Ingin Mencoba Lekhonee

Saya mendengar bahwa tim Fedora mengembangkan sebuah blogging client yang diperuntukkan bagi WordPress, halaman web pengembangannya bernama “Welcome to Lekhonee“. Terus terang saya ingin menggunakannya, karena blogging client yang paling ampuh saat ini di Linux adalah Blogilo dan itu pun tidak sememuaskan Windows Live Writer dari Microsoft.

Namun Lekhonee dan Blogilo tampaknya sama-sama berbasis KDE, tepatnya memerlukan paket PyKDE4. Tapi juga dikatakan ada paket yang dikompilasi dengan Vala untuk Gnome. Setelah saya telusuri, ternyata ada paket untuk Gnome yang disisipkan pada Ubuntu 11.04 Natty Narwhal menurut situs Ubuntu Updates.

Paket Lokhonee tersedia untuk dipasang pada Natty Narwhal

Saya pun membuka Ubuntu Software Center dan menemukan paket pemasangan Lokhonee pasca melakukan pencarian. Tampaknya ukuran paket kecil, sehingga mungkin tidak akan memberatkan sistem, hanya mengunduh kurang dari 30 kB data dan kurang dari 200 kB ruang diperlukan untuk pemasangan. Bandingkan dengan Blogilo yang memerlukan sekitar lebih dari 60 MB jika saya tidak salah.

Namun saat saya mencoba memasang terjadi galat, sebuah peringatan muncul bahwa paket tidak dapat dipasang:

This error could be caused by required additional software packages which are missing or not installable. Furthermore there could be a conflict between software packages which are not allowed to be installed at the same time.

The following packages have unmet dependencies:

lekhonee-gnome:

Depends: python (>= 2.5) but 2.7.1-0ubuntu5 is to be installed
Depends: python-gtkhtml2 but it is not going to be installed

Saya tidak tahu kalau paket ini perlu python, karena hanya ada paket-paket berikut di keterangan dependencies-nya:

  • Vala
  • Glib2
  • libsoup
  • libxml
  • gtk2
  • gtksourceview
  • gtkspell
  • webkitgtk
  • gee-1.0

Akhirnya saya lihat lagi “lekhonee” source package in Natty yang ada di Launchpad. Yah, ini sih isu lama – begitu pikir saya. Akhirnya, saya kehilangan mood untuk memasang program ini, jadi saya tinggalkan saja malam ini begini. Masa mesti bergulat dengan apt-get lagi, ah…, saya jadi kangen dengan one-click-install ala openSUSE.

Iklan

12 Comments

    1. He he…, saya tidak punya BB dan saya juga tidak terlalu sering bepergian 🙂 – tapi jika mesti bepergian, saya biasanya menggunakan push email untuk menerbitkan blog.

      Suka

      Balas

  1. saya masih berkutat dengan blogilo saya yg ga bisa terbuka, selalu saja ada galat yg menyatakan "unable to load the driver"

    saya sempat mencoba lekhonee, dan saya stuck pada berkas GTK2HTML yg membuat saya mengurungkan niat untuk memasang lekhonee

    Suka

    Balas

    1. Wid, untuk blogilo coba perintah sudo apt-get install libqt4-sql-sqlite (jika pakai Ubuntu) kalau openSUSE sudo zypper install libqt4-sql-sqlite. Kalau untuk Lekhonee (meski saya belum mencoba langsung – malas sih), paket ini tidak bisa dipasang karena salah satu dependency-nya yaitu python-gtkhtml2 tidak bisa terpasang (tidak tersedia), paket ini seharusnya berada bersama gnome-python-extra yang menjadi satu di PPA (repository) milik Ubuntu Mozilla Security.

      Jadi solusinya adalah:

      Memasang repo yang berisi paket tersebut.
      Memasang paket secara manual.

      Jika ingin memasang manual dengan memilih memasang repo, maka petunjuknya ada di: http://www.ubuntuupdates.org/ppa/ubuntu_mozilla_security – dan setelah itu coba perintah sudo apt-get install python-gtkhtml2.

      Tapi jika hanya ingin mengambil python-gtkhtml2 tanpa perlu memasang repository, maka silakan mengunduh seri terakhir paket tersebut di http://www.ubuntuupdates.org/python-gtkhtml2 dan memasangnya secara manual. Baru kemudian menginstal Lekhonee :).

      Suka

      Balas

        1. Wid, tapi belum tentu berhasil lho, soalnya saya hanya menduga-duga saja. Karena pada intinya paket python-gtkhtml2 mesti terpasang. Tapi amannya menunggu rilis penuh saja, misalnya kalau dulu Blogilo bermasalah, pada rilis Ubuntu terbaru masalahnya sudah diperbaiki.

          Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.