Rilis Ubuntu 11.04 Natty Narwhal

Ubuntu dikenal sebagai sistem operasi Linux yang paling populer kini merilis versi terbarunya yaitu Ubuntu 11.04 Natty Narwhal dengan memperkenalkan desktop shell baru yang bernama “Unity”. Ubuntu selalu dikenal dengan membawa teknologi open source terkini yang memudahkan pengguna Linux untuk bekerja, baik secara personal maupun profesional.

Ubuntu juga mendukung sekitar 43 bahasa lokal, termasuk bahasa Indonesia di dalamnya. Jadi jika Anda pertama kali mencoba Linux, maka tidak perlu khawatir dengan istilah-istilah yang digunakan di dalamnya. Ubuntu bisa dijalankan dengan baik pada notebook dan desktop, bahkan juga tersedia versi ringan untuk dijalankan pada netbook.

Download Ubuntu 11.04 Natty Narwhal!

Enjoy the simplicity of Ubuntu’s stylish, intuitive interface. Fast, secure and with thousands of apps to choose from, Ubuntu gives you a clean and streamlined experience that you can really make your own. And now you can even decide how you want it to look. Simply choose between our new and classic desktop experiences.

Ubuntu memberikan beberapa kemudahan untuk kebutuhan menggunakan komputer sehari-hari, seperti:

  1. Penjelajahan web; Ubuntu 11.04 dilengkapi dengan peramban modern Firefox 4.0, dan Anda pun bisa menambahkan peramban favorit lainnya seperti Google Chrome ataupun Opera. Pengguna netbook dapat memanfaatkan peramban kelas ringan seperti Midori tanpa kehilangan aksesibilitas web.
  2. Aplikasi kantor; adanya Libre Office membuat semua pekerjaan yang biasanya dikerjakan pada Microsoft Office pada Windows juga dapat dikerjakan pada Ubuntu dan Linux lainnya, seperti membuat dokumen dan presentasi.
  3. Media Sosial dan Surat Elektronik; berinteraksi lewat pelbagai akun media sosial lewat pelbagai klien seperti Empathy Internet Messaging, Gwibber Broadcasting Client akan memudahkan para penggunanya. Bahkan jika ingin menggunakan klien yang berbeda seperti Tweetdeck ataupun Pidgin. Berkirim surat elektronik dipermudah pengelolaannya melalui Evolution Mail, atau ingin menggunakan klien yang berbeda seperti Thunderbird pun bisa. Anda juga bisa menggunakan telepon Internet melalui aplikasi populer seperti Skype.
  4. Musik dan Perangkat Seluler; pemutar musik Banshee bawaan Ubuntu sangat multi-guna, Anda bisa memutar musik-musik favorit anda, menyalin dari keping audio, atau mengunduh dari Internet. Melakukan sinkronisasi kepustakaan musik dengan perangkat seluler juga akan sangat membantu.
  5. Foto dan Video; Shotwell aplikasi pengelola foto layaknya Picasa atau ACDSee pada Windows, memiliki fitur yang lumayan lengkap dan pengelolaan gambar sederhana. Anda juga bisa menambahkan pengelolaan desktop untuk akun Flickr anda. Putar film favorit anda dengan menggunakan Movie Player (Totem) dan menyuntingnya dengan menggunakan Pitivi.
  6. Ubuntu Software Center; melalui Ubuntu Software Center, Anda bisa dengan mudah mengunduh dan memasang pelbagai aplikasi pada sistem operasi ini. Lupakan bahwa Linux itu serumit baris-baris kode, karena hanya dengan beberapa klik, maka peranti lunak yang Anda inginkan bisa terpasang dengan segera. Ada ratusan aplikasi gratis yang bisa Anda dapatkan di sini.

Unity sebagai desktop shell yang baru di Ubuntu membawa sedikit kesegaran tersendiri. Meskipun demikian, Anda masih bisa menikmati dekstop klasik jika Anda menginginkannya.

Yang baru di Ubuntu 11.04 Natty Narwhal

Launcher adalah konsep lawas yang dimutakhirkan pada Unity, jika Anda membayangkan menggunakan dekstop lama dan perlu beberapa kali klik untuk sampai pada aplikasi favorit anda. Maka fitur baru ini akan memangkas semua jumlah klik itu dan memberikan nilai tambah pada aksesibilitas. Termasuk melacak semua jendela dan aplikasi yang sedang berjalan tentunya.

Dash adalah sebuah jalan pendek untuk mengakses “segalanya”, Anda bisa dikatakan seperti tombol “start” pada pojok kiri bawah Microsoft Windows, namun dengan sentuhan kesederhanaannya. Dash membantu Anda menemukan aplikasi dan dokumen dengan cara lebih cepat dan logis. Jika Anda telah mencoba Gnome 3, maka Dash bisa dikatakan memiliki konsep serupa.

Workspace adalah kekhasan sistem kerja dekstop pada sebagian besar Linux, Anda bisa mengelompok pekerjaan ke dalam ruang kerja sesuai dengan kebutuhan anda, dan ini sangat bermanfaat pada pekerjaan muti-tasking di komputer anda.

Jika ingin melihat sendiri bagaiaman Ubuntu 11.04 beraksi, silakan menikmati video berikut ini, What’s new in Ubuntu 11.04? from Canonical Design on Vimeo.

Dan kunjungi Ubuntu.com untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Temukan fitur dan alasan mengapa Anda akan beralih dari sistem operasi berbayar seperti Microsoft Windows menuju Linux – Ubuntu.

Ingin tutorial memasang dan menggunakan Ubuntu 11.04 dengan mudah, silakan simak video berikut:

Iklan

7 pemikiran pada “Rilis Ubuntu 11.04 Natty Narwhal

    1. He he…, saya sebelumnya malah ndak terbiasa dengan Gnome standar, karena selalu memakai antarmuka Gnome di openSUSE, jadi bagi saya tidak ada bedanya :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.