Apa Cokelat Bikin Jerawat?

Jadi teringat ada yang sering mengatakan bahwa cokelat bisa bikin jerawat, tapi apa itu benar? Saya tidak tahu pasti, tapi ini sesuatu yang menarik. Karena sering kali didapati pasien yang datang ke dermatologis (dokter ahli kulit) dengan keluhan jerawat (acne) berkata bahwa jerawat mereka bertambah banyak setelah mengonsumsi cokelat.

Sayangnya, saya belum menemukan adanya penelitian yang pasti menghubungkan antara konsumsi cokelat dan timbulnya jerawat pada seseorang. Banyak yang berkata bahwa cokelat tidak menyebabkan jerawat, setidaknya mungkin tidak secara langsung.

Lalu mungkin kita akan beralih kembali pada teori kecenderungan. Beberapa orang memiliki kecenderungan yang berbeda-beda dari orang lainnya, termasuk dalam kecenderungan menoleransi dan mengadaptasi unsur-unsur nutrisi tertentu.

Pada pertemuan tahunan ke-69 Akedemi Dermatologi Amerika pada 6 Februari 2011 lalu, seorang pelajar kedokteran dari University of Miami Miller School of Medicine menyampaikan penelitiannya tentang hubungan antara konsumsi cokelat murni (100%) dengan ekserbasi jerawat. Karena selama ini penelitian-penelitian yang menunjukkan cokelat tidak berhubungan dengan munculnya jerawat adalah penelitian yang menggandung bahan tambahan seperti susu, gula dan kacang-kacangan.

Anda bisa membaca sekilas tentang wacana ini di medscape, dan simpulan dari penelitian tersebut menduga kuat hubungan konsumsi cokelat murni terhadap munculnya jerawat secara berlebihan pada mereka yang cenderung rentan terhadap masalah jerawat. Karena penelitian ini menggunakan subjek laki-laki, jadi tidak ada data tentang efeknya pada perempuan.

Nah, jika Anda seorang laki-laki yang mudah mengalami masalah jerawat, sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi cokelat, terutama cokelat yang murni.

Iklan

5 pemikiran pada “Apa Cokelat Bikin Jerawat?

  1. kalo menurutku itu tergantung dari masing-masing, bila memiliki kecenderungan kulit yang berminyak dan berjerawat maka bisa memicu
    tapi kalo gak ya makan coklat tiap hari juga gak apa2 kan hehe

    Suka

  2. Iskandaria

    Kalau dikaitkan dengan lemak sih masuk akal. Tapi makanan apa pun yang mengandung lemak, ya pasti beresiko bikin jerawat juga sih. Coklat murni itu mungkin lebih besar pengaruhnya dalam memicu jerawat.

    Kalau sudah dicampur dengan susu, kacang, dsb, bisa jadi berkurang efek picunya. Entahlah. Oya, makan coklat bisa bikin perasaan bahagia loh 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.