Berselancar Bijak dengan Avast WebRep

Selama ini saya makin gregetan dengan banyaknya website yang mengotori mesin pencari seperti Google (yang paling baik terhadap situs seperti itu). Misalnya sebuah situs yang pasca dikunjungi hanya berisi link/taut yang entah tujuan ke mana, plus dengan segudang iklan di mana-mana di halaman tersebut, dan parahnya lagi, malah muncul di halaman pertama Google. Ada banyak solusi agar tidak terjebak masuk ke halaman seperti itu, yang paling mumpuni adalah pengalaman (jam terbang) menggunakan Internet. Tapi tentunya tidak semua orang bisa begitu kan, ada baiknya jika kita bisa saling membantu.

Dalam hal ini solusi lainnya adalah avast! WebRep yang merupakan salah satu fitur avast! antivirus dalam membangun komunitasnya untuk mengenali situs-situs berbahaya, sampah dan hanya berisi penipuan atau konten-konten tidak senonoh.

Jika Anda memasang avast! free antivirus 6 (ataupun versi berbayarnya), maka Anda akan mendapatkan fitur avast! WebRep di dalamnya. Fitur ini tidak terdapat dalam edisi sebelumnya. Fitur ini menyerupai fungsi ekstensi WOT yang terdapat pada beberapa peramban modern seperti Firefox, Chrome, Opera dan IE; dan juga serupa dengan Norton SiteAdvisor Tools pada produk antivirus berbayar tersebut.

Avast! WebRep

WebRep akan memberikan tanda pada saat menelusuri via Google atau pada saat mengunjungi sebuah situs, bagaimana reputasi situs tersebut di mata komunitas pengguna avast! Apakah berisi konten berbahaya atau tidak senonoh, apakah aman dan bisa direkomendasikan. Akan terdapat ikon yang jika kursor dilayangkan di atasnya akan memunculnya jendela yang berisi reputasi situs terkait.

Anda juga bisa memberikan reputasi terhadap situs yang Anda kunjungi atau situs anda sendiri. Dengan mengklik ikon WebRep dan memberikan keterangan tentang situs itu sesuai opsi yang disediakan. Contohnya adalah pada gambar di bawah:

Memberi Reputasi pada WebRep

Avast WebRep masih dikembangkan, namun cukup banyak dapat membantu komunitas pengguna avast dalam melihat apakah situs yang akan dikunjungi berbahaya atau tidak. Jika Anda pengguna avast! antivirus, Anda dapat berkontribusi di dalamnya. Menyediakan reputasi web secara jujur berarti kita turut membangun lingkungan Internet yang sehat. Saya sendiri cukup terbantu saat menggunakannya, jika ada situs tidak terpercaya maka saya tidak perlu susah-susah mengunjunginya. Untuk anak-anak atau yang jarang menggunakan Internet, informasi yang disediakan oleh fitur reputasi web akan sangat membantu, menghindari bahaya di dunia maya.

Agar familier dengan penggunaannya, Anda bisa membaca secara singkat di panduan resmi WebRep: Memasang dan Menggunakan WebRep (dalam bahasa Inggris). Sementara ini baru tersedia untuk Firefox 3/4 dan IE 8/9, Chrome akan segera menyusul dalam dua bulan lagi, dan Opera setelahnya.

Memang waktu pembukaan sebuah situs akan menjadi agak lebih lambat dengan adanya ekstensi ini. Menurut perhitungan saya dengan Internet Explorer 9, ada perlambatan sekitar 0,19 detik untuk membuka sebuah situs. Jika Anda memilih menggunakan ekstensi yang berbeda – seperti WOT – maka Anda bisa melepas atau menonaktifkan fitur ini.

5 tanggapan untuk “Berselancar Bijak dengan Avast WebRep

  1. Sayang baru cuma buat Firefox dan IE. Padahal saya lebih sering menggunakan Chrome ketika di Windows. Tapi saya sempat mencobanya juga saat menggunakan Firefox. Saya coba klik atau vote dengan reputasi baik pada blog saya sendiri yang terindeks di halaman google 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.