Internet Explorer 10 Mulai Dibangun

Setelah sukses merilis Internet Explorer 9 pada Maret lalu, kini Microsoft sudah mulai membangun Internet Explorer 10. Edisi platform review Internet Explorer terbaru ini sudah bisa diunduh sejak beberapa hari yang lalu dari situs Internet Explorer Test Drive. Tentu saja edisi ini hanya diperuntukkan bagi para pengembang web, karena ada beberapa standar yang menjadi target untuk dicapai pada IE 10 nantinya.

Namun sebelum kita beranjak jauh, diberitakan bahwa Internet Explorer 10 hanya akan mendukung Windows 7 dan 8. Windows 8 sendiri sedang dibangun, banyak rumor menyebar bahwa versi beta-nya akan siap dirilis pada akhir tahun 2011 ini atau awal tahun 2012.

Internet Explorer Test Drive

The first platform preview of IE10 contains many  new CSS3 features all developed as implementations of evolving Web standards. In this post, we’ll look at three of those CSS features—CSS3 Grid Layout, Flexible Box Layout, and Multi-column Layout. CSS Grid Layout and Flexible Box Layout both help developers create layouts for complex Web applications and Web sites. Multi-column is designed to help developers create advanced text layouts for improved readability on the Web. These three new CSS features can make it easier to more effectively use screen real-estate across a wide variety of devices and resolutions—a  longstanding and growing problem for Web designers.

Sepertinya Internet Explorer 10 akan mengarah pada peningkatan standar web, yang saya kira akan bersaing ketat dengan Opera. IE 10 berusaha mencapai apa yang sudah dicapai sebagai standar web Opera 10.10 saat ini, sementara calon Opera 10.50 yang diperkirakan akan rilis pertengahan tahun ini akan memiliki fitur akselerasi hardware seperti yang dimiliki IE 9 saat ini, dan memuat dukungan CSS 3 dan HTML 5 yang lebih banyak lagi.

Jika Anda tertarik melihat apa saja fitur standar web yang akan bisa ditemukan di rilis awal IE 10 untuk para pengembang ini, silakan menengok artikel di “E10 Platform Preview and CSS Features for Adaptive Layouts”. Dengan ini perang peramban akan semakin seru saja. Berikutnya apa ya, mungkin sementara ini saya mau menguji Apple Safari 5.0.5 yang baru saja dirilis, hanya saja sayang, performanya di Windows tidak sebaik di Macintosh.

Iklan

14 Comments

  1. ah engga peduli :mrgreen: toh XP Home saya udah lewat masa garansinya 😆 jadi si mikocok enggak mau support XP lagi. IE9 ajah engga ada untuk XP. padahal XP masih dijual (di netbook) gimana sih pikirannya si bill gates. ah .. sudahlah .. kan ada FF,Opera, dan Chrome 😀 …

    *btw si microsoft ini lagi panas kalai yah sama google (chrome) dengan FF. tumben cepet amat developmentnya …

    Suka

    Balas

    1. Gadgetboi, lho masih ada yang jual XP toh Mas? Bukannya ketentuan Microsoft bahwa Windows XP yang pre-installed di PC sudah tidak dijual lagi per 22 Oktober 2010 kemarin dan untuk Vista berakhir per 22 Oktober 2011 nanti. Saya tidak tahu kalau yang XP Home Edition, tapi secara umum XP SP3 dukungannya berakhir 8 April 2014 nanti, 3 tahun setelahnya baru Vista saya juga berakhir dukungannya.

      Sebenarnya bukan lagi panas sih, cuma gerah, karena pasaran Internet Explorer kan masih di peringkat dua, kalah sama Firefox (tapi masih unggul daripada Chrome), kalau mau menanjak lagi, ya siapkan peramban yang lebih baik lagi :D.

      Suka

      Balas

  2. Perkembangan web-browser (peramban web) belakangan ini memang sangat cepat. Positifnya, pengguna jadi punya banyak alternatif dan juga memacu para pengembang web agar lebih baik lagi mendesain/membangun webnya.

    Microsoft sepertinya memang ingin segera mengakhiri dukungan terhadap Windows XP, walau penggunanya masih bejibun 🙂

    Suka

    Balas

    1. Mas Is, mungkin karena sebagian besar XP yang tersisa adalah yang bajakan, sedangkan yang dulu mampu membeli XP sudah membeli lisensi 7. Tapi ndak masalah toh Mas, peramban lain masih mumpuni di XP.

      Suka

      Balas

  3. Sy malah sudah tidak pernah pakai IE lagi. Kalau tidak salah sejak versi 5. Sampai sekarang belum tertarik pakai IE lagi dan serasa belum percaya apakah browser IE aman. Hehehehe.

    Suka

    Balas

  4. Aku tidak pernah bisa mngunakan IE di kompie ku, gak tahu kenapa ❓ terakhir aku unduh yang IE7 pas saya gunakan hang dan gak mau keluar. Maklum saja lha wong windows ku masih XP bajakan lagi 😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Suka

    Balas

      1. Gagetboi, wah saya setuju Mas, pakai IE8 yang memang sudah digratiskan, he he…, karena saya tidak pernah mencobanya, malah jadi lupa kalau IE8 itu gratis :D.

        Suka

        Balas

  5. Berarti sudah mendukung webkit ya mas untuk IE 10 ini? Saya sendiri baru paling sering memakai 3 browser FF, Chrome dan Opera.. IE jarang kepakai…

    Iya nih mas Safari performanya agak kurang jika di Windows… moga saja Windows 8 bisa menjawab itu…

    Suka

    Balas

    1. Mas Dhany, maksudnya mendukung Webkit itu apa ya? kalau mesin penyusunnya saya rasa masih sama menggunakan Trident bukan Webkit :). Kalau di luar negeri IE cukup banyak penggunanya, tapi di Indonesia mungkin Firefox dan Chrome yang paling menonjol.

      Suka

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.