WordPress Jetpack

Mungkin sudah bukan jadi hal yang aneh bagi pengguna CMS WordPress sebagai blog self-hosted akan menemukan banyak fitur yang terdapat di WordPress.com tidak tersedia di dalamnya. Sebut saja di antaranya adalah: WordPress.com Stats (untuk menampilkan statistik trafik blog), Twitter Widget (menampilkan tweet terakhir), Gravatar Hovercards (menampilkan informasi gravatar penulis dan pemberi tanggapan), WP.me shortlinks (pemendek URL dengan domain wp.me), Sharedaddy (membagi tulisan ke pelbagai jejaring sosial), LaTeX (sejenis bahasa markah untuk menulis persamaan matematika yang rumit misalnya), After the Deadline (pengecekan bahasa, termasuk tata, gaya, dan penulisan bahasa), Shortcode Embeds (memudahkan menempelkan video di blog hanya dengan kode pendek saja).

Kini semua fitur-fitur tersebut dapat diintegrasikan ke dalam blog WordPress self-hosted dengan menggunakan Jetpack. Sebuah pengaya yang dibuat oleh wordpress.com khusus untuk tujuan ini.

Jetpack supercharges your self?hosted WordPress site with the awesome cloud power of WordPress.com.

Jetpack

Sebenarnya beberapa pengaya yang secara terpisah juga memberikan fungsi-fungsi tersebut, hanya saja kini dikumpulkan menjadi satu sebagai sebuah paket pengaya all-in-one. Menurut saya, seorang admin blog tetap harus bijak apakah akan memilih paket ini, ataukah tidak. Karena sepertinya memang tidak semua diperlukan, atau bahkan tidak perlu sama sekali.

Iklan

9 Comments

  1. Aku juga gak terlalu pusing dengan data statistika itu. Berapa orang yang pernah datang ke blog, liat profil di twitter aku, aduh gak pernah mau pusing as long as twit or tulisanku berguna untuk orang lain. *sok idealis* 😛

    Suka

    Balas

    1. Ladeva, bagi sebagian orang statistik dan fitur jejaring sosial mungkin memang nirguna, namun bagi yang memiliki target tertentu, misalnya blog untuk bisnis, maka semua itu akan menjadi sangat esensial :).

      Suka

      Balas

      1. Iya sich, blog bisnis sangat mementingkan data statistik pengunjung. Bahkan setiap klik untuk mereka artinya ya uang. Ya kan? anyway, dont call me Ladeva, kaku banget. Just call me Deva 🙂

        Suka

        Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.