Rilis avast! Free Antivirus 6.0

Setelah beberapa lama bergulat di forum, avast! antivirus 6.0 dirilis juga ke pasaran. Tentu saja termasuk edisi Free Antivirus yang kini memiliki banyak fitur yang ditambahkan, dan tentunya fitur antivirus yang sama hebat dengan produk berbayarnya.

CEO AVAST Software – Vince Steckler mengatakan, “With our new avast! 6.0 Free Antivirus, we’ve added advanced capabilities that aren’t in any mainstream AV product. Once again, we are providing a free antivirus that often exceeds the protection offered by other paid-for products,” sebagaimana dikutip dari berita avast edisi 23 Februari kemarin. Jika Anda hanya perlu sebuah antivirus yang handal, Anda tidak perlu sampai membeli lisensi produk berbayarnya, cukup dengan versi gratisnya saja.

Ada setidaknya 6 alasan baik mengapa pengguna komputer bisa lega dengan meninggalkan antivirus berbayar yang menyita isi dompet dan beralih ke versi gratis avast! antivirus. Berikut adalah fitur-fitur yang memperkuat versi terbaru dari avast antivirus.

Avast Free Antivirus

  1. AutoSandbox – fitur ini merupakan pengayaan proses virtualisasi, berjalan dengan mengidentifikasi aplikasi-aplikasi yang mencurigakan dan otomatis menyarankan pengguna untuk menjalankan mereka dalam ruang virtualisasi yang aman. Sehingga jika pun aplikasi tersebut berbahaya, maka komputer akan tetap aman.
  2. WebRep – merupakan panduan reputasi untuk pelbagai konten website dan malware di Internet yang dicakup ke dalam versi AV gratis ini. Jika Anda pernah menggunakan layanan WOT maka sistem ini sangat serupa, dan dengan lebih dari 120 juta pengguna aktif di seluruh dunia maka opsi reputasi yang mengombinasikan antara informasi dari pengguna data CommunityIQ menjadikan layanan ini sangat baik dalam menilai situs-situs aman dan berbahaya di Internet.
  3. Perlindungan Internet Lebih Aman – Banyak sekali tambahan pilihan keamanan Internet yang ditanamkan pada versi terbaru ini. Jika mengingat 85% peranti lunak jahat kini ditularkan via Internet, maka perluasan fungsi ini akan sangat membantu pengguna. Kini Avast! Free Antivirus mencakup “Web and Script Shield” yang dulunya hanya ada pada versi berbayar, berfungsi melindungi pada sisi peramban dan akses http. Fitur baru lainnya adalah “site blocking”, memungkinkan pengguna memblok website tertentu.
  4. Menghalangi Lebih Banyak Virus – Berkat sensor CommunityIQ, avast kini menghentikan serangan virus dalam jumlah triliunan (per Januari tahun ini avas! memblok 1,2 triliun virus komputer, dan mencegah 32 juta penggunanya untuk tak sengaja masuk ke website terinfeksi virus dalam 30 hari terakhir). Avast menerima setidaknya lebih dari 12.000 sampel unik setiap harinya yang dikirim ke Lab Virus, sehingga membuat avast lebih presisi dalam mendeteksi virus.
  5. Penilaian yang Luar Biasa – Sekarang bisa dikatakan di antara versi antivirus gratis di seluruh dunia, avast rutin menempati posisi-posisi teratas dalam kinerja, berada (nyaris) di atas dalam deteksi malware, kecepatan memindai virus di komputer bahkan berkompetisi dengan produk-produk berbayar yang populer. Banyak pengguna memberikan tinjauan dan penilaian luar biasa bagi antivirus ini, dan saya pun secara pribadi selalu merekomendasikannya.
  6. Gratis tentunya – tidak hanya ringan untuk komputer tapi ringan juga untuk dompet. Karena memang filosofinya menyediakan fitur keamanan terhadap malware dengan terjangkau bahkan gratis bagi penggunanya.

Tapi orang mungkin bertanya-tanya, lalu mengapa tetap ada versi berbayarnya? Bagi mereka yang tidak hanya puas dengan perlindungan antivirus saja, dan memerlukan perlindungan ekstra (oleh karena aktivitas dan profesinya) seperti untuk transaksi perbankan daring di Internet dan lain sebagainya, avast memberikan fitur “safe zone” yang ada di produk berbayar. Karena beberapa serangan tidak hanya terjadi karena virus komputer, namun juga serangan peretas (hacker) dan komersialisasi perlebihan. Perlindungan tambahan seperti aman berbelanja dan bertransaksi keuangan bisa diperoleh dari produk Pro Antivirus, sedangkan tambahan fitur advance firewall dan antispam bisa ditemukan dalam versi Internet Security. Jika Anda ingin membeli lisensi versi berbayar avast, maka di Indonesia, Anda bisa menghubungi reseller resminya yaitu PT. Sistem Prima Infotek.

Perbandingan Fitur Avast Antivirus

Tapi jika Anda hanya perlu antivirus saja, versi gratis sudah lebih dari cukup. Jika tertarik atau ingin memperbarui dari versi sebelumnya silakan mengunduh dari situs resmi avast! Dan virus komputer bisa dikatakan bukan lagi sebuah kekhawatiran.

Iklan

4 pemikiran pada “Rilis avast! Free Antivirus 6.0

  1. iskandaria

    Saya barusan update programnya mas (ke versi 6.0). Pokoknya avast ia the best lah. Saya tertarik menggunakannya juga berkat rekomendasi admin blog ini loh 🙂

    Suka

    1. Pak Joko, mungkin di antaranya banyak program antivirus, avast! satu-satunya yang bisa dibilang tidak memiliki budget untuk pengiklanan. Informasi tentang avast! disebarkan oleh komunitasnya yang besar – yang merasa terbantu dengan program AV gratisnya – yaitu para penggunanya seperti saya ini :).

      Bisa dicoba Pak, tapi berdasarkan pengalaman, saya tidak menyarankan menggunakan avast! bersamaan dengan AV lain, agar tidak membebani komputer dan/atau menimbulkan konflik.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.