Rilis openSUSE 11.4

Akhirnya setelah 8 bulan berlalu, openSUSE 11.4 dirilis juga hari ini (malam ini tepatnya). Rilis ini telah diumumkan melalui blog berita openSUSE: openSUSE 11.4 – A New Hallmark For The openSUSE Project. Sistem dasarnya memanfaatkan Kernel 2.6.37 terkini, serta mungkin yang katanya agak kentara antara perbaikan pada akselerasi grafis 2D & 3D yang ada pada sistem.

Dekstopnya memanfaatkan KDE Plasma Desktop 4.6 atau Gnome 2.32 versi stabil yang merupakan langkah akhir nantinya untuk menuju Gnome 3. Jika Anda pengguna Ubuntu, maka versi awal Gnome 2.32 sudah bisa dinikmati pada Ubuntu 10.10. Sebenarnya versi openSUSE 11.3 pun bisa menggunakan desktop ini dengan pemindahan repositorinya.

Beberapa peranti lunak terbaru yang dibawa serta dalam rilis ini adalah Firefox 4.0 & LibreOffice 3.3.1 yang akan menjadi warna tersendiri.

Bagi yang segera ingin mencobanya, silakan mengunduh langsung dari situsnya, atau mirror lokal di wilayah anda.

Iklan

8 Comments

  1. Saya nunggu rilis resmi Ubuntu 11.04 aja bulan depan 🙂 Sekarang kernelnya udah versi 27. Btw, peramban default Opensuse terbaru ternyata masih Firefox yach. Kirain jadi Chromium. Entahlah kalau Ubuntu versi 11.04 nantinya.

    Suka

    Balas

    1. Mas Is, setelah saya pasang masih pada Firefox 4 b12, tapi kan rasanya itu sudah cukup stabil. Hmm…, he he…, mungkin karena Google tidak terlalu disukai dikalangan pecinta open source 🙂 – apalagi kalau Firefox kan sudah merupakan komunitas peranti lunak kode terbuka sendiri dan sudah di-branding oleh banyak distro.

      Suka

      Balas

  2. Saya sudah ndak bisa mengunduh lagi, tunggu atau meminta kiriman dari orang yang berbaik hati saja. 😀
    Di mailing list openSUSE katanya beberapa mirror lokal masih belum uptodate

    Suka

    Balas

    1. Mas Agung, saya bisa kirimkan kalau sudah selesai mengunduh, hubungi via JP saja ya :). Kalau masalah mirror rasanya mungkin yang dimaksud yang Kambing ya, soalnya katanya ITB malah merilis lebih awal. Toh di situsnya resminya sudah dirilis 30 menit sebelum jadwal rilis resmi.

      Suka

      Balas

      1. Baiklah nanti saya kontak via Surel jika Mas Cahya sudah rampung mengunduh berkas ISO openSUSE-nya. Ya, mirror ITB start lebih dulu, ndak tahu mirror yang lain–mungkin pengelolanya sedang sibuk (UGM termasuk gak ya? hehe. :D), sayang mirror unej sudah tidak beroperasi lagi.

        Demi menjadi yang pertama ndak apa-apa mengunduh dari jauh di sana dengan koneksi seadanya hehe…, dan di tunggu kabar baiknya.

        Suka

        Balas

        1. Mas Agung, sudah selesai kok Mas, ternyata kalau dini hari mungkin kecepatan unduhannya mencapai 200 kbps sehingga selesai beberapa jam lebih awal.

          He he…, saya memang jarang pakai mirror lokal, kecuali pas di kampus saja :D. Kalau mengunduh dari rumah, sama saja kecepatannya dengan pakai server asli.

          Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.