Koleksi Video Game untuk Ubuntu

Memang berbeda dengan sistem operasi Windows di mana banyak pengembang permainan video menginvestasikan produknya karena pasaran Windows memberikan banyak keuntungan, sementara di sisi lain, Linux tidak dipandang memberikan cukup keuntungan bagi perusahaan game terkemuka. Jadi jangan heran jika Anda memutuskan untuk menggunakan Linux, maka bisa jadi Anda tidak lagi bisa menikmati video game sebagaimana yang ada di Windows.

Pun demikian, ada banyak komunitas yang mengembangkan video game gratis untuk Linux, kebanyakan komunitas ini seringkali bersifat nirlaba, biasanya mereka adalah siswa atau pelajar di bidang teknologi informasi atau pengembangan teknologi komputer dan animasi. Nah, kini khsus untuk pengguna distro Ubuntu, ada sebuah situs yang dibangun untuk mencari semua video game yang bisa dimainkan di Ubuntu.

Situs ini bernama PlayDeb .NET dan masih dalam versi beta. PlayDeb sendiri bukan merupakan proyek resmi Ubuntu, namun memberikan kemudahan bagi para pengguna Linux Ubuntu untuk memasang permainan-permainan terbaru yang dirilis dari pelbagai jenis video game yang tersedia.

PlayDeb.Net | Ubuntu Gaming made Easy!

Melalui situs ini, Anda bisa memilih untuk beberapa versi Ubuntu terakhir dan jenis-jenis permainan seperti: action, dungeon, education, emulator, FSP, logic, MMORPG, music, puzzle, racing, RPG, simulation, sports, startegy dan beberapa lagi.

Ketika Anda sudah memilih permainan, Anda tinggal klik tombol “install this now” yang ada di situs ini untuk segera mengunduh dan memasangnya di komputer anda. Jika Anda bingung ingin mencoba permainan apa, mungkin rekomendasi yang ada di “42 – best free linux games” akan dapat membantu Anda.

Repositori yang digunakan merupakan perluasan dari paket resmi yang ada pada Ubuntu, jadi update game akan mengikuti rilis yang ada di PlayDeb ketika pengembangnya mengeluarkan permainan jenis baru. Silakan mencobanya, karena ini sangat mudah, dan tentunya gratis, sehingga berterima kasihlah pada para sponsor yang telah membuat situs ini tetap berjalan, tentu saja Anda juga bisa memberikan donasi atau menjadi sponsornya.

Apa Anda tidak menggunakan Ubuntu? Jangan khawatir, silakan mengintip ke situs Linux Games dan melihat koleksi permainan video terkini yang dirilis untuk Linux.

Iklan

4 pemikiran pada “Koleksi Video Game untuk Ubuntu

  1. ocha

    Sementara ini sih masih suka gaming di konsol game, kak..atau game2 ringan di hh.. 🙂 klo laptop, kayake ndak kuat juga vga nya..lagian, mengurangi pembajakan juga..huahaha

    Suka

    1. Ocha, kalau konsolnya PS3 dengan HDTV sih boleh saja tuh, nah kemudian pertanyaannya, game di konsolnya asli atau bajakan? :D. Kalau di Linux kan cari yang open source juga pada akhirnya :).

      Suka

    1. Saya sampai sekarang tidak pernah pakai emulator buat nge-game, memang tidak tahu caranya juga, dan kok tidak tertarik ya belajar pakai emulasi, padahal adik-adik saya pada canggih kalau urusan emulator.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.