Kehidupan Kedua di Dunia Digital?

Anda pernah melihat atau bermainan permainan video sejenis Sims (simulation)? Membuat avatar anda sendiri dan melakukan aktivitas di dunia digital selayaknya di dunia nyata? Lalu bagaimana jika interaksi ini diperluas ke jaringan global, tanpa batas dan sekat? Tentu saja ini lebih dari sekadar jejaring sosial.

Setidaknya ini yang ditawarkan oleh Second Life, berinteraksi di dunia digital selayaknya dunia nyata. Tapi saya lebih tertarik lagi oleh tulisan “Seminar Online –  Second Life for Education” yang akan diadakan oleh Komunitas Kluwek pada hari Minggu mendatang. Dalam penangkapan saya, ide dasarnya adalah membangun dunia virtual yang bisa mendukung pendidikan, di mana guru, siswa bisa bertemu secara digital dalam dunia 3 dimensi yang dibuat sedemikian rupa membantu proses edukasi.

Jika Anda tertarik mengenai teknologi ini dan bagaimana memanfaatkannya, silakan kunjungi halaman seminar tersebut melalui tautan di atas. Siapa tahu Anda bisa berkontribusi terhadap pendidikan dunia digital 3D di masa depan.

Nah, berikut saya tampilkan salah satu video menarik tentang penggunaan Second Life sebagai bagian dari edukasi, yaitu sebuah video tentang Utopia Island yang memuat bagaimana sebuah pulau dibangun dengan green tech (teknologi ramah lingkungan). Sehingga bisa mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil yang merusak bumi.

Iklan

10 pemikiran pada “Kehidupan Kedua di Dunia Digital?

  1. hanif mahaldy

    wah, karakternya seasli yang asli ato gak ya mas? hehe, soalnya pake avatar biasasnya seenak yang punya, tapi menarik juga nih, terobosan baru. hehe.

    Suka

    1. Saya tidak tahu juga, tapi coba saja daftar di Second Life, kalau dari yang saya lihat sampai saat ini sih avatarnya masih seperti tampilan asli orangnya, sehingga mudah dikenali saat bersosialisasi :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.