Alternatif Feed Daemon untuk Suse Linux

Jika Anda berlanggan banyak RSS melalui pemasok RSS (yang disebut “Feed”), mungkin Anda memerlukan suatu pembaca pasokan yang disebut “feed reader“.  Ada banyak feed reader yang terkenal, misalnya secara daring ada Bloglines, BlogRoll dan Google Reader. Tentu saja ada juga yang berupa desktop client, di Windows salah satu yang paling populer adalah Feed Daemon, tentu saja ada yang lain tergabung dalam klien surel misalnya pada Windows Live Mail, Microsoft Office Outlook atau Mozilla Thunderbird.

Saya sendiri menggunakan Feed Daemon sudah cukup lama, karena membantu di jaringan atau koneksi Internet yang lambat pun masih bisa mengakses pasokan RSS. Apalagi memiliki kemampuan sinkronisasi dengan Google Reader, yang biasanya memang saya gunakan untuk memasok RSS dari sebuah situs atau blog (jika tidak tersedia berlangganan via surel).Lalu bagaimana dengan sistem operasi OpenSuse, apakah ada alternatifnya? Sebenarnya ada cukup banyak alternatif Feed Reader di Linux yang juga bisa diterapkan pada OpenSuse. Ada Liferea (Linux Feed Reader), RSSOwl (bisa untuk Windows & Mac juga), RedAir (berasis Adobe AIR), aKregator (untuk desktop KDE), dan tentu saja Mozilla Thunderbird. Selain itu ada beberapa lagi seperti Naufrago! dan NewsFox, meski mungkin penggunanya tidak banyak.

Setahu saya yang memiliki sinkronisasi dengan Google Reader adalah Liferea & RedAir. Tapi pada OpenSuse Linux, saya memilih menggunakan Liferea. Saya rasa karena sistemnya cukup sederhana dan mudah digunakan. Liferea selain memiliki kemampuan sinkronisasi dengan Google Reader juga bisa membantu pemilik akun Bloglines untuk melakukan sinkronisasi.

Pembaca pasokan RSS di Linux - Liferea

Sedangkan RedAir sendiri belum ada pembaruan sampai saat ini (terakhir 2008), dan Anda perlu memasang Adobe AIR terlebih dahulu pada sistem sebelum menggunakannya.

Pembaca pasokan sindikasi berbasis Adobe Air

Kini kembali pada selera masing-masing, hendak menggunakan yang mana. Jika Anda memiliki alternatif lain, silakan diajukan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.