I’m Going To The Moon

Belakangan ini saya tidak begitu aktif menggunakan layanan FourSquare, mungkin karena repot dan tidak begitu ramah pada ponsel Symbian saya. Lagi pula lokasi-nya tidak selalu tepat, apalagi banyak yang melompat-lompat, hei…, bagaimana mungkin mereka tiba-tiba ada di Slovakia sementara baru saja sejam yang lalu nongkrong di angkringan sebelah?

Banyaknya lokasi fiksi di layanan dengan nama pendek 4sq ini membuat saya agak enggan menggunakannya, dan juga banyak sekali nama-nama tempat yang sebenarnya sama, namun tidak tampak sama. Ini disebabkan oleh pengguna yang kurang melek teknologi 4sq, ha ha…, mungkin termasuk saya sendiri.

Jadi, how if I’m going to the Moon? Mungkin di layanan FourSquare sudah ada nama tempat seperti itu.

Google Latitude Dashboard

Alternatifnya, saya lebih suka menggunakan Google Latitude. Karena di ponsel saya lebih terintegrasi dengan Google Maps. Selama GPS pada ponsel (baik yang berbasis Symbian maupun Androids) memiliki presisi cukup baik, maka kita bisa melihat dengan baik posisi-posisi di peta dengan cukup jelas.

Anda juga bisa mengukur panjang/jarak perjalanan yang telah Anda lakukan selama ini, dan seberapa jauh lagi hingga Anda “tiba di bulan”. Mungkin hanya sekadar kiasan, tapi bagi mereka yang gemar bepergian, saya rasa ini sangat menarik. Apalagi pemetaan Google bisa dibangun oleh pengguna, silakan membaca “Membuat Peta dengan Google Maps – Advanced” oleh Bli Andi.

Penjelajahan map juga memberikan gambaran yang detil, dengan pula dengan arsip yang dihasilkan. Jadi kita dapat melihat lagi, lokasi-lokasi dan peta perjalanan kita pada masa lalu. Seandainya jika kita bertanya, di mana saya setahun yang lalu saat saya seharusnya di tempat ini? Maka Latitude yang disetel dengan baik dapat memberikan jawaban untuk itu.

Dan jika ada yang bertanya pada saya, “sedang di mana?” – maka saya akan memintanya melihat peta di bawah:

http://www.google.com/latitude/apps/badge/api?user=-5574906012195662583&type=iframe&maptype=hybrid&z=5&hl=id

Ha ha…, kurang jelas, yah tentu saja ada beberapa trik untuk itu.

Iklan

Satu pemikiran pada “I’m Going To The Moon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.