Beberapa Masalah Di Blog Ini

Mesti saya akui ada beberapa masalah di blog ini dalam beberapa hari terakhir. Masalah pertama adalah kinerja server yang tampaknya mengalami gangguan, jadi mungkin ada yang akan menemukan “error 500” sebagai kode galat saat mengunjungi blog ini sebagai tanda bahwa server bekerja berlebihan.

Saya agak heran, padahal saya sudah memangkas beberapa markah di blog ini – sedemikian hingga tidak terlalu ramai. Saya sudah mengalihkan pemasok sindikasi ke Google, sudah menalangi sistem komentar dengan Disqus, namun tetap saja tampak tidak memuaskan.

Saya mencoba melakukan beberapa perubahan, penyesuaian, seperti menerapkan sistem cache, namun itu tampaknya juga bukan solusi. Saya coba melepas Disqus sehari yang lalu, namun tetap bukan itu rupanya yang memicu masalah, justru malah dapat hujan spam, jadinya saya segera mengembalikan sistem ini dengan terpaksa membuat kacau sedikit tatanan komentar yang masuk.

Layanan Pingdom yang saya gunakan mulai mengirimi saya dengan notifikasi bahwa ada “server down” dan “server up” dalam jam-jam tertentu. Ini buruk sekali pikir saya, dan saya rasa mungkin masalahnya ada server induk, karena pola ini tidak terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Jadi jika Anda tidak bisa mengakses blog ini dengan baik, mungkin itu karena server yang sedang bermasalah, Anda bisa menggunakan Opera Turbo sebagai alternatif untuk mendapatkan cache yang lebih baik.

Masalah yang lain adalah ada yang menggunakan konten Bhyllabus sebagai AGC di salah satu situs dengan mengambil secara utuh konten dari pasokan RSS-nya. Jadi kali ini ada yang cukup serius mau menjadikan isi blog ini sebagai bahan plagiat.

Tersangkanya adalah pengguna akun “Blogspot”, karena menggunakan surel dengan alamat: iwakkakap.agent@blogger.com (mungkin, username-nya adalah iwakkakap). Coba saja Anda kirim email ke alamat tersebut, dijamin kemungkin besar akan muncul di blog yang bersangkutan. Sebenarnya saya pingin melakukan mailerbom ke alamat tersebut biar blognya penuh dengan sejuta artikel sampah, sayangnya saya sudah lama meninggalkan sisi gelapnya dunia maya, ha ha… (sebenarnya sih iseng saja). Berikut adalah tampilannya sebagai pelanggan pasokan sindikasi:

Daftar Pelanggan Bhyllabus

Saya rasa di admin blog tersebut salah mengira bahwa saya akan melepas hal ini secara mudah. Karena saya sejak dulu sudah mengibarkan bendera perang pada plagiarism di dunia blog. Setidaknya setelah saya menulis “Panduan Memerangi Plagiat Blog”, maka saya akan menertawakan diri saya sendiri jika membiarkan hal ini berlalu begitu saja. Karena itulah saya juga memasang tanda tangan digital di tulisan-tulisan saya, sehingga dapat melacak setiap pembajakannya jika ada indikasi ke arah tersebut, dan sebagai bukti otentik jika terjadi perselisihan hingga ke meja hijau. Saya bisa jadi menulis blog hanya untuk meluangkan waktu, namun bukan berarti melepas tanggung jawab dan tidak serius akannya.

Lalu saya menelusurinya, dan saya menemukan salah satu blog yang saya curigai adalah milik dari pemilik akun tersebut. Anda mungkin masih ingat bahwa beberapa hari yang lalu saya menulis tentang “Langkah Keselamatan saat Tsunami” bersama dua artikel lainnya dalam jangka waktu 24 jam. Maka saya menemukan bahwa sebuah blog bermesin “Blogspot” telah memuat tulisan tersebut yang dipublikasi langsung dari surel berlangganan.

Blog tersebut menggunakan subdomain news.mangaku.web.id, dan publikasi tersebut dapat ditemukan di halaman: http://news.mangaku.web.id/2011/03/bhyllabus-langkah-keselamatan-saat.html. Saya sengaja sertakan alamat lengkapnya, toh saya tidak pelit bagi-bagi tautan. Dan berikut adalah cuplikan dari halaman situs yang saya maksudkan (silakan Anda mencocokkannya sendiri):

Situs Mangaku.Web.Id

Itu tulisan yang baru, dan hanya ini rasanya blog bermesin blogspot yang menculik tulisan saya. Walau tentu saja ada beberapa metode lain yang bisa diterapkan. Namun deduksi sementara saya berkata bahwa pemilik akun admin dengan alamat surel di atas dan admin blog ini adalah oknum yang sama. Padahal situs resmi Mangaku.Web.Id sendiri adalah sebuah situs yang lumayan besar.

Saya tidak tahu apa alasan mereka menggunakan layanan surel pasokan sindikasi RSS sebagai auto-generated content pada blog mereka. Tapi saya rasa itu bukanlah sesuatu yang benar, apalagi blog saya tidak berhubungan dengan dunia tersebut, dan saya bukanlah seorang mangaka. Tentu saja saya bisa tahu siapa pemilik domain tersebut, itu bukan hal yang sulit, dan gambar berikut adalah identitas pemilik domain dan juga bisa dikatakan pemilik blog tersebut:

Ada yang kenal? Anda bisa menasihatinya agar mengawasi konten di dalam blognya sehingga tidak menyimpang dari etika – apa yang teman-teman narablog sering sampaikan sebagai “blogger codes of conduct”. Saya sendiri sudah mengirimkan surel pada alamat @blogger.com-nya, dan mungkin akan muncul di blognya esok. Jadi terserah, apakah akan ditanggapi atau tidak. I have my own way to solve a problem like this one.

Iklan

10 Comments

  1. aduh mas aku minta maaf… dulunya blog itu hanya coba coba kok mas…
    dalam hal belajar yang namanya AGC…

    tapi kayaknya udah sebulan mas saya mengganti blog tersebut..
    maaf yagh mas atas ketidak nyamanan ini…

    Suka

    Balas

  2. Saya sudah cek alamat blog yang mencuri konten mas cahya. Saya mendapati bahwasanya pemilik blog adalah orang yang benar-benar mengerti tentang blog baik dari segi markah HTML maupun javascript, karena saya melihat sesuatu yang "pintar" di blog AGCnya. Segera setelah halaman news.mangaku.web.id kita akses, maka akan langsung diarahkan ke domain utamanya (mangaku.web.id). Cara yang pintar untuk menjaring trafik untuk domain utama 😦

    Suka

    Balas

    1. Itulah mengapa saya malas menegurnya Mas Ris, lha wong'e lebih paham dari saya tentang seluk-beluk per-web-an, ndak guna-lah saya menegur mana yang baik dan mana yang tidak menurut standar web apalagi etisnya.

      Itu sama saja seperti menegur dan meminta turun ketua PSSI kita tercinta, ha ha… :D. Atau kalau kata Dora The Explorer, "Sweeper, jangan mencuri!", padahal jelas-jelas dia pencuri pro :D.

      Suka

      Balas

  3. Mengenai AGC, blog saya pernah menjadi sasaran tetap blog yang dihosting di blogspot. Caranya pun sama dengan menggunakan posting melalui email. Setiap artikel langganan yang terkirim ke alamat email blog AGC akan terpublikasikan keesokan harinya.

    Saya pernah mengirim teguran halus ke pemilik blog, tapi ga digubris. Saya juga pernah membombardir alamat blog pencuri tersebut dengan isi email spam yang ada di gmail saya, tapi sayangnya blogspot hanya membatasi jumlah postingan melalui email hanya 50 posting sehari.

    Cara lain yang saya lakukan adalah dengan menonaktifkan alamat email pencuri tersebut di feedburner, dan selanjutnya memanfaatkan blog tsb untuk tujuan backlink. Segera saya posting tulisan2 yang mengandung banyak link ke blog saya. Alhasil blog saya pun mendapatkan backlink gratis dari blog pencuri 🙂

    Hanya saja sekarang blog tsb sudah tidak mencuri lagi, mungkin karena sudah sadar kalau perbuatan mencuri konten dari saya hanya sia-sia 😀

    Suka

    Balas

    1. Ha ha…, itu sebenarnya ide bagus, karena saya juga. Ayo gunakan alamat email di atas untuk mendapatkan backlink ke blog masing-masing. Sehingga konten kita tidak dicuri secara sia-sia.

      Suka

      Balas

  4. Owh jadi ini toh, alasan mas cahya agak "plinplan" dalam menerapkan area komentar 😀

    Menurut saya memang server induk yang bermasalah mas. Kalaupun mas cahya melakukan pelbagai macam perubahan, yeah saya rasa itu tidak banyak membantu mengurangi beban server induk. Karena server induk juga menghosting ribuan blog lain yang mungkin memang memakan sumberdaya tinggi. Salah satu jalan ya pindah hosting atau pindah ke dedicated server 😆

    Suka

    Balas

    1. Begitulah Mas Ris, saya sedang mempertimbangkan juga pindah ke dedicated server, mungkin sekitar…, hmmm.., 100 tahun lagi? Ha ha… 😀 – yah, sementara saya akan menaikan space hosting dan menembak dengan cache yang kuat.

      Alternatif lain, adalah update blog sebulan sekali :).

      Suka

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.