Menambahkan Indikator Cuaca pada Ubuntu

Jika Anda ingin melihat bagaimana keadaan cuaca di sekitar lingkungan anda, atau mungkin di belahan bumi lainnya. Mungkin menambahkan indikator cuaca adalah ide yang bagus, jika di sistem operasi Windows, mulai Vista fitur ini sudah ada pada dekstop widget. Sementara pengguna Linux seperti Ubuntu bisa menambahkannya secara manual.

Jika di dekstop klasik Ubuntu ada memang applet cuaca, maka pada Ubuntu 11.04 ada My Weather Indicator (MWI). Karena ditulis dengan menggunakan GTK, maka hanya memerlukan konsumsi daya yang sedikit. Pun kaya akan fitur, seperti temperatur, kelembapan, kecepatan angin hingga prakiraan cuaca esok hari.

Tampilan Menawan "My Weather Indicator"

Untuk memasangnya, silakan membuka terminal dan jalankan perintah-perintah berikut secara berurutan:

sudo add-apt-repository ppa:atareao/atareao
sudo apt-get update
sudo apt-get install my-weather-indicator

Pasca pemasangan selesai, silakan mulai ulang komputer anda. Jalankan aplikasi MWI setelahnya, dan masukkan koordinat lokasi anda. Jika Anda memiliki GPS atau ponsel pintar dengan dukungan fitur GPS, itu akan sangat membantu. Jika tidak, maka gunakan fitur pencarian lokasi dengan mengetikkan [nama kota, negara]. Misalnya saya akan mengetikkan [Mlati, Indonesia] atau [Denpasar, Indonesia]. Namun kadang kota tidak terdaftar atau lokasi terlalu luas, GPS akan lebih praktis. Atau mungkin Anda bisa memanfaatkan Google Maps dalam hal ini.

Bisa untuk menampilkan prakiraan cuaca untuk beberapa hari ke depan

Membuat rencana untuk beberapa hari ke depan, mungkin Anda akan memerlukan bantuan alat untuk melihat prakiraan cuaca. Yah, meski beberapa orang lebih suka melihat ramalan bintang pada horoskop harian mereka. Hmm…, seperti di tempat saya akan ada badai beberapa hari ke depan ya.

Jangan lupa memasang dan menggunakan fitur ini memerlukan koneksi Internet pada komputer anda.

Iklan

7 pemikiran pada “Menambahkan Indikator Cuaca pada Ubuntu

  1. wid

    saya lebih suka menggunakan bawaan dari Docky 😀

    terlebih ramalan cuacanya pun lebih sering tebalik dengan kenyataan :))

    Suka

      1. wid

        lumayan stabil, setidaknya saya belum pernah mengalami crash pada docky, saya menggunakan sumber dari ppa milik docky 😀

        Suka

        1. Tapi rasanya akan tetap aneh ya kalau pakai Unity dan Docky sekaligus, takutnya malah saling bertabrakan. Kira-kira nyamannya bagaimana ya?

          Suka

        2. wid

          bertabrakan bagaimana bli?

          saat ini saya menggunakan karmic dengan global-menu terpasang, saya menggunakan docky untuk lebih cepat berpindah antar aplikasi. sedangkan global menu untuk membuat taskbar terlihat sedikit lebih rapih 😀

          Suka

        3. Wid, saya tidak menggunakan Docky langsung, namun hanya membayangkannya saja. Semisalnya Unity's Applets yang ada memanjang pada lajur vertikal di sisi kiri layar, kemudian ada Docky's Dock memanjang pada lajur horizontal di sisi bawah layar. Kira-kira apa tidak berbenturan di sisi kiri bawah layar? Apalagi kalau menggunakan komputer dengan resolusi rata-rata ke bawah?

          Suka

        4. wid

          mmm, unity memiliki fitur intellihide (kalau tidak salah), saat window di maximize, docky akan terhide secara otomatis, sepertinya tidak terlalu mengganggu, apalagi jika applet / launcher yg diletakkan di docky tidak terlalu banyak, sepertinya tidak akan berbenturran. selain itu, ukuran iconnya pun bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. jadi sepertinya tidak terlalu bermasalah dengan komputer dengan resolusi rata-rata kebawah.

          Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.