uGet untuk Ubuntu

Beberapa jam yang lalu, saya mengunduh beberapa pembaruan untuk Ubuntu 11.04 Natty Narwhal, di antaranya berisi pembaruan untuk Mozilla Firefox. Entah mengapa, saya kemudian menemukan bahwa sepertinya ada bugs pada ekstensi “Download Them All” yang sering saya gunakan untuk mengunduh berkas via Firefox. Fitur “resume” tidak berfungsi sebagaimana mestinya, apalagi pasca peramban dimulai ulang, berkas yang akan diunduh lebih lanjut sudah hilang dari daftar unduhan.

Saya tidak ingin berspekulasi tentang kondisi ini, sehingga solusi cepatnya adalah mencari protokol alternatif. Saya memutuskan menggunakan uGet (URL Get), salah satu aplikasi untuk mengunduh berkas yang cukup ringan di Linux. Mungkin seperti Orbit Downloader yang saya gunakan pada Windows, hanya saja versi Linux tentu saja tidak berisi pesan-pesan komersial.

Pratampil uGet Download Manager pada Ubuntu 11.04

Untuk pengaturan pengunduhan berkas, saya rasa aplikasi ini cukup sederhana. Lebih dari cukup untuk digunakan jika hanya mengunduh berkas via HTTP atau FTP, hanya dengan menyalin alamat URI/URL berkas yang diunduh ke aplikasi uGet. Bahkan, bisa ditambahkan fitur protokol Bittorent dengan menggunakan Aria, tapi saya sendiri sudah menggunakan Transmission untuk keperluan ini.

Sebelum aplikasi ini bisa digunakan, terlebih dahulu memasangnya pada Natty Narwhal dengan menggunakan rangkaian perintah berikut di terminal.

sudo add-apt-repository ppa:plushuang-tw/uget-devel
sudo apt-get update
sudo apt-get install uget

Mengunduh PPA memberikan rilis terakhir untuk aplikasi uGet dan mengurangi kemungkinan bugs pada Natty. Sedangkan bagi mereka yang ingin menambahkan fitur protokol BitTorrent, silakan memasang Aria dengan perintah berikut:

sudo apt-get install aria2

Setelah itu jangan lupa melakukan setelan dengan tepat pada aplikasi. Fitur Aria bisa dioptimalkan sebagai plugin pada uGet. Dengan ini, lumayan melengkapi fungsinya sebagai download manager.

Iklan

9 pemikiran pada “uGet untuk Ubuntu

  1. iskandaria

    Saya sudah install sih uGet-nya. Tapi untuk mengunduh video, rasanya belum bisa ya mas? Atau mungkin ada trik tersendiri jika ingin mengunduh video lewat aplikasi uGet ini?

    Suka

    1. Mas Is, saya jarang mengunduh video, kalau dari YouTube (atau situs sejenis), saya pakai pengaya Firefox "Download Youtube Video". Rasanya aplikasi uGet belum memiliki integrasi untuk mengunduh berkas video dari situs-situs tersebut.

      Suka

    2. Hmm…, update Mas Is, untuk mengunduh berkas multimedia seperti Video dari YouTube atau MP3. Coba menggunakan Gmediafinder:

      sudo apt-add-ppa repository: s-lagui/ppa
      sudo apt-get update
      sudo apt-get install gmediafinder

      Suka

  2. untuk download manager, selama ini aku memakai prozzila bli.biar kata masih make persi yang lama, menurut pengalaman pengunduhan dipecah sampe 100 juga gak mengalami masalah

    Suka

    1. Alief, wah, <code>prozilla</code>? Rasanya sudah se-abad tidak pernah dengar aplikasi itu. Masih ada ya? Sepertinya terakhir berhenti di versi beta, karena tampak tidak dikembangkan, jadi saya tidak mengikutinya. Tapi boleh-lah saya saya masukkan ke daftar aplikasi alternatif. Terima kasih Mas :).

      Suka

    1. Septian, sebenarnya versi 4.0.1 tidak ada masalah, hanya saja beberapa hari yang lalu ada pembaruan pada sistem build dan global menu untuk Firefox 4.0.1, setelah itu bugs ini muncul.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.