Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11

Sudah 2 minggu saya mencoba menggunakan Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11. Memang peranti lunak peramban web ini sudah rilis lebih sebulan yang lalu. Selama mencoba ada peningkatan memang dari sisi kecepatan, karena sepertinya sisi kompresi server sudah semakin baik.

Antarmukanya juga lebih mudah digunakan, namun perlu membiasakan diri lagi karena ada beberapa perubahan yang cukup signifikan. Sayangnya karena saya menggunakannya pada ponsel lawas Nokia E71, jadinya saya tidak bisa menikmati fitur touch screen yang juga diimplementasikan pada peranti lunak ini.

Opera Mini and Mobile

Sistem rendering yang lebih baik memang menjadikan Opera Mini lebih cepat dan juga lebih hemat biaya untuk menjelajah web di ponsel. Apalagi katanya jika hanya menggunakan 10% dari bandwith yang seharusnya, jadi ibaratnya jika dengan peramban biasa mesti terkena biaya Rp 1.000,00 maka dengan Opera Mini hanya Rp 100,00 saja.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang fitur-fiturnya, silakan mengunjungi halaman Fitur Opera Mini dan Mobile terbaru.

Lalu, apakah ada alternatif lain selain Opera Mini & Mobile untuk ponsel. Ah, tentu saja ada, bahkan banyak yang mengklaim lebih baik dari Opera Mini, hanya saja dalam iklannya mereka selalu menggunakan Opera Mini sebagai patokan, seperti gambar di bawah (yang saya pungut dari blog berita Opera).

Better Than Opera Mini?

Tapi bagi mereka yang ingin menghemat anggarannya dan mendapatkan kecepatan yang tinggi saat berselancar di ponsel, saya masih tetap menyarankan Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11.

Lagi pula kini Opera Mini & Mobile dilengkapi fitur berbagi, jadi Anda bisa dengan cepat membagi halaman yang sedang Anda baca ke media lain, misalnya ke dinding Facebook anda. Ini juga sangat menarik bagi mereka yang suka memanfaatkan ponsel untuk jejaring sosial.

Jika Anda melakukan sinkronisasi dengan akun anda, cukup menggunakan fasilitas Opera Link, maka aktivitas berselancar Anda di komputer bisa dimigrasikan dengan mudah ke ponsel – serta sebaliknya. Ingin melihat bagaimana Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11 beraksi, silakan lihat cuplikan video di bawah.

Opera Mini and Opera Mobile 11

Sudahkah mencobanya? Bagaimana pendapat anda?

Iklan

27 thoughts on “Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11

  1. saya masih menggunakan opera mini 4.3 modifikasi bli, kemaren sempat download opera mini 6 tapi gagal instal…..

    Suka

    1. Mas Hakim, apa karena ponselnya tidak mendukung? Atau biasanya karena mengunduh di ponsel kadang jaringan yang tidak stabil membuat gagal saat akan memasang, padahal tinggal sedikit lagi, biasanya saya mengunduh di PC baru kemudian dipasang via OVI Suite ke ponsel Nokia saya. Sebenarnya sih ndak jauh beda Mas, hanya fitur antarmuka dan sinkronisasi server saja yang lebih memudahkan di versi Opera Mini 6. Bedanya bisa dilihat Spesifikasi Opera Mini dan Mobile.

      Suka

      1. saya juga download dari PC bli… sek saya coba lagi, penasaran dengan OPMIN 6, kemarin pernah pake opmin 5 agak lamban scrollingnya

        Suka

  2. dulu pernah pake opera Pak, cuma sekarang lebih familiar ke mozilla lagi, tapi kalo di ponsel iya saya menggunakan opera 😀

    izin download ya Pak

    salam hangat

    Suka

    1. Mas Hariez, kalau pakai Windows 7, saya sarankan sih menggunakan Internet Explorer 9 untuk kecepatan menjelajah Internet 😀 – yah, sementara ini di ponsel memang Opera yang paling banyak digunakan, belum tahu ya Firefox 4 untuk ponsel Androids, saya ndak punya soalnya.

      Suka

  3. OperaMini v6 memang enak Bli, jauh lebih ringan dari v5. Untuk yang mobile, dulu waktu make Windows mobile 6 sempat make v10, agak berat. Belum nyoba v11… PPC-nya sudah di over ke ponakan soalnya.

    Suka

    1. Mas Padly, sebenarnya Opera Mobile 11 menurut saya lebih nyaman digunakan, hanya saja agak lebih boros pulsa jika internal rendering tidak disetel dengan baik.
      Kalau membuka Dasbor WordPress, saya lebih suka pakai Opera Mobile 11. Tapi sekadar menjelajah, Opera Mini 6 adalah pilihan yang bagus.

      Suka

    1. Wah, ponsel langka tuh Mas, tapi kalau Opera Mini 5 bisa, seharusnya Opera Mini 6 bisa sih. Saya ndak ketemu banyak keterangan tentang ponsel tersebut.

      Suka

  4. Saya masih setia sama ver.4xx opera mini :mrgreen: dulu pake ver. 5 trauma, beraat, mungkin karena hape saya tergolong jadulz kl yah. Yg menyakitkan saya engga bisa nyobain opera mobile terbaru, symbian uiq3 engga disupport Ky nokia … Ngiri aku … 😦

    Suka

    1. Mas Rangga, kalau versi 6 saya rasa malah lebih ringan dari versi 5. Dulu versi 5 perlu agak lama buat membukanya agar siap, sekarang versi 6 hanya beberap detik saja. Wah, kalau masalah dukungan ponsel, saya kurang paham Mas, memang ada sih sepertinya beberapa ponsel yang tidak mendukung.

      Suka

  5. Alo Bli Surya bagus,

    Menarik reviewnya ney, memang kalo mobiling tidak terlepas dengan namanya browser, wajib tuh apalagi gadgetnya mumpuni kek Nokia seri E.

    Saya udah nyoba juga opera mobile 11 di Nokiyem Ego, memang lih smooth dari seri seblumnya.

    Btw blog bli bagus sudah saya pasang linknya di blog saya, bila bli berkenan add blog saya di blognya bli yah.

    Suksma anyway.

    Suka

    1. Mas Hakim, biasanya kalau saya mengalami masalah demikian, saya langsung hubungi support penyedia gadget-nya. Kalau Nokia sih ada galerinya, nah kalau ponsel langka itu, he he… saya bilang langka karena yang edisi terbatas kan memang langka.

      Suka

  6. ..mas kdang klo pke op mni jga ngbisin plsa,knapa yah??ap krna sy ska liat gbr/image??trus gmana cranya yah spy srfing intnet hmat tanpa image off,

    Suka

    1. Ela, gambar memang memerlukan data lebih banyak untuk ditampilkan di peramban ponsel opera mini. Caranya paling hemat adalah memilih kualitas gambar paling rendah dan mengaktifkan tampilan ponsel, syukur-syukur situs yang dituju ramah peramban ponsel. Kecuali menerapkan paket unlimited data plan, rasanya berselancar dengan ataupun tanpa gambar akan tetap menghabiskan sejumlah pulsa di ponsel.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s