Sky Drive sebagai Media Penyimpanan Dokumen Daring

Jika saya ditanya di mana paling suka menyimpan dokumen (word, excel, power point, one note) dan gambar? Jika semua lokasi itu mesti disatukan, maka saya menyukai Sky Drive, sebuah penyimpanan dokumen daring dari Windows Live. Layanan ini sebenarnya sudah ada sejak lama, saya sendiri menggunakan sudah sejak tahun 2009 yang lalu.

Tentu saja ada media penyimpanan daring lainnya, Anda bisa menemukannya via mesin telusur seperti Yahoo – DropBox dan Box.Net adalah beberapa di antaranya. Namun bagi saya, Sky Drive memiliki daya tarik tersendiri. Jika Anda memiliki akun Live (dulu dikenal sebagai Hotmail), maka layanan ini dapat diakses secara gratis dengan kuota ruang sebesar 25 GB, yang saya rasa cukup untuk menyimpan data pribadi dan kerja anda.

Anda bisa mengunggah dan menyunting dokumen-dokumen yang dibuat dengan Microsoft Office di layanan ini secara daring. Mungkin bagusnya juga, jika tidak bisa membeli lisensi Microsoft Office yang mahal itu, kita bisa merasakan mengetik dengan program tersebut secara daring.

Misalnya pada contoh gambar di atas, saya mencoba mengetik melalui Word Web App (aplikasi Word daring) yang disediakan oleh Sky Drive. Saya jadi ingat saat mencicipi Microsoft Office 2010 dulu, hanya saja yang ini mesti digunakan via peramban dan perlu koneksi ke Internet.

Demikian juga dokumen Excel dan Power Point dapat diketik secara langsung via aplikasinya masing-masing di Sky Drive. Saya sarankan saat menggunakan Sky Drive, Anda melakukan pemetaan dengan baik, misalnya dengan membuatkan map-map yang berkesesuaian.

Dokumen yang dibuat secara laring kemudian dapat dibuka secara daring, misalnya dokumen di atas dapat dibuka dengan Microsoft Office Word (harus di atas versi Office 2003) jika terdapat di komputer saya tentunya, dan sepertinya masih dibatasi hanya dengan menggunakan peramban Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Atau Anda bisa mengunduhnya secara manual dalam berkas terkompresi (ZIP), dan sepertinya bisa dibuka dengan aplikasi lain seperti Open Office terkini.

Jika Anda memiliki dokumen-dokumen penting (seperti skripsi, tesis, salinda kuliah atau laporan akhir tahun) yang tidak ingin rusak dan hilang karena kerusakan komputer atau serangan virus misalnya, maka mencadangkan dokumen-dokumen tersebut di media penyimpanan daring seperti sky drive adalah salah satu pilihan bijak.

  Copyright secured by Digiprove © 2011 Cahya Legawa

Iklan

4 pemikiran pada “Sky Drive sebagai Media Penyimpanan Dokumen Daring

  1. Wew. Ternyata Disqus ini diblokir LAN kantor, pantes td gak muncul. Ini numpang koneksi pake modem teman baru bisa kebuka.

    Boleh juga nih sepertinya, daripada menyimpan data di dalam External HD semua, kalau hilang bisa berabe.

    Suka

    1. Mbak Zee, wah diblok, kok tega nian sih :(.

      Kalau saya memang juga menyimpan data di cakram keras eksternal, tapi dokumen penting yang mungkin diperlukan sepanjang hayat (walah), biasanya saya simpan di Internet.

      Suka

  2. Saya juga tertarik dengan sky drive ini, tapi sejauh ini saya belum menemukan klien yang bisa menghubungkan sky drive ke komputer saya, jadi harus mengunggah berkas dengan jalan membuka sky drive secara online.

    Menurut saya sky drive bagus untuk ke depannya, khususnya untuk penyimpanan berkas dokumen. Tapi untuk menyimpan berkas lain, sepertinya dropbox lebih baik 🙂

    Suka

    1. Mas Rismaka,
      Kalau Sky Drive memang rasanya lebih spesifik ke dokumen, ala Google Docs. Berbeda dengan DropBox yang memang memiliki fungsi sinkronisasi isi cakram keras :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.