Rilis Opera 11.10 “Barracuda”

Peramban web Opera 11.10 yang dulu bernama sandi “Barracuda” sudah dirilis ke pasaran. Fitur baru yang ditawarkan adalah Speed Dial 2.0 (Panggil Cepat Opera yang populer mengalami banyak peningkatan; halaman favorit Anda kini memiliki pratinjau yang lebih jelas, dan panggilan dapat secara dinamis menampilkan konten live situs web); Opera Turbo yang ditingkatkan (Dengan kompresi yang lebih baik, Opera Turbo lebih cepat dari sebelumnya. Mempercepat penjelajahan di saluran hotspot Wi-Fi yang padat, sambungan internet via telepon seluler, atau koneksi dial-up).

Fitur baru lainnya adalah pemasangan plugin seperti Adobe Flash Player secara otomatis di Opera. Dan tentu saja adanya dukungan CSS3 yang lebih baik, beberapa elemen yang kini didukung adalah kolom multipel dan gradien linier CSS3. Peramban Opera menampilkan halaman web dengan standar terbaru dan terhebat semaksimal mungkin.

Opera

Opera juga mendukung personalisasi peramban yang lebih baik, komponen-komponen toolbar bisa diubah dan dirangkai sesuai dengan kebutuhan anda, dan tentu saja cukup mudah dilakukan.

Bookmark dapat diakses dengan lebih cepat, saya suka bagian yang ini. Jangan lupa, Opera juga memiliki pelbagai kulit (skin) untuk dipasangkan dan mempercantik tampilannya. Anda bebas melakukan kostumasi skin Opera. Meski tidak begitu sering saya gunakan, Opera juga memiliki jalan pintas (shortcut) yang dapat dikostumasi juga, bisa menggunakan papan ketik ataupun tetikus.

Tab Opera

Pengayaan tab juga cukup menarik pada peramban Opera. Kita bisa melihat isi tab hanya dengan melayangkan tetikus di atasnya, bahkan jika tab-tab ditumpuk menjadi satu, melayangkan tetikus bisa membantu memilih tab yang diinginkan. Anda juga dapat membuka kembali tab-tab yang baru saja tertutup, mungkin misalnya karena Anda tidak sengaja menutupnya. Namun ini bisa dihindari, yaitu dengan mengunci tab agar tidak tertutup secara tidak sengaja. Anda juga bisa mengurutkan tab sesuai keinginan dengan menggesernya sesuai dengan keperluan.

Opera Widget

Untuk sisi produktivitas, Opera juga memiliki beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan, misalnya Opera Widget. Opera juga mendukung layanan berbagi ala BitTorrent, sehingga tidak perlu menggunakan aplikasi terpisah. Demikian juga dengan mengunduh berkas secara umum, peramban berlogo “O” merah ini memiliki manajemen pengunduhannya tersendiri.

Berlangganan berita dan pasokan RSS juga dipermudah, bisa menggunakan layanan favorit anda atau menggunakan Opera Mail. Dukungan pemeriksaan ejaan dan pemblokan konten yang tidak diinginkan (seperti iklan) juga menjadi bagian dari sisi produktivitas Opera.

Opera juga mendukung pencarian yang lebih baik, pelbagai mesin pencari tergabung dengan baik di Opera,  bahkan Anda bisa mendapatkan saran untuk apa yang ingin Anda temukan. Pengembangan teknologi terbaru semakin mempertangguh peramban ini, Mesin Javascript Carakan yang disempurnakan dikatakan sebagai mesin markah java tercepat saat ini, jadi jangan khawatir membuka halaman web yang kompleks sekalipun. Dengan teknologi Presto terbaru, dukungan HTML5 dan CSS3 kini sudah tidak masalah bagi Opera. Sementara pustaka grafis terbaru – Vega – memberikan tampilan grafis yang sangat halus dan berkinerja tinggi, mulai dari pergantian halaman web hingga animasi. Jangan lupa juga, dukungan geolokasi yang kini sudah menjadi standar dalam peramban modern.

Keamanan & privasi didukung dengan baik pada peramban ini. Opera hingga saat ini memiliki dukungan dari badan keamanan terkemuka pada eksploitasi virus dan penipuan. Ketika Anda mengunjungi situs di Web, Opera akan melakukan pengecekan data tersebut diwaktu itu juga dan memperingatkan Anda ketika situs diidentifikasi membahayakan. Selain itu, Opera mendukung sertifikat Extended Validation (EV) untuk memberikan tambahan jaminan dan kepercayaan pada situs-situs web yang aman.

Gunakan tab atau jendela privasi untuk memastikan riwayat pelayaran Web Anda dihapus segera setelah tab atau jendela tersebut ditutup. Sekarang bahkan lebih aman untuk melakukan online banking di komputer milik umum atau jadi lebih mudah untuk berencana melakukan liburan kejutan.

Dengan kolom alamat yang canggih, mempermudah untuk tetap aman ketika menjelajahi Web. Kerumitan akan alamat yang panjang akan disembunyikan untuk memperjelas situs yang sedang Anda kunjungi. Lencana dengan warna-warna menandakan kualitas enkripsi yang digunakan; dengan mengekliknya Anda akan mengetahui informasi detil mengenai situs tersebut.

Opera memperbolehkan Anda untuk memilih cookies yang ingin Anda terima atau tolak. Contoh, Anda dapat membuat pengaturan yang berbeda untuk server yang berbeda.

Opera 11 menjadikannya hal mudah untuk mendapatkan versi terbaru tidak hanya perambannya saja, namun juga semua ekstensi dan aplikasi Opera Unite yang Anda gunakan. Anda dapat memilih untuk memiliki pembaruan keseluruhan secara otomatis atau mendapat pemberitahuan ketika pembaruan siap untuk diinstal. Sebagaimana biasanya di Opera, semuanya pilihan Anda.

A smarter browser for an easier web

Silakan unduh Opera 11.10 di opera.com. Jika Anda telah mencoba Opera, Anda bisa mengisi survei tentang Opera sehingga bisa membantu Opera menjadi lebih baik.

Iklan

6 pemikiran pada “Rilis Opera 11.10 “Barracuda”

  1. ndaroini

    kalau dibandingkan dengan opera fersi terdahulu, bagaimana peningkatan kecepatannya bli?bagi pemilik koneksi siput seperti aku ini, ini adalah isu yang sangat penting.

    untuk kemarin pernah juga kemarin pernah juga versi kemarin, walaupun sudah mengaktifkan fitur opera turbo, ternyata tidak banyak membantu.

    Suka

    1. ndaroini, lumayan lebih cepat, tapi ya tergantung koneksi Internet juga kan. Opera turbo memanfaat cache server yang ada di pihak Opera untuk memangkas besaran transfer data yang diperlukan, jadi perlu waktu juga. Jika saya menggunakan kecepatan jaringan 1024 kbps memasuki situs kompleks, maka opera turbo hanya akan memperlambat bukaan halaman, tapi jika saya menggunakan kecepatan jaringan 64 kbps, maka opera turbo bisa mempercepat akses – apalagi kalau fitur berselancar tanpa gambar diaktifkan.

      Suka

  2. iskandaria

    Langsung saya cobain mas 🙂 Untuk kecepatan buka halaman web, lumayan lah. Cuma terkadang masih agak lambat merender/menguraikan file CSS, sehingga sesaat sebelum loading tuntas, masih muncul halaman seperti ketika CSS dinonaktifkan.

    Kekurangan lain yang masih saya temukan yaitu masih agak berat ketika hendak menggulung halaman web/blog tertentu, contohnya blog saya sendiri. Padahal di peramban lain tidak demikian.

    Mungkin sementara itu dulu yang bisa saya nilai. Sisanya menyusul (termasuk kelebihannya).

    Suka

    1. Mas Is, saya juga menemukan peralihan antara mode standar dan turbo pada setelan otomatis agak sedikit buggy, kalau mode-nya pindah otomatis itu membuat bukaannya lebih lambat, saya biasanya mematikan fitur Opera Turbo-nya jika demikian. Dan bukaan halaman akan jadi lebih cepat, tapi kalau koneksi Internet memang lambat, dengan mode turbo akan lebih baik.

      Suka

  3. Wah harus segera ikutan download mas… Saya kalo di pc juga pakenya opera. Dulu opera ada notifikasi untuk langganan rss dalam bentuk muncul popup di bagian kanan bwah. tapi kok versi kemarin gak ada ya…

    Suka

    1. Mas Dhany, saya tidak pernah tahu itu, mungkin karena saya juga baru menggunakan Opera, sekitar peralihan ke Opera 10.x sepertinya saat itu. Pasokan RSS bisa diakses melalui bagian paling kanan pada bar alamat (address bar) jika situs yang dituju menyediakannya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.