Upgrade ke Celadon

Petang ini saya sukses melakukan upgrade dari seri lawas ke Celadon, versi terbaru openSUSE dengan seri 11.4 ini. Saya memerlukan 9 jam untuk mengunduh berkas ISO sebesar 4,23 GB dari server resmi openSUSE, dan akhirnya baru tadi sore selesai memasangnya menjadi di notebook tua saya. Dan saya cukup puas dengan versi baru dalam Gnome 2.32 ini, bahkan jika melihat rilis untuk KDE & Kwin juga tidak kalah menariknya.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui apa saja yang baru di openSUSE 11.4 ini, silakan membaca rilis resminya dalam “product highlights” – Anda bisa jadi tidak bisa menahan diri untuk segera menggunakan rilis terbaru ini. Saya tidak bisa menulisnya di sini karena akan sangat panjang.

Celadon

Karena saya melakukan upgrade dari versi openSUSE 11.3 dan bukan fresh install, maka fitur-fitur lama masih akan terbawa. Dan tentunya juga konsekuensi bahwa beberapa program akan hilang jika saya memilih menghapus daftar repositori lawas yang menemani sistem operasi versi sebelumnya.

Gambar di atas hanya baru versi desktop Gnome dalam edisi blank workspace, saya masih belum sempat mengutak-atik dengan sistem shell managing yang baru dan juga shell integrated search. Entah mengapa kesannya sekarang Gnome menggunakan aura “The Dark Art”, tapi itu menarik, yang jelas sesuatu yang fresh di dalamnya. Tampilannya mungkin akan seperti gambar di bawah.

Gnome Workspace

Upgrade ke Celadon bisa dilakukan dengan menggunakan DVD instalasi yang bisa diunduh dari situs resmi openSUSE atau dari mirror lokal di Indonesia. Jika Anda hendak melakukan upgrade dari openSUSE 11.3 ke 11.4 melalui jaringan Internet, silakan mengikuti panduan yang ada di SDB: System Upgrade.

Beberapa situs repo lokal yang mungkin menyediakan berkas ISO instalasi openSUSE adalah:

  1. Repo UGM. (Belum tersedia)
  2. Kambing.ui.ac.id. (Download ISO)
  3. Repo ITB. (Download ISO)
  4. mirror.Linux.or.id (Download ISO) – server donasi komunitas openSUSE Indonesia.
  5. UKDW.ac.id (Download ISO – DVD).

Jika Anda tidak memiliki koneksi Internet yang memadai, silakan hubungi salah satu komunitas pengguna Linux, siapa tahu ada yang bersedia mengirimkan DVD instalasi (ISO)-nya. Atau jika Anda ingin membeli yang terjamin dalam kondisi baik, bisa mengunjungi situs Toko Baliwae atau toko-toko distro lokal.

Sementara saya ingin menikmati dulu Celadon yang baru ini.

Iklan

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.