Mengintip Speed Dial pada Opera 11.10 Beta

Kampanye rilis Speed Dial pada Opera 11.10 semakin dekat, dan versi betanya telah diujicobakan oleh banyak pihak. Salah satu fitur yang diperkaya saat ini adalah speed dial yang kustomasi uniknya hanya dimiliki oleh peramban Opera.

Anda mungkin sudah menggunakan favicon untuk menampilkan logo situs/blog anda di bagian tab peramban. Namun kini Opera 10.10 mendukung penggunaan logo pada Speed Dial, sehingga memberikan branding pada situs anda saat ditampilkan pada baris Speed Dial.

Ini akan tampak seperti jika menggunakan iPhone atau iPad di mana Apple menerapkan apa yang disebut “apple touch icon”. Menurut spesifikasi HTML 5, icon saat ini merupakan sebuah nilai terstandar yang valid untuk atribusi rel.

Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan spesifikasi ikon, tinggal menambahkan tag <link> pada sesi head di bagian dokumen:

<head>
  
    <title>My Opera</title>
    <link rel="icon" type="image/png" href="http://path/to/logo.png">
</head>

Ikon untuk speed dial harus memenuhi syarat:

  • Setidaknya berukuran lebar 114 piksel dan tinggi 114 piksel. Ini ukuran asli, ukuran lebih kecil akan diabaikan.
  • Gambar berjenis PNG, JPEG atau GIF. SVG belum didukung. Hanya frame awal dari gambar tipe animasi yang akan digunakan.

Silakan simak video berikut atau kunjungi “Make your site shine in Speed Dial”.

Pimp your website for Speed Dial in Opera 11

Bagi saya, Speed Dial adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan pada peramban Opera, baik versi dekstop ataupun mini pada ponsel. Jadi jika situs-situs membuat logonya didukung pada Speed Dial, saya rasa itu akan memudahkan mengenal situs yang dituju.

Iklan

6 pemikiran pada “Mengintip Speed Dial pada Opera 11.10 Beta

  1. kalau ditanya software apa yang lomba lombaan paling ketat, barangkali jawabnya adalah web browser, kalau tidak salah belum lama lama amat saya install opera 10, sekarang sudah keluar 11 beda 😀

    Suka

    1. Pak Jarwadi, mungkin karena pasarannya ketat, soalnya jika sekarang serba Internet, maka aksesnya pastilah memerlukan peranti lunak yang disebut peramban, jadi wajarlah kalau persaingannya ketat. Opera 11 sudah rilis lama, saat ini versi stabilnya 11.01, sebentar lagi 11.10.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.