Antivirus Paling Laris 2010

Selama ini terus terang saya selalu melihat AVG yang sering kali berada di puncak papan atas software antivirus yang paling banyak diunduh di beberapa situs unduhan terkenal. Setidaknya saya masih ingat bahwa sekitar tahun 2005-2006 di kampus saya, memang AVG adalah antivirus yang paling populer dan paling banyak digunakan. Saya hanya pernah mencoba sekali, dan kemudian langsung pergi – saya rasa ketika itu ada yang tidak pas saja.

Setidaknya mungkin di awal tahun 2010, AVG memang masih termasuk yang berada di puncak. Tapi bagaimana dengan keseluruhan tahun 2010. Antivirus mana yang paling banyak diunduh?Saya baru saja membaca di blog avast, bahwa avast! telah menjadi antivirus yang paling banyak diunduh pada tahun 2010.

In total, we did really well in 2010! Combining all downloads from the sites we measure,  avast! is the MOST downloaded free antivirus with a total of 141,320,488 downloads.   AVG came second with 132 million, followed by 105 million downloads of Avira.

Yah, setidaknya ini tahun yang baik untuk avast sebagai salah satu vendor antivirus yang sudah cukup tua. Ini mungkin tahun ke-6 atau ke-7 saya sebagai pengguna avast!, beberapa tahun awal saya menggunakan versi gratisnya, dan dua tahun terakhir ini saya menggunakan versi bebayar sebagai tanda dukungan saya terhadap avast.

Saya masih ingat 3-4 tahun lalu, masih banyak yang skeptis di sekitar saya tentang antivirus yang satu ini. Ya, itu era ketika AVG dan Antivir/Free Avira masih banyak penggunanya. Mereka bahkan berkata bahwa avast! bukanlah sebuah merk yang dapat dipercaya (terkenal).

Saya rasa apa yang dicapai avast saat ini adalah sebuah perjuangan panjang, berdiri pada tahun 1988, sebagai sebuah badan usaha awal yang memberikan kewaspadaan terhadap keamanan komputer. Bahkan di tahun 1995, avast! menjadi antivirus pertama yang tersedia untuk Windows 95.  Di tahun 1996 menjadi salah satu tiga antivirus pemenang VB100 award, yang ketika itu sangat langka. Bahkan di tahun 1997 menyediakan mesin antivirusnya untuk McAfee yang terkenal itu (pengguna McAfee mungkin mesti berterima kasih).

Sepuluh tahun kemudian, sekitar tahun 2006, Avast memiliki lebih dari 20 juta pengguna di seluruh dunia, dan dalam selang 5 tahun kemudian, yaitu kini, avast memiliki lebih dari 130 juta pengguna di seluruh dunia (wow, mungkin itu sekitar separuh penduduk negeri ini).

Berbeda dengan antivirus lain, avast tidak mengalokasikan banyak dana untuk pengiklanan. Anda bisa melihat banyak antivirus lain beriklan – termasuk memasang paket antivirus mereka di komputer/laptop yang baru dibeli pengguna (trial), tapi tidak avast. Dana avast lebih banyak digunakan untuk penelitian, pengembangan sistem keamanan, dan membangun ahli-ahli di bidang keamanan. Kekuatan lain avast adalah komunitasnya, seperti saya dan pengguna lainnya, komunitas-lah yang menyediakan sampel malware, pelaporan serangan virus, hingga pendataan bug.

Avast jelas bukan open source, tapi kekuatan komunitas yang dibangunnya sebanding dengan semangat para pengguna open source. Tanpa banyak iklan, maka avast percaya bahwa komunitas-lah yang akan membantu mereka menjadi antivirus nomor satu dengan kualitas keamanan yang dapat dipercaya. Itulah sebabnya avast dan Google Chrome bergandengan karena memiliki semangat serupa. Jika komunitas menemukan manfaat dari penggunaan avast, maka program itu sendiri akan menyebar secara alami tanpa perlu banyak iklan.

Dan saya rasa kini avast sedang mulai memetik upaya kerasnya selama bertahun-tahun, sebuah perusahaan kecil di Ceko, dengan jaringan yang mendunia. Itulah mengapa saya tidak tertarik dengan antivirus lain, meski misalnya menggunakan bintang iklan dari aktor laga favorit saya, meski dengan data akurasi dan efektivitas yang lebih baik dari avast. Karena dalam komunitas avast, setiap anggota dihargai sebagai bagian yang turut membangun program ini menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Seakan-akan seorang pengguna juga merasa ikut menggunakan hasil jerih payahnya, bukan hanyasekadar pengguna yang membeli produk berkualitas.

Smart user, advance protection, and great community – the best things in experiencing with avast.

  Copyright secured by Digiprove © 2011 Cahya Legawa

Iklan

3 pemikiran pada “Antivirus Paling Laris 2010

  1. iskandaria

    Saya juga masih setia dengan avast hingga saat ini. AVG sudah saya hapus dari Win XP saya. Walau masih menggunakan yang versi gratis, cukup membuat saya merasa aman. Beberapa kali malware terdeteksi ketika saya mencolokkan flashdisk. Langsung diblok oleh Avast.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.