol pengirim pesan (SMTP), coba dicek apa ada masalah dengan protokol penerimaan surat elektronik.

      Suka

      Balas

    1. Treakk,
      Saya bukan desainer web, semua desain saya ambil dari pendesain yang memberikannya dalam lisensi creative commons, paling saya menyumbang terjemahan saja – misalnya untuk desain blog ini.

      Suka

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.