Opera Turbo sebagai Solusi Cepat dan Hemat

Slogan yang dibawa oleh Opera Turbo adalah “Melayari Web dengan Cepat bahkan pada koneksi yang paling lambat”. Dan dengan slogan inilah saya tertolong akhir tahun lalu, di mana kecepatan akses bisa turun hingga hanya maksimal mencapai 30-40 kbps. Banyak situs dan blog web 2.0 tidak bisa diakses di peramban lain – seperti Firefox 3.6.x, Chrome 8.x, Safari 5.x atau pun IE 8 – yang biasanya hanya tanda di barnya saja yang berputar-putar, tapi tanpa hasil.

Opera Turbo menggunakan server Opera di Norwegia untuk melakukan kompresi atau pemadatan pada halam web yang kita kunjungi. Jadinya, server Opera membaca dulu halaman web tersebut, kemudian ukurannya dikompresi, dan diberikan pada pengguna dalam ukuran yang lebih kecil, sehingga pada koneksi lambat-pun bisa dibuka.

Opera Turbo juga mematikan banyak script seperti flash secara aslinya, ini mirip dengan fitur pengaya noscript di Firefox. Misalnya Anda mengunjungi sebuah situs karena tertarik dengan isinya, tapi tiba-tiba muncul suara aneh yang membuat Anda “dipaksa” melakukan streaming berkas MP3 misalnya, nah, Opera Turbo akan mematikan itu – karena hanya akan menghambat bukaan sebuah halaman. Tapi tentu saja flash tersebut bisa dijalankan kembali dengan sekali klik.

Nah, ini juga berarti kita membayar lebih sedikit daripada seharusnya jika kita berlangganan akses Internet. Mengapa? Karena kompresinya dapat mencapai 80%, artinya kita bisa menghemat hingga 80% data jelajah yang diperlukan. Katakanlah kita hanya memiliki jatah 2GB dalam sebulan, maka dengan Opera Turbo – kita bisa menjelajah hingga 4-6 GB halaman web jika diakses dari peramban lain dengan tetap membayar senilai akses 2 GB.

Ini juga bisa menghilangkan kekesalan Anda yang menjelajah via tempat-tempat umum dengan koneksi Wifi seperti kampus, kantor atau kafe. Mungkin jika Anda hanya sendirib atau berdua, koneksi masih baik, tapi begitu ramai, maka semuanya akan melambat. Namun Opera Turbo akan membuat Anda tetap nyaman berselancar tanpa mengurangi kecepatan akses terhadap halaman web. Di saat pengguna peramban lain sibuk mengeluhkan akses yang lambat, maka Anda bisa tetap tenang menjelajah web tanpa terganggu.

Opera Turbo dapat diaktifkan secara otomatis jika Anda menginginkannya. Jika Anda berada di kecepatan tinggi, kemudian tiba-tiba kecepatan akses turun, maka Opera Turbo akan diaktifkan secara otomatis, sehingga Anda tidak kehilangan “irama” dalam melayari dunia web. Jika Anda memiliki kecepatan akses tinggi, maka Opera akan mematikan sistem Turbonya, atau pada kompresi 1:1 menurut pengamatan saya. Opera akan mengatur sendiri jenis kompresi yang diberikan, apakah 1x, 2x atau perlu hingga 5x. Kompresi 5x berarti jika sebuah halaman blog sebesar 250 kb (standar) biasanya diakses dalam 5 detik pada kecepatan hingga 64 kbps, maka dengan Opera Turbo hanya perlu 1 detik saja. Inilah yang membuat ritme berselancar tetap terjaga.

Lalu bagaimana jika Anda mengakses halaman web aman? Opera Turbo tidak mengompresi jalur aman (jalur terenkripsi), sehingga transaksi bank yang berada dalam jalur aman akan tetap sebagaimana adanya dan tidak terganggu.

Apa ada kelemahannya? Ya, karena berkas web dikompresi, maka tampilan elemen gambar menjadi lebih blur dalam matriks yang pecah. Tapi toh saya biasanya berselancar dengan mematikan gambar, jadi nyaris tidak berpnegaruh sama sekali.

Jika Anda ingin berhemat untuk koneksi dan tetap mendapatkan akses Internet dengan kecepatan tinggi. Maka Opera adalam peramban pilihan untuk itu. Saya belum menemukan peramban lain dengan sistem secerdas ini, bahkan cukup ramah digunakan untuk mereka yang tidak mengerti seluk beluk peramban sekalipun.

Iklan

2 pemikiran pada “Opera Turbo sebagai Solusi Cepat dan Hemat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.