Membuka Wawasan Wisata Nusantara Melalui Kuis

Belakangan ini saya melihat beberapa narablog memuat tulisan mengenai kuis dengan hadiah paket liburan ke Pulau Komodo dengan akomodasi yang ditanggung tentunya. Saya melihat hal ini menarik, kelompok mana yang menawarkan liburan ini, karena tampaknya tidak ada terlalu banyak iklan di dalamnya. Akhirnya saya memutuskan untuk menuju pranala pada salah satu tulisan tersebut.

Alhasil, saya dibawa ke situs resmi wisata Indonesia yang dikatakan sebagai Visit Indonesia – Official Website for Indonesia Tourism and Travel Information. Dan situs tersebut adalah sebuah situs kuis mengenai wawasan wisata nusantara yang cukup menarik.

Mengapa saya katakan menarik? Karena jika dipikir-pikir pada awalnya, bagaimana mungkin orang seperti saya yang sangat jarang berjalan-jalan di negeri ini bisa memiliki wawasan nusantara yang luas? Apalagi jika ditanyakan apakah nama objek A yang terdapat di desa B, yang bahkan saya tidak pernah mendengar nama objek B.

Rupanya setiap pertanyaan memiliki kisi-kisinya tersendiri. Terdapat sebuah tautan menuju artikel tertentu pada setiap pertanyaan sebagai petunjuk untuk menjawab pertanyaan itu sendiri. Jawabannya berupa pilihan ganda, yah, ala mengikuti kuis “Who wants to millionaire“-lah. Jadi jika orang membaca petunjuk secara seksama, saya rasa tidak akan salah menjawab.

Uniknya, setiap petunjuk itu adalah sebuah artikel tentang objek wisata tertentu di nusantara. Artikel-artikel ini tersusun begitu apiknya, sehingga daripada mencari petunjuk saya malah asyik menikmati artikel wisata itu, yah, layaknya membaca gratis sebuah majalah pariwisata, lengkap dengan galeri fotonya. Dan artikel-artikel ini sungguh membuka wawasan nusantara kita akan kepariwisataannya. Sehingga saya bertanya-tanya, mengapa mesti pergi ke luar negeri untuk berwisata jika di Indonesia ada begitu banyak tempat indah.

Karena sehari hanya terbatas menjawab 5 pertanyaan maksimal, jadi kuis ini juga menerapkan desain apik bahwa setidaknya dengan menjawab 5 pertanyaan, peserta telah membaca  artikel tentang pariwisata Indonesia. Ini menarik bukan? Wawasan itu adalah sebuah investasi yang tidak murah, mendapatkannya juga tidak mudah. Nah, kuis ini membuat kita bisa mendapatkannya dengan mudah dan murah, bahkan termasuk hadiahnya, jalan-jalan ke Pulau Komodo dengan gratis dan bonus uang saku juga tidak mudah dan murah.

Nah, apakah Anda tertarik dengan kuis ini. Jika ya, silakan klik gambar di bawah untuk membawa Anda menuju halaman kuis yang saya maksudkan.

Klik gambar ini untuk menuju halaman kuis

Oh ya, satu lagi. Untuk mendaftar mengikuti kuis ini, Anda akan memerlukan akun Facebook anda. Jadi setelah masuk ke halaman kuis, silakan gunakan tombol facebook connect/login untuk masuk dan memulai kuis. Tidak perlu khawatir, ini bukanlah kuis yang mengandalkan kecepatan berpikir dan bertindak. Nikmati saja, layaknya sedang berwisata.

Dan jangan khawatir, periode kuis ini masih cukup lama, masih sebulan lebih. Jadi Anda masih bisa berwisata di dunia maya selama masa waktu itu, sambil berburu paket liburan gratis ke Pulau Komodo.

Iklan

6 Comments

  1. Selain dengan kuis, seyogyanyalah memberdayakan wawasan itu terus digulirkan dari satu kepala ke berikutnya, hingga mereka sadar bahwa dunia ini tidaklah selebar daun kelor dan faham kemudian saat sudah menjelajah berbagai negeri, bahwa nusantara-lah negeri yang sepatutnya setiap anak Garuda Merah Putih ini terus dibela dan dipertahankan keutuhannya..

    Teruslah menulis, karena ia terbaca sampai jauh terus ke Irak..ya, Irak yang masih meledak-ledak itu..

    Suka

    Balas

  2. Jadi pengen ke te ka pe nih. Walaupun hampir sangat mungkin untuk tidak menang,tapi tentunya sudah cukup bs menghibur diri yg selalu ada di hutan ini

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.