Kertas Dinding untuk IGOS Nusantara

Apakah Anda memiliki kertas dinding (wallpaper) atau bahkan foto yang mencirikan nusantara dan berlisensi GPL/Creative Commons? Anda bisa mengirimkannya untuk dijadikan wallpaper pada IGOS Nusantara 2011.

Tunggu dulu, apakah semuanya sudah mengenal IGOS Nusantara? IGOS (Indonesia Go Open Source) Nusantara, yang kemudian dikenal sebagai IGN adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux. Sistem operasi ini telah dirilis sejak tahun 2006, bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada peranti lunak proprietary, meningkatkan penggunaan peranti lunak legal yang aman dan efisien untuk digunakan. Diharapkan melalui IGN, maka anggaran negara dapat dipangkas dalam pembelian lisensi peranti lunak setiap tahunnya.

Saat ini tengah dikembangkan IGN-2011 yang memasuki tahap beta 1.  IGN-2011 dirilis dengan menggunakan Gnome Shell dari Gnome 3. Beberapa peranti lunak standar melengkap IGN-2011, seperti Firefox 4; LibreOffice 3.3.2; Gnome Media Player 1.0.2; Pidgin 2.7.11; Inkscape 0.48; Gimp 2.6.11; serta ribuan paket lainnya.

Nah, kini untuk mempermanis tampilan IGN-2011, tentunya mesti ada sentuhan khas nusantara bukan? Jika Anda bersedia menyumbangkan foto atau gambar yang anda miliki, silakan hubungi pihak pengembang IGN-2011 melalui halaman ini: IGOS Nusantara 2011 Beta dan Wallpaper Baru. Atau via surel ke alamat: bantuan[at]igos-nusantara[dot]or[dot]id.

IGOS Nusantara 2011

Bagi Anda yang suka fotografi dan berkeliling nusantara, tentunya akan memiliki banyak koleksi foto yang menarik bukan? Nah, siapa tahu foto anda akan bisa menjadi wallpaper utama di sistem operasi yang dikembangkan anak negeri ini. Dan membuat kita turut berpartisipasi dalam pengembangan IGOS Nusantara.

Iklan

17 pemikiran pada “Kertas Dinding untuk IGOS Nusantara

    1. Mas Is, ya ini produk dalam negeri, jika berjalan lancar, mungkin saya berencana untuk mengganti openSUSE di notebook dengan sistem operasi ini. Apalagi saya lihat pengembangannya makin menarik, jadi tidak ada salahnya berkontribusi pada proyek ini – meski hanya sekadar menjadi pengguna :).

      Suka

  1. Padly

    Aku masih make kertas dinding bawaan Natty.

    Pengen sih mau nyumbang photo, tapi masih make kamera saku dan HP, takutnya ntar ga diterima Bli :´(Crying

    Suka

    1. Mas Padly, foto hasil kamera saku-pun sebenarnya tidak masalah. Mungkin yang sering terlupakan adalah kita memerlukan kreativitas tambahan, karena pada dasarnya wallpaper tidak selalu foto, namun juga bisa gambar, yang berarti kita dapat menyunting foto kita. Misalnya foto petani membajak sawah, bisa disunting via GIMP, seperti dijadikan foto hitam putih atau karikatur, tonjolkan petani dan bajaknya, sedikit blur di sekitarnya, dan sisipkan teks/logo yang mencirikan sistem operasi (IGN). Nah, jadilah sebuah gambar untuk wallpaper, mungkin tidak akan terlihat bahwa itu diambil dengan kamera saku atau ponsel.

      Yah, hitung-hitung sambil belajar image editing dengan open source, sambil menyelam minum air, kan pada akhirnya digunakan atau tidak, toh kita tetap bisa berkontribusi, bisa dimasukkan ke DevianArt juga kan sebagai koleksi ;).

      Suka

  2. Beberapa waktu yang lalu, saya dan teman-teman mencoba melakukan survey kecil-kecilan penggunaan IGN (IGOS) ini terhadap beberapa teman yang bekerja di instansi pemerintah dan hasilnya sungguh luar biasa mengecewakan, 100% tidak tahu. Dan semua desktop dan laptop yang mereka gunakan menggunakan windowsXP/7 "malingan".

    Suka

    1. Pak Aldy, presiden saja tidak mau pakai open source, malah memilih iPad, bagaimana berharap yang semakin ke bawah bersedia menggunakan open source seperti IGN :).

      He he, menurut surat edaran menteri pemberdayagunaan aparatur negara no. SE/01/M.PAN/2009 tentang pemanfaatan perangkat lunak legal dan <abbr title="open source software">OSS</abbr>, paling lambat tanggal 31 Desember 2011, semua instansi pemerintahan sudah wajib menggunakan peranti lunak legal, dan didorong untuk menggunakan <abbr title="Indonesia Go Open Source">IGOS</abbr> tentunya.

      Entahlah, apa akan tercapai di akhir tahun ini target tersebut.

      Suka

      1. Belum mas, mungkin Juni baru ada waktu luang.

        Sekarang sedang memasuki kawah candra dimuka tahap kedua, sampai-sampai dua domain yang lain expired pun tak terurus 😦

        Suka

  3. Wah saya belum punya kamera dan kurang mahir edit gambar menggunakan Gimp–serahkan pada ahlinya saja. 😀

    BTW, saya kadang suka pasang kertas dinding sendiri hehe…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.